5 Tips Memilih Pembantu Rumah Tangga yang Benar Begini Caranya Lho!

Jasa pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga saat ini emang sangat dibutuhkan banget nih oleh kebanyakan orang. Apalagi yang namanya tinggal di kota besar seperti Jakarta, jasa pembantu rumah tangga sangat diperlukan. 

Terkadang pekerjaan rumah emang terlihat sepele ya. Namun, siapa sangka lho bagi kebanyakan orang yang super sibuk dengan segudang jadwal pekerjaan terkadang lupa buat membersihkan isi rumah.

Nah adanya PRT atau pembantu rumah tangga terkadang sangat membantu nih buat meringankan pekerjaan di rumah. Mulai dari beberes, masak hingga mengurus anak. Soal bujet kamu juga jangan lupa nih memikirkan bujet yang mesti dikeluarkan ketika menginginkan jasa mereka. 

Mulai dari gaji bulanan hingga memberi THR atau tunjangan hari raya itu sangat penting banget lho. Hal tersebut menjamin sang “mbak” atau “mbok” betah nih bekerja di rumah kita. Kira-kira apa aja sih yang mesti diperhatikan buat memutuskan menggunakan jasa PRT ini? Yuk, kita simak di bawah ini: 

Baca juga: Mahasiswa, Kamu Bisa Dapat Gaji Rp 3 Juta dari 6 Kerja Part Time Ini Lho!

1. Usahakan mencari PRT yang bisa dipercayai

Begini nih cara memilih PRT buat di rumah kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Zaman saat ini yang namanya keamanan di dalam rumah sangat penting banget nih bagi kamu pengin mempekerjakan PRT. Usahakan kamu mencari orang yang bisa dipercayai buat bekerja di rumah mu nantinya. 

Udah gitu usahakan juga mendapatkannya dari sumber yang terpercaya. Soalnya hal ini sangat penting nih buat menjaga-jaga kalau ada musibah yang gak diinginkan kamu bisa menanyakan kronologisnya bagaimana. 

Baca juga: Asisten Rumah Tangga Pulang Kampung? Ini Triknya Biar Gak Repot dan Pengeluaran Terjaga

2. Pikirkan bujet yang pas dan sesuai dengan pekerjaannya

Pikirkan bujet yang bakal dikeluarkan buat gajinya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ketika memutuskan buat pengin memperkerjakan seorang asisten rumah tangga, kamu mau gak mau pasti memikirkan berapa besaran bujet yang mesti disediakan. Ada baiknya lho kamu mencari tahu dari kanan kiri tetangga mu, berapa sih kalau kamu mau mempekerjakan seorang asisten rumah tangga. 

Kalau kamu ambil dari yayasan pasti udah ketahuan ya berapa besaran gaji sang asisten rumah tangga nantinya. Biasanya kalau kamu memilih dari salah satu yayasan atau penyalur emang agak mahal nih. 

Berbeda kalau kamu mencari langsung atau mendapatkan rekomendasi dari rekan, teman atau tetangga, harganya pasti jauh lebih ramah kantong bukan? 

Baca juga: Mobil Mercy Hingga Berlian! 5 Artis Indonesia Ini Beri Hadiah Mewah ke Asistennya

3. Lakukan wawancara demi pendekatan

Lakukan pendekatan dengan wawancara atau tatap muka demi kelangsungan pekerjaannya nanti, (Ilustrasi/Shutterstock).

Wawancara atau bertatap muka langsung dengan calon PRT gak ada salahnya lho. Di sini kamu bakal tahu nih gimana karakter si PRT, jangan sampai kamu langsung mempekerjakan langsung tanpa mengetahui latar belakang dirinya. 

Apalagi kalau kamu keluarga muda yang memiliki anak dibawah umur, tentunya kenyamanan buat mengurus sang buah hati sangat diperlukan banget lho. Pasalnya kamu dengan pasangan pasti sibuk kerja, keselamatan anak sangat penting saat ditinggal kerja. 

4. Cari tahu pengalaman kerjanya 

Cari tahu pengalaman kerjanya agar nanti ketika bekerja di rumah kamu udah bagus hasilnya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah poin ini juga sangat penting nih buat mengetahui pengalaman kerjanya calon PRT kamu. Jangan sampai kamu asal-asalan dalam memilih dan mempekerjakan pembantu rumah tangga. 

Sayangkan kamu udah bayar mahal-mahal tapi hasil pekerjaannya gak begitu rapih. Kalau udah begini kamu bakal pusing sendiri sih nantinya. 

5. Pikirkan jam kerjanya pembantu rumah tangga

Pikirkan jam kerjanya juga ya ketika mau mempekerjakan asisten rumah tangga, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini sangat krusial nih bagi kamu yang pengin mempekerjakan seorang pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga. Pikirkan jam kerja mereka, jangan sampai mereka bekerja gak mengenal waktu. 

Hal tersebut bakal bikin asisten rumah tangga gak bakal betah. Apalagi pekerjaan yang mesti di selesaikan banyak banget! Kalau udah begitu biasanya mereka bakal minta keluar nih yang ada kamu bakal membuang waktu banyak buat mencari penggantinya. 

Itu dia lima poin penting yang mesti diperhatikan saat kamu pengin mempekerjakan pembantu rumah tangga atau asisten rumah tangga. Semoga bermanfaat ya buat kamu dan keluarga dekat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).