620 Juta Jiwa Dirugikan! Ini 5 Pemadaman Listrik Terbesar Skala Dunia

Pemadaman listrik oleh PLN sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia karena satu dan lain hal. Ada yang bertujuan buat pemeliharaan mesin atau karena kejadian gak terduga seperti gardu tiba-tiba berhenti beroperasi. Namun, siapa sangka dengan adanya pemadaman listrik, berakibat buruk nih bagi kelangsungan banyak orang. Ini nih deretan mati lampu paling dahsyat di dunia.

Yang paling menghebohkan seluruh warga Jakarta dan Jawa Barat yakni pemadaman listrik kemarin pada (4/8). Di mana hampir seluruh warga Banten, Jabodetabek, Jawa Barat hingga Jawa Tengah mengalami mati listrik akibat adanya beberapa masalah gak terduga oleh PLN.

“Jadi pukul 11.45 WIB detik ke-27, SUTET Ungaran-Pemalang terjadi gangguan pada sirkuit 1, kemudian disusul pada sirkuit 2. Akibatnya terjadi penurunan tegangan yang menyebabkan jaringan SUTET Depok dan Tasikmalaya mengalami gangguan. Ini yang menjadi pemadaman awal,” terang Sripeni Inten Cahyani Plt Direktur Utama PLN saat memberikan keterangan kepada media, mengutip dari Kompas.

Akibat kejadian itu bahkan rangkaian kereta MRT yang tengah beroperasi melewati jalur bawah tanah terpaksa berhenti karena kekurangan pasokan listrik. Begitu pula para penumpang KRL Commuter Line yang terpaksa menunggu berjam-jam hinga kondisinya pulih.

Namun, bukan hanya Jakarta yang pernah mengalami pemadaman listrik yang parah seperti kemarin lho. Berikut ini adalah beberapa negara pernah mengalami hal sama bahkan terparah yang pernah merasakan kejadian serupa.

Baca juga: 16 Bangunan yang Jadi Gedung Tertinggi di Dunia Saat Ini, Berapa Modal Bangunnya?

5. Brazil – 97 juta jiwa dirugikan

pemadaman listrik
Brazil pernah mengalami mati lampu yang cukup hebat sehingga 97 juta jiwa sangat dirugikan atas kejadian ini, (si.wsj.net).

Mengutip dari History Collection, kejadian pemadaman listrik terbesar di posisi kelima terjadi di Sao Paulo, Brasil. Pada tahun 1999 silam, Sao Paulo mengalami pemadaman listrik sangat besar hingga 97 juta jiwa dirugikan oleh kejadian ini. 

Ketika itu sebuah sambaran kilat menyambar sebuah gardu listrik utama di kawasan Bauru. Sontak seluruh isi kota Sao Paulo dan sekitarnya gelap gulita dan menyebabkan hampir 97 juta jiwa dirugikan kegiatannya karena peristiwa tersebut.

Baca juga: Masih Mati Lampu? Ini yang Akan Terjadi pada Mobil Listrik

4. Indonesia – 100 juta jiwa

pemadaman listrik
Mati lampu yang cukup hebat mengakibatkan 100 juta jiwa dirugikan lho atas kejadian ini, (historycollection.co).

Selanjutnya ada pemadaman listrik pada tahun 2005 tepatnya terjadi di Pulau Dewata, Bali. Sekitar pukul jam 10.00 WIB sistem transmisi dari Cilegon menuju Saguling di Jawa Barat mengalami kegagalan dan menyebabkan listrik sebesar 2,700 Megawatt terputus.

Dengan terjadi masalah ini setidaknya hampir 100 juta jiwa dirugikan dengan kejadian in. Seluruh aktivitas masyarakat mau gak mau terhenti. 

Baca juga: Ini 5 Deretan Gempa Bumi Terbesar Skala Dunia Salah Satunya di Indonesia

3. Pakistan – 140 juta jiwa

pemadaman listrik
Listrik mati yang menimpa Pakistan merugikan sekitar 140 juta jiwa, (historycollection.co).

Masih di kawasan Asia ada negara Pakistan yang terpaksa mengalami pemadaman listrik terbesar ketiga pada tahun 2015 lalu. Kala itu Pakistan mengalami pemadaman listrik sehingga sebanyak 140 juta jiwa mengalami hal gak mengenakkan. 

Kali ini penyebabnya karena sekelompok orang yang secara sengaja meledakan gardu listrik di kota Balochistan. Akibatnya daya sebesar 600 Megawatt putus dan mengakibatkan 140 juta jiwa terganggu aktivitasnya.

2. Bangladesh – 150 juta jiwa

pemadaman listrik
Bangladesh juga sempat mengalami hal yang sama hingga sebanyak 150 juta jiwa dirugikan dengan kejadian ini, (historycollection.co).

Di urutan kedua peristiwa pemadaman listrik terparah sepanjang sejarah terjadi di Bangladesh pada tahun 2014. Padamnya aliran listrik di kota Bangladesh mau gak mau menghentikan seluruh aktivitas masyarakatnya. 

Sebuah stasiun listrik di kawasan Bheramara bertegangan 400 Kilovolt mengalami kerusakan dan memaksa daya sebanyak 445 Megawatt terputus ke rumah warga. Mau gak mau sebanyak 150 juta jiwa harus beraktivitas tanpa aliran listrik.

1. India – 620 juta jiwa

pemadaman listrik
Sebanyak 620 juta jiwa dirugikan akibat pemadaman listrik di India, (historycollection.co).

Pemadaman listrik berdampak terbesar di dunia terjadi di India pada tahun 2012. Salah satu penyebab dari masalah ini karena adanya kegagalan sistem transmisi di dekat Taj Mahal.

Jumlah daya yang hilang juga gak main-main jumlahnya mencapai 32 Gigawatt yang mengakibatkan lebih dari 620 juta jiwa warga India terpaksa hidup tanpa tenaga listrik. Gak kebayang deh tuh seberapa hebat dampaknya.

Nah, itulah 5 kejadian pemadaman listrik terbesar sepanjang sejarah dunia. Bisa dilihat bahwa negara Asia masih mendominasi kelima daftar tersebut ya, guys! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).