4 Sumber Pendapatan Anak Donald Trump yang Mencapai Rp 1,9 Triliun per Tahun

Anak dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Ivanka Trump meraup pendapatan US$ 135 juta atau Rp 1,9 triliunan tahun lalu. Pendapatan besar itu didapat dari kerajaan bisnis yang dimiliki oleh sang ayah dan juga suaminya Jared Kushner. Maklum saja, semenjak Trump naik menjadi Presiden, semua usahanya dibebankan ke Ivanka.

Dikutip dari CNBC, salah satu pendapatan terbesarnya didapat dari bisnis properti real estate. Nyaris seluruh hotel yang dimilikinya menjadi langganan para pejabat, diplomat, dan tamu kenegaraan yang tengah berkunjung ke Amerika Serikat. 

Hal ini menjadi perdebatan di kalangan parlemen, karena keluarga Trump dinilai telah melanggar etika dengan meraup keuntungan dari kepentingan-kepentingan negara. Dari hotel yang di Washington D.C, Ivanka dan suami dilaporkan mendapatkan laba bersih sekitar US$ 3,95 juta atau Rp 55 miliaran. 

Selain properti, Ivanka juga diketahui mendapatkan pendapatan dari bisnis tas, sepatu, dan aksesoris mewah. Tapi pendapatannya dari sektor fesyen ini menurun drastis, yang pada tahun 2017 untung US$ 5 juta, menjadi US$ 1 juta atau Rp 14 miliaran.

Karena pendapatannya terus menurun, ia telah berencana untuk menutupnya dan fokus menggarap bisnis properti sekaligus menjadi penasehat Gedung Putih. 

Sedangkan suami Ivanka juga merupakan seorang pebisnis sukses di bidang properti. Tahun lalu, ia berhasil meraup keuntungan dari apartemen di New York yang mencapai ratusan ribu dolar. Untuk lebih jelasnya, kali ini kita mau mengulas tentang sumber pendapatan Ivanka Trump selama ini. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Bergaul dengan Teman Kantor di Hari Pertama Masuk Kerja

1. Trump International Hotel and Tower

Trump International Hotel and Tower (Instagram).

Salah satu bisnis Trump terbesar yang kini dikelola oleh Ivanka Trump adalah Trump International Hotel and Tower. Hotel ikonik ini sudah berdiri di beberapa negara, ada yang di Dubai, Brasil, hingga di Azerbaijan, dengan rating yang semuanya bintang 5. 

Fasilitasnya pun jangan diragukan lagi, di dalamnya bahkan dilengkapi dengan pusat perbelanjaan yang memamerkan brand-brand papan atas seperti Gucci serta cafe dan restoran. 

Nah seperti yang telah dijelaskan di atas, Ivanka bisa dapat US$ 3,95 juta hanya dari Trump Hotel di Washington D.C doang, gimana kalau digabung sama hotel-hotel di daerah dan negara lainnya? 

2. Real Estate Trump Organization

Real Estate Trump Organization (Instagram).

Selain hotel, keluarga Trump memang dari dulu sudah dikenal sebagai konglomerat dan pebisnis kondang real estate. Semua bisnis tersebut yang jumlahnya mungkin lebih dari 500-an unit bisnis itu masuk ke dalam induk perusahaan Trump Organization. 

The Trump Organization gak cuma menggarap hunian mewah saja, tetapi juga memiliki beberapa resor mewah dengan fasilitas lapangan golf. Bisnis ini gak cuma ada di Amerika Serikat aja, di negara lain juga ada seperti di Skotlandia, Irlandia, Timur Tengah, seperti Dubai, Turki, dan beberapa negara lainnya. Bahkan katanya sih mereka mau mendirikan resor mewah juga di Bali bekerja sama dengan bos MNC Hary Tanoe 

Baca juga: Tips Cepat Dapat Pekerjaan Baru Usai Kena PHK, Wajib Kamu Coba Nih!

3. Ivanka Trump Fine Jewelry Boutique 

Ivanka Trump Fine Jewelry Boutique (Instagram).

Bisnis fesyen milik Ivanka Trump ini sudah berdiri sejak tahun 2007 silam di Manhattan. Produk andalannya adalah cincin, kalung, gelang, dan pernak-pernik perhiasan mewah lainnya yang harganya bisa mencapai US$ 25.000 atau Rp 354 jutaan. 

Ketika bisnis tersebut semakin sukses, di tahun 2010, Ivanka melakukan ekspansi dengan menjajakan produk seperti pakaian, sepatu, hingga tas mewah. Di tahun 2015 saja, mereka berhasil meraup keuntungan mencapai Rp 142 miliaran. 

Tapi Ivanka kini sudah memutuskan untuk menutup usaha bisnis fesyennya ini, dan fokus untuk mengurus bisnis properti milik sang ayah serta menjadi penasehat Gedung Putih.

4. Bisnis apartemen Jared Kushner 

Jared Kushner (Instagram).

Suami dari Ivanka Trump, Jared Kushner dikenal sebagai pengusaha properti sama seperti mertuanya. Salah satu pendapatan terbesarnya tahun lalu adalah dari hasil sewa dan penjualan apartemen di New York. 

Dikutip dari VOA, Jared pada tahun 2015 membeli tiga tower apartemen di Queens, New York. Setelah dibeli, ia pun langsung membuat gebrakan dengan menaikkan tarif sewa kepada para penghuninya. 

Tapi tahun 2018, gedung apartemen itu dijual seharga US$ 60 juta atau Rp 850 miliar. Harga tersebut ternyata jauh lebih besar 50 persen dari harga pertama ia beli yang hanya sekitar US$ 30 jutaan. 

Itu tadi empat sumber pendapatan Ivanka Trump sepanjang tahun 2018. Tapi kalau kalian tahu bahwa yang disebutkan di atas itu masih segelintir bisnis milik keluarganya, karena sebenarnya sih ada banyak banget unit bisnis mereka, seperti kasino, penyewaan pesawat jet, sampai agensi model. Kalau dijabarin satu-satu, kayaknya gak bakal cukup deh dibahas hanya lewat sebuah artikel. (Editor: Winda Destiana Putri).