8 Crazy Rich Indonesia yang Menjadi Pemilik Mall-Mall Megah Di Jakarta

Keberadaan mall di Jakarta tentunya membawa keuntungan bagi warga ibu kota. Mulai dari belanja, nonton film di bioskop, hingga sekadar makan atau minum, semuanya bisa dilakukan di mall. Hingga melepas penat pun juga bisa dilakukan di mall.

Soal ramai atau sepinya mall di Jakarta tergantung dari lokasi dan ciri khas mall itu sendiri. Ada mall yang memiliki banyak pengunjung. Ada juga mall yang sedikit pengunjungnya. Selama ada yang baru, dijamin mall-mall tersebut gak bakal sepi pengunjung deh.

Namun, di balik megahnya mall-mall di ibu kota, pernah gak sih bertanya-tanya siapa pemilik dari tempat perbelanjaan tersebut? Orangnya tajir, itu udah pasti. Sosoknya adalah pengusaha, itu juga gak bisa dimungkiri.

Lalu, siapa sosok-sosok di balik pendirian mall di Jakarta yang membuka peluang kerja bagi banyak orang dan berkontribusi dalam hal pajak bagi ibu kota? Cari tahu yuk jawabannya dalam ulasan berikut ini.

Baca juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Lho Crazy Rich Indonesia Pemilik Puri Indah Mall

Daftar mall-mall di Jakarta dan para crazy rich yang memilikinya

Trihatma Kusuma Haliman. (Agung Podomoro)

Dari hasil penelusuran yang Moneysmart lakukan, ada beberapa orang terkaya di Indonesia yang ternyata menjadi pemilik dari mall-mall di Jakarta lho. Mall-mall tersebut tercatat sebagai anak perusahaan dari induk perusahaan yang mereka miliki.

Nah, beberapa perusahaan dari para crazy rich pemilik mall ini tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Siapa pun bisa dengan mudahnya mengakses informasinya lewat website resmi BEI. Lalu, siapa aja para crazy rich pemilik mall-mal di Jakarta? Berikut ini daftarnya.

Mall di Jakarta Perusahaan Pemilik
Senayan City PT Agung Podomoro Land, Tbk. (Agung Podomoro Group) Trihatma Kusuma Haliman
Thamrin City PT Agung Podomoro Land, Tbk. (Agung Podomoro Group) Trihatma Kusuma Haliman
Central Park PT Agung Podomoro Land, Tbk. (Agung Podomoro Group) Trihatma Kusuma Haliman
FX Sudirman Plaza Indonesia Realty, Tbk. (Sinar Mas Group) Keluarga Eka Tjipta Widjaja
Plaza Indonesia Plaza Indonesia Realty, Tbk. (Sinar Mas Group) Keluarga Eka Tjipta Widjaja
Gandaria City Pakuwon Jati, Tbk. Alexander Tedja
Kota Kasablanka Pakuwon Jati, Tbk. Alexander Tedja
Puri Indah Mall Pondok Indah Group (Metropolitan Kentjana, Tbk.) Murdaya Poo
Pondok Indah Mall Pondok Indah Group (Metropolitan Kentjana, Tbk.) Murdaya Poo
Grand Indonesia PT Grand Indonesia (Djarum Group) Keluarga R. Budi & Michael Hartono
Mal Kelapa Gading Summarecon Agung, Tbk. Soetjipto Nagaria
Mall Taman Anggrek Mulia Group Eka Tjandranegara
Lippo Mall Kemang Lippo Karawaci, Tbk. (Lippo Group) Keluarga Riady

Dari tabel yang disajikan di atas, Trihatma Kusuma Haliman menjadi sosok pemilik mall di ibu kota dengan jumlah terbanyak. Ia mendirikan Senayan City, Thamrin City, dan Central Park lewat perusahaannya Agung Podomoro Group. Forbes mencatat kekayaan Haliman mencapai Rp 6,98 triliun.

Ada Keluarga Eka Tjipta Widjaja di posisi kedua yang memiliki mall di Jakarta lebih dari satu. Keluarga konglomerat dengan kekayaan Rp 145 triliun ini berperan dalam pendirian FX Sudirman dan Plaza Indonesia yang pengelolaannya di bawah Sinar Mas Group.

Kemudian ada pengusaha properti sukses asal Surabaya, yaitu Alexander Tedja yang membangun dua mall megah di Jakarta. Lewat Pakuwon Jati, Tbk. yang didirikannya, Alexander Tedja tercatat sebagai pemilik Gandaria City dan Kota Kasablanka.

Murdaya Poo juga mencatatkan diri sebagai orang terkaya di Indonesia yang memiliki dua mall di Jakarta. Sosok yang dilaporkan memiliki kekayaan Rp 18,14 triliun menjadi pemilik dari Puri Indah Mall dan Pondok Indah Mall.

Nah, itu tadi para crazy rich Indonesia yang tercatat sebagai pemilik mall-mall di Jakarta. Asyiknya nih, beberapa perusahaan yang membawahi mall-mall di atas berstatus Tbk. lho. Ngomong-ngomong, salah satunya ada yang kamu miliki gak sahamnya? (Editor: Ruben Setiawan)