2 City Car Ini Harganya Naik Bulan Ini, Mobil Apa Saja?

Buat kamu yang dalam waktu dekat berencana membeli city car baru, ada info penting nih. Pada bulan Oktober 2018, Kompas melaporkan bahwa akan ada beberapa city car murah yang harganya naik. Kenaikan harga itupun bervariasi, namun umumnya ada di angka Rp 1 jutaan.

Penyebab kenaikan harga itu memang masih belum diketahui. Tapi kalau dipikir-pikir, menguatnya dolar Amerika Serikat atas rupiah juga bisa jadi penyebab kenaikan harga lho. Kok bisa?

Lha wong yang namanya suku cadang atau komponen kan banyak yang harus dibeli dari luar negeri bukan? Kalau yang dilakukan di pabrik Datsun di Indonesia tentunya hanya rakit-merakit saja.

Penasaran apa saja city car murah di bawah Rp 200 juta yang harganya bakal naik? Simak ulasannya di sini.

Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion. (Shutterstock)

Kabarnya, Astra Daihatsu Motor (ADM) bakal menaikkan harga city car murah milik mereka yaitu Sirion. Kenaikan harganya adalah Rp 1,1 juta untuk varian MT dan AT.

Padahal, September lalu harga Sirion juga sudah naik Rp 500 ribu lho. Dengan kenaikan harga tersebut, Sirion MT dan AT kini dibanderol dengan harga masing-masing Rp 184,1 juta dan Rp 195,1 juta.

Sudah tahu kelebihan mobil yang satu ini?

Mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1,3 liter yang sangat irit bensin. Mesin itu berkode 1NR-VE yang merupakan mesin Toyota. Maklum saja, Daihatsu sendiri masih berada di bawah payung Toyota.

Kabarnya, tenaga maksimal yang bisa dihembuskan oleh City Car ini mencapai 95 tk. Kabin Sirion versi terbaru juga sangat lega, kapasitas bagasinya juga mencapai 225 liter.

Desain Sirion juga cukup ciamik buat kategori city car. Selain terlihat sporty dan dinamis, mobil ini gak ketinggalan zaman. Pokoknya asyik dipakai mejeng deh.

Belum lagi, material high tensile steel-nya juga diperbanyak dan ada peningkatan Noise Vibration Harshness yang membuat fungsi peredaman berjalan dengan baik. Soal keselamatan juga gak perlu ragu lagi deh. Ada dual airbag, vehicle stability control, dan traction control.

Nissan March

Nissan March. (Shutterstock)

Nah kalau yang ini adalah city car murah pesaingnya Sirion. Hanya saja, dia lahir dari Nissan yang juga berasal dari Jepang.

Kabarnya, kenaikan harga March juga gak jauh berbeda dengan Sirion, yaitu antara Rp 1 hingga Rp 1,1 juta. Hal ini mengatrol harga March versi termurahnya menjadi Rp 185,8 juta (MT) dan yang termahal Rp 225,6 juta (AT).

Bicara soal konsumsi bensin, March juga irit. Kabarnya, konsumsi bahan bakarnya mencapai 21 kilometer per liter. Kalau klaim itu memang benar, berarti March lebih irit daripada Sigra maupun Calya, walaupun mesin 3 silinder yang berkapasitas 1,3 liter kadang masih terasa getarannya.

March didesain untuk seseorang berjiwa muda. March terbaru memiliki fitur daytime running light yang membuat desain mobil ini makin keren. Hanya saja, mungkin desainnya terlihat lebih feminin ketimbang city car lain.

Interiornya juga dibalut dengan material yang cukup baik. Belum lagi kabinnya juga terasa lega.

Itulah dua city car murah yang harganya bakal naik tahun ini. Kira-kira adakah salah satu di antaranya yang mau kamu beli? Atau malah tertarik membeli mobil lain?

Ingat lho, mobil adalah aset yang nilainya terdepresiasi. Lebih baik membeli mobil sesuai bujet ketimbang maksain diri beli yang lebih mahal buat keren-kerenan. (Editor: Ruben Setiawan)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus cursus rutrum est nec suscipit. Ut et ultrices nisi. Vivamus id nisl ligula. Nulla sed iaculis ipsum.

Contact

Company Name

Address