4 Fakta Soal Lelang Mobil Sitaan KPK 2017 yang Harus Kamu Tahu

Sudah tahu kan kalau hari Jumat 22 September 2017 ada lelang mobil sitaan KPK di JCC? Udah tahu juga dong harga penawaran mobil-mobil itu sangat miring? Tapi jangan salah, pemenang lelang bakal punya banyak PR lho.

Ada 20 kendaraan milik para terdakwa korupsi yang bakal dilelang nanti, yang terdiri dari 19 mobil dan satu buah motor Kawasaki. Beberapa mobilnya pun ada yang termasuk mobil mewah, salah satunya Jaguar XJL yang kapasitas mesinnya 3.000 cc.

Prosedur mengikuti lelang itu juga sudah diinfokan di banyak media massa. Pertama harus buat akun dulu di website lelang Kementerian Keuangan, setelah itu peserta lelang bakal dimintai dokumen identitas, dan mentransfer dana jaminan.

Meski kelihatannya mudah, lelang ini gak bisa sepenuhnya dianggap sebagai kesempatan emas untuk membeli mobil murah ya. Kok gitu? Karena ada empat fakta yang wajib kamu ketahui tentang lelang mobil sitaan KPK 2017. Mari simak ulasannya.

1. Gak semua mobil punya surat-surat yang lengkap

Tanpa BPKB (bukti pemilikan kendaraan bermotor) atau STNK (surat tanda nomor kendaraan), mobil tentu susah dijual. Kalaupun dijual ya harganya jatuh. Mungkin sama atau lebih rendah ketimbang harga yang didapat saat lelang.

lelang mobil sitaan KPK
Mobilnya sih keren, tapi ada BPKBnya gak? (Audi A5/Suara)

Sejauh ini KPK belum menyebutkan mobil yang mana yang gak ada BPKB atau STNK-nya. Bila ada yang memenangkan lelang atas mobil tanpa surat itu, pemenang lelang diminta mengurus BPKB dan surat-surat lainnya di kepolisian. Asalkan membawa surat risalah lelang sebagai kelengkapan dokumen ya.

Tapi ngomong-ngomong sudah tahu cara membuat BPKB? Semuanya sudah diatur di Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012.

Kamu bisa lihat di Pasal 56 yang menyebutkan bahwa untuk penerbitan BPKB pemindahtanganan kendaraan, kamu harus mengisi formulir permohonan, melampirkan tanda bukti identitas, dan pemindahtanganan kepemilikan kendaraan. Sudah jelas kok semua prosedurnya.

2. Kebanyakan mobilnya udah gak dipakai bertahun-tahun

Fakta kedua adalah ternyata mobil-mobil tersebut udah diparkir bertahun-tahun. Bahkan ada yang tujuh tahun gak pernah dipakai, alias cuma dipanasin saja.

Setelah mobil dibawa pulang, maka pemenang lelang harus memeriksanya ke bengkel. Sudah pasti komponen yang wajib diperiksa adalah aki mobil, wiper, tekanan angin pada ban, dan piringan rem.

lelang mobil sitaan KPK
Sudah siap bayar pergantian komponen jika ada yang rusak? (mobil sitaan KPK/Suara)

Gak menutup kemungkinan juga bakal ada pergantian sparepart lho. Ganti sparepart sudah jelas keluar duit banyak. Apalagi kalau mobilnya mobil non-Jepang seperti Jeep, VW, atau Jaguar.

3. Uang jaminan yang harus dibayarkan berkisar antara Rp 10 hingga Rp 260 juta

Kalau mau ikutan lelang motor Kawasaki sih jaminannya cuma Rp 2,5 juta. Tapi kalau mau ikut lelang mobil sitaan KPK, siapkan dana Rp 10 juta sampai Rp 260 juta, tergantung mobil mana yang mau kamu ambil.

Untuk daftar lengkap tipe mobil dan uang jaminan yang diperlukan, kamu bisa cek di sini.

Uang jaminan termahal udah pasti adalah Jaguar XJL 3.0 2013. Mobil yang dilelang dengan harga mulai dari Rp 1,1 miliar ini, uang jaminannya mencapai Rp 260 juta!

lelang mobil sitaan KPK
Wah ternyata uang jaminannya gak sedikit ya (uang tunai/Weforum)

Dana jaminan yang disetorkan bakal mengurangi biaya pembelian mobil yang bersangkutan. Dan uang tersebut bakal dikembalikan juga kalau peserta kalah dalam lelang, tapi proses pengembaliannya sekitar dua atau tiga hari.

4. Ada biaya administrasi buat pemenang lelang mobil sitaan KPK

Jika seseorang memenangkan lelang, maka dia harus melunasi pembelian mobil tersebut lima hari kerja setelah lelang berlangsung. Dan jangan salah, bakalan ada biaya administrasi yang harus kamu bayarkan. Jumlahnya adalah 3 persen dari harga lelang.

Nah, kalau udah tahu soal poin-poin di atas, sekarang kamu bisa datang ke acara lelang ini dengan lebih matang dan penuh persiapan. Ingat juga soal PR-nya begitu memenangkan lelang ya. Good luck!

 

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Beli Barang Lelang Pegadaian Bisa Menghemat Loh, Simak Caranya Nih!]

[Baca: Cara Beli Mobil Mewah Second Biar Untung Banyak]

[Baca: Mau Punya Rumah? Beli Rumah Lelang Bank, Kenapa Gak]