5 Mobil Tercepat di Dunia Harganya Bikin Keblinger, Sampai Rp 90 M!

Berapa uang yang harus dikeluarkan buat membeli mobil tercepat di dunia? Tentunya mencapai miliaran Rupiah karena pada dasarnya ini emang mobil-mobil yang gak biasa. Mobil tercepat banyak yang masuk dalam kategori sport.

Situs otomotif The Drive sempat merangkum deretan mobil tercepat di dunia. MoneySmart bakal bahas yang masuk dalam lima besarnya. Dari situ kita cari tahu berapa sih harga sekaligus siapa aja pemilik mobil-mobil mahal ini.

Yuk disimak.

5. Ford GT 2017 – Rp 6,2 miliar

Ford GT (Pixabay)

Mobil tercepat di dunia yang harus kamu tahu adalah Ford GT 2017. GT itu sendiri sebenarnya diadopsi dari sejarah balap Le Mans. Rata-rata kalau nama mobil udah ada embel-embel GT-nya, pasti mobil itu punya performa yang galak.

Mobil buatan Amerika Serikat ini dibanderol di angka US$ 450 ribu atau setara dengan Rp 6,2 miliar.

Lewat mesin 3,5 liter twin turbonya, Ford GT bisa menghasilkan tenaga sebesar 674 Hp dan torsi maksimum di 746 Nm. Uniknya nih, torsi maksimal itu udah tersedia di putaran mesin 3.500 RPM alias udah kuat banget sejak putaran bawah.

Transmisi yang digunakan oleh mobil ini adalah dual clutch dengan tujuh percepatan. Ford GT juga cuma butuh tiga detik aja buat melaju dari kecepatan nol hingga 100 km per jam. Sementara itu, kecepatan tertinggi mobil ini ada di angka 345 km per jam.

Dalam uji cobanya di sirkuit Nurburgring-Nordschleife, Ford GT bisa mengalahkan McLaren 675LT yang punya bobot lebih ringan dan tenaga di atas Ford GT. Tapi kalau dibandingin sama McLaren 720 S, Ford ini kalah sekitar 0,2 detik.

Mobil ini salah satunya dimiliki Jay Leno, seorang presenter ternama di Amerika Serikat dan pembawa acara Tonight Show with Jay Leno. Selebriti setajir dia sih udah gak bakal pikir panjang buat beli mobil sport mewah seperti Ford GT.

Selain mobil tercepat di dunia, Jay Leno juga punya salah satu motor tercepat di dunia bernama MTT Turbine Superbike Y2K. Harganya? Rp 2,5 miliar.

Selain Jay Leno, salah seorang pegulat di WWE Smack Down, John Cena, juga dikabarkan membeli mobil ini. Aktor sekaligus pegulat di acara hiburan itu emang terkenal tajir. Kekayaannya mencapai US$ 55 juta tahun 2018.

4. McLaren 720 S – Rp 10 miliar

McLaren 720 S (Pixabay)

Supercar asal Inggris ini wajib dimasukkan dalam deretan mobil tercepat di dunia. Mobil ini udah mendarat di Indonesia pada 2017 lalu.

Angka 720 menyimbolkan besaran tenaga kuda yang bisa dihasilkan. Buat harganya, udah pasti bikin kamu geleng-geleng kepala deh. Varian termurahnya aja mencapai Rp 10 miliar dan yang termahal bisa Rp 15 miliar.

Walaupun semahal itu, CNN memberitakan bahwa udah banyak orang Indonesia yang melakukan pemesanan mobil ini. Mereka berasal dari Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

McLaren 720 S menggendong mesin berkapasitas 3.994 cc dengan delapan silinder yang berkode M840T. Mobil buas ini juga dilengkapi dengan transmisi tujuh percepatan. Buat mencapai 100 km per jam, mobil ini cuma perlu digas 2,8 detik aja di lintasan sepanjang 30 km.

Soal konsumsi bahan bakar, McLaren sendiri pernah mengklaim bahwa kendaraan ini bisa menembus angka enam km per liter. Angkanya meningkat jadi 13,5 km per liter kalau mobil dikendarai di jalanan bebas hambatan.

Konstruksi rangkanya dibuat dari serat karbon yang kuat tapi juga enteng. Oleh karena itu gak heran kalau bobotnya cuma 1.322 kg aja.

3. Lamborghini Aventador S – Rp 20 M

Lamborghini Aventador S (Pixabay)

Supercar asal Italia ini juga masuk dalam jajaran mobil tercepat di dunia. Aventador S diluncurkan pada 2018.

Aventador S dikabarkan lebih enteng 20 persen ketimbang pendahulunya. Namun buat mesinnya tetap sama, yaitu 6,5 liter dengan 12 silinder. Mesin itu sanggup menyeburkan tenaga maksimal sebesar 740 Hp, dan cuma butuh 2,9 detik buat melesat dari kecepatan nol hingga 100 km per jam.

Mobil ini udah pernah nongol di Indonesia International Motor Show 2018 yang diselenggarakan di JIEpo April lalu. Apa kamu sempat lihat?

Lamborghini Aventador S Roadster dipajang di booth Prestige Image Motorcars. Importir Umum yang juga pernah mendatangkan Koenigsegg dan Bugatti ke sini.

Harganya serem bos, Rp 18,5 miliar off the road. Sementara versi on the road-nya ada di angka Rp 20 miliar. Saat di IIMS 2018, Prestige Image Motorcars menawarkan pemesanan dengan uang muka 35 persen.

Dan tahu gak sih, udah ada warga Indonesia yang punya mobil ini! Menurut CEO Prestige Image Motorcars, pemiliknya adalah seorang pengusaha dan namanya gak disebutkan tuh.

Tapi kalau versi yang bukan S, tentu aja udah banyak selebriti-selebriti di Indonesia yang punya mobil ini. Raffi Ahmad pun punya, Hotman Paris juga.

2. Aston Martin Valkyrie – Rp 43 miliar

Aston Martin Valkyrie (Mike Turner/Flickr)

Mobil tercepat di dunia ini udah bukan lagi dalam kategori supercar, melainkan hypercar. Dengan mengendarai ini, kamu bakal dapat sensasi mengendarai mobil F1 di jalanan. Serem banget pastinya kalau kamu tancap gas sembarangan dan gak punya skill mumpuni.

Aston Martin Valkyrie merupakan hasil kerja sama antara Aston Martin dan Red Bull Racing. Mesinnya berkapasitas 6,5 liter dan jumlah silindernya ada 12.

Mobil ini dikabarkan cuma diproduksi 99 unit aja di dunia. Ada dua tipe Valkyrie yang bakal hadir, yaitu yang dikhususkan di sirkuit dan satu lagi di jalan raya.

Harganya udah ada di angka Rp 43 miliar. Mungkin kalau udah ada di Indonesia bakal lebih mahal lagi karena ditambah pajak dan lain-lain.

Orang yang dulu membeli mobil ini adalah seorang pembalap terkenal bernama Daniel Ricciardo. Dan dia pun harus merogoh kocek yang setara dengan gajinya selama satu tahun buat beli mobil itu.

Pria kelahiran 1989 silam itu punya total kekayaan mencapai Rp 19 miliar. Artinya jumlahnya masih jauh di bawah harga mobil yang dia beli.

Satu hal yang mengejutkan nih, menurut CEO Aston Martin Jakarta, udah ada lho orang Indonesia yang memesan mobil ini. Gokil, kan?

Tapi jangan salah, pihak Aston Martin pun mengatakan kalau gak ada jalanan yang layak di Indonesia buat menjajal Valkyrie. Itulah sebabnya mobil tercepat di dunia ini cuma bisa dipacu di Sirkuit Sentul aja.

Ketika dibeli pun, dia cuma bisa menyimpan hypercar buas itu di pabrik Aston Martin aja. Kalau seperti itu kenyataannya, mending beli aja yang tipe balap. Percuma banget beli yang tipe jalanan tapi gak bisa dipakai.

1. Mobil tercepat di dunia, Bugatti Chiron – Rp 90 miliar

Bugatti Chiron (Pixabay)

Baiklah, inilah dia mobil tercepat di dunia nomor satu: Bugatti Chiron!

Walaupun harganya ditaksir setara dengan 362 unit Mitsubishi Xpander tipe Ultimate matic, Bugatti Chiron bakal masuk indonesia! Pengin beli? Silahkan hubungi Prestige Image Motorcars.

Chiron merupakan penerus dari Veyron. Hypercar asal Prancis ini memiliki kapasitas mesin 8,0 liter dan memiliki 16 silinder. Alhasil tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 1.500 Hp!

Dengan semburan tenaga sebesar itu, gak heran deh kalau kecepatan nol hingga 100 km per jam aja bisa ditembus cuma dengan 2,4 detik.

Kecepatan maksimal Bugatti Chiron sendiri ada di angka 463 km per jam. Dan mobil ini mengusung sistem all wheel drive (AWD). Artinya, semua ban mobil ini jadi penggerak.

Itulah lima mobil tercepat di dunia dan harganya yang bikin kita keblinger. Uniknya, udah ada orang yang memiliki atau memesan mobil nomor dua, tiga, dan empat.

Apakah kamu pengin jadi salah satu pemilik dari mobil tercepat di dunia ini? Gak masalah sih asal sanggup bayar biaya perawatan, pajak, dan lainnya.