5 Ide Bisnis Kreatif yang Bisa Dimulai dengan Modal Minim Bahkan Tanpa Modal!

Persaingan bisnis di Indonesia terbilang cukup sulit kalau kita gak punya ide bisnis kreatif. Apalagi dengan persaingan bisnis di kota-kota besar seperti di Jakarta. 

Untuk itu penting rasanya untuk memiliki pemikiran-pemikiran kreatif bagi pengusaha. Dijamin, dengan kreativitas persaingan usaha pun bisa dilalui dengan mudah. 

Tapi masalahnya, banyak pengusaha atau calon pengusaha yang sulit berpikiran kreatif. Seolah, semua ide-ide liar sudah dijalankan oleh banyak orang. Nah memang yang namanya ide itu gak ada yang keluar secara murni, biasanya ide itu muncul berkat referensi dari berbagai masukkan. 

Sebagai pengusaha, kamu gak melulu harus memikirkan orisinalitas ide. Yang ada nanti malah usahanya gak jadi-jadi. Artinya, kamu boleh mengaplikasikan saja apa yang sudah ada, namun berikan sedikit sentuhan ala kamu. 

Biar kamu gak bingung kita kasih beberapa ide bisnis kreatif yang bisa kamu lakukan dengan bujet minim. 

Baca juga: 15 Makanan Unik dan Kreatif yang Bisa Cetak Untung Kalau Dijadikan Ide Bisnis

1. Ide bisnis kreatif jasa pembuat konten

Jasa pembuat konten. (Shutterstock)

Ide bisnis kreatif yang pertama adalah jasa pembuat konten. Kalau kamu punya kreativitas yang berlebih di bidang merancang sebuah konsep, dalam berbagai hal, lakukan saja bisnis ini. 

Banyak pebisnis atau masyarakat luas yang membutuhkan konten yang bagus untuk tujuan-tujuan bisnis mereka. Misalnya saja seseorang pebisnis restoran membutuhkan konten video profil usaha mereka untuk diposting di Instagram. 

Nah, kamu bisa deh tuh mengajak beberapa rekan yang jago mengambil gambar untuk menggarap proyek tersebut. 

Atau kamu yang memiliki keahlian menulis bisa juga menawarkan diri sebagai jasa pembuat caption di media sosial. Modal bisnis ini murah banget, karena kamu gak perlu ruang kantor yang besar untuk menjalankan bisnis ini. Dikerjain sambil ngopi di rumah atau kafe juga bisa. 

Baca juga: Hobi Traveling dan Pengin Punya Penghasilan? 5 Ide Bisnis Ini Cocok buat Kamu

2. Bisnis mengubah barang-barang bekas menjadi barang berguna

Mengolah bahan bekas jadi barang bermanfaat. (Shutterstock)

Siapa bilang barang bekas sudah tidak bisa digunakan lagi? Kamu bisa menyulapnya menjadi sebuah ladang ide bisnis kreatif lho! Banyak barang bekas yang biasanya dalam periode tertentu sudah tidak digunakan kembali, misalnya seperti ban, botol minum plastik, dan masih banyak lagi. Tapi kalau kamu orangnya kreatif, kamu bisa bikin sesuatu yang bernilai dari barang-barang gak berguna itu. 

Ban bekas misalnya, banyak sekali produk-produk yang berbahan dasar dari ban bekas yang telah dimodifikasi, misalnya menjadi kursi dan meja. Kalau dari botol minum plastik, kamu bisa memodifikasinya menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat, seperti tempat lampu, bunga hias, sampai kipas angin. Modalnya gak mahal kok, cukup kreativitas saja! 

Baca juga: 5 Ide Bisnis Unik yang Bikin Sukses, Jual Cincin Mantan hingga Sewa Ayam

3. Jasa mural 

Jasa bikin mural. (Shutterstock)

Jago gambar tapi kalau cuma di kertas doang sih mungkin gak ada untungnya apa-apa. Tapi bagaimana kalau menggambar di tembok orang dan dibayar? Nah buat kamu yang demen coret-coret mural, gak ada salahnya untuk menjadikan jasa mural rumahan atau kantor sebagai ide bisnis kreatif. 

Bisnis jasa mural tengah naik daun saat ini. Pasalnya, banyak kantor, atau restoran yang memang sengaja mendesain ruangan mereka seindah mungkin dengan coretan-coretan mural. Hal ini tentu menyesuaikan dengan kelompok umur mayoritas pekerjanya. Sebut saja perusahaan-perusahaan startup yang banyak diisi oleh anak muda, pasti ruangannya berwarna dan indah dipandang. 

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu cuma perlu modal kreativitas saja. Biasanya bahan baku untuk menggambar sudah dibeli oleh pengguna jasa, kamu tinggal corat-coret saja deh. 

4. Bisnis party planner 

Bisnis party planner. (Shutterstock)

Bisnis party planner udah gak asing lagi di telinga masyarakat kota-kota besar di Indonesia. Mereka yang bergelut di usaha ini memiliki kreativitas lebih untuk merancang perayaan-perayaan sakral, seperti acara ulang tahun, atau acara lainnya. Modal yang dikeluarkan juga gak mahal, karena kamu cuma perlu ide-ide liar dan kreativitas untuk mengaplikasikan ide tersebut. 

Biasanya, party planner sering digunakan untuk perayaan bridal shower, ulang tahun, atau pernikahan. Keuntungan yang didapat dari bisnis ini juga lumayan besar lho! 

5. Jasa reparasi barang-barang usang 

Bisnis reparasi barang-barang usang. (Shutterstock)

Ide bisnis kreatif ini berbeda dengan mendaur ulang barang bekas, tetapi lebih kepada memperbaiki barang-barang yang sudah usang. Semua orang pasti punya, barang-barang kesayangan, misalnya kursi, yang mungkin usianya sudah tua dan catnya telah banyak terkelupas. Untuk membuangnya ke tong sampah rasanya sangat sayang sekali. Tapi, kalau dipakai juga sudah tidak pantas. Nah di saat seperti itulah jasa reparasi barang-barang usang dicari. 

Kalau misalnya kasusnya kursi rusak, si pemilik jasa tinggal memperbaiki bagian-bagian yang rusak dan mengecatnya ulang layaknya kursi baru. Sama dengan bisnis kreatif sebelumnya, bisnis ini juga gak memerlukan banyak modal. Paling cuma butuh lapak untuk workshop dan beberapa karyawan yang membantu. 

Itu tadi 5 ide bisnis kreatif yang bisa dicoba untuk meraup keuntungan dengan modal yang minim. Sebab, modal untuk menjalankan bisnis di atas hanyalah ide cemerlang dan kreativitas. (Editor: Ruben Setiawan)