8 Tips Beli Mobil Bekas yang Berkualitas Tinggi

Beli mobil bekas dengan kualitas yang masih baik memang terbilang sulit untuk dilakukan, terlebih jika Anda tidak terlalu memahami seluk beluk mesin mobil dan tips membeli mobil bekas berkualitas. Sebenarnya dalam membeli mobil bekas Anda dapat melakukannya secara online maupun offline.

Jual beli mobil bekas di era pandemi seperti sekarang ini dianggap lebih aman dan efisien. Lalu, bagi beberapa orang yang mungkin memiliki pendapatan serta simpanan uang yang terbatas, membeli mobil bekas masih menjadi pilihan utama daripada harus membeli mobil dengan kondisi baru yang tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Hanya saja Anda perlu memahami cara dan tips membeli mobil bekas berkualitas.

Mobil bekas juga dinilai sebagai alternatif bagi Anda yang ingin atau memerlukan mobil. Mobil dengan kondisi baru tentu saja memiliki harga yang cukup tinggi serta sistem kredit yang dapat dibilang sedikit meresahkan.

Oleh karena itu, mobil bekas terkadang menjadi jalan keluar karena dapat dibeli dengan harga yang menarik dan tidak terlampau mahal.

Satu hal yang perlu diingat adalah tidak semua mobil bekas memiliki kualitas serta performa yang masih bagus. Tak sedikit mobil-mobil bekas yang dijual di pasaran sudah memiliki cacat fisik atau performa mesin mobil yang sudah tidak maksimal.

Tentu saja Anda tidak mau membeli mobil bekas yang sudah rusak, bukan? Karena itulah, menjadi penting untuk memahami cara-cara dalam memilih mobil bekas yang masih berkualitas tinggi.

Yuk, simak tips beli mobil bekas dengan kualitas yang masih bagus di bawah ini!

1. Sesuaikan Harga Mobil yang Ingin Dibeli dengan Keuangan Anda

Beli mobil bekas tentunya harus dilakukan dengan pertimbangan budget yang tersedia terlebih dahulu. Jangan sampai nantinya harga tersebut diluar kemampuan keuangan Anda. Bagi Anda yang ingin melakukan kredit mobil bekas, usahakan agar budget yang harus dikeluarkan tidak melebihi 20 persen dari gaji keseluruhan Anda.

Siapkan pula budget untuk biaya-biaya ekstra seperti perawatan ataupun penggantian komponen lama yang ada pada mobil bekas yang akan Anda beli.

2. Buatlah Daftar Target Mobil Bekas yang Ingin Dibeli

Setelah Anda menentukan budget yang tersedia, Anda dapat mulai melakukan survei dan membuat daftar mobil bekas yang ingin Anda beli. Pada tahap ini, usahakan agar Anda melakukan perbandingan untuk semua mobil yang masuk ke dalam daftar yang sudah dibuat.

Pilih dan sesuaikan jenis-jenis mobil yang ingin dibeli dengan kebutuhan, anggaran, serta performa yang Anda perlukan. Hal tersebut penting agar nantinya mobil yang Anda beli dapat digunakan secara maksimal sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

3. Lakukan Survei Harga

Tips beli mobil bekas yang ketiga adalah Anda harus rajin dan teliti dalam mengecek setiap harga mobil bekas yang Anda incar di seluruh dealer maupun website jual beli mobil bekas yang ada di internet. Meskipun harganya mungkin tak berbeda jauh, namun tetap saja hal tersebut dapat sangat berpengaruh jika dilihat dari sisi performa serta kondisi mobil yang ditawarkannya. Pilihlah mobil dengan harga termurah namun dengan performa yang masih dapat diandalkan!

4. Periksa Riwayat Kendaraan

Anda dapat mengecek terlebih dahulu riwayat kendaraan atau mobil bekas yang akan Anda beli. Selain dengan memeriksa riwayat kendaraan melalui pihak kepolisian atau asuransi, Anda juga dapat mengeceknya sendiri dengan menggunakan NIK (Nomor Identitas Kendaraan) ataupun pelat mobil.

5. Periksa Dokumen Lengkap Kendaraan

Tips beli mobil bekas yang selanjutnya adalah dengan mengecek surat ataupun dokumen-dokumen mobil. Direkomendasikan untuk hanya membeli mobil yang memiliki BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). Mobil yang tidak memiliki dokumen lengkap nantinya akan lebih sulit diurus karena memakan waktu serta biaya yang jauh lebih mahal.

Dengan memeriksa dokumen mobil bekas secara lengkap, Anda juga dapat terhindar dari penipuan ataupun risiko terjerat hukum karena membeli mobil bekas yang tidak disertai dengan dokumen lengkap dapat masuk sebagai salah satu tindak kejahatan dan dapat terjerat Pasal 480 KUHP tentang Penadah Hasil Curian.

6. Periksa Kondisi serta Performa Mobil

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, Anda juga harus tetap memperhatikan performa serta kondisi mobil tersebut. Anda dapat mengecek bagian mesinnya dengan membuka bagian kap mesin mobil. Lakukan pengecekan untuk seluruh komponen mesin, jangan sampai ada salah satu komponen yang rusak.

Cek juga bagian dalam mobil, interior, serta eksterior. Apakah ada cacat ataupun goresan-goresan pada body mobil. Lalu, hal terpenting yang tak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengecek struktur rangka utama mobil. Pastikan kondisinya masih dalam keadaan yang optimal untuk dapat digunakan berkendara.

7. Lakukan Test Drive

Tips beli mobil bekas yang selanjutnya adalah dengan membuat jadwal atau janji kepada pemilik mobil atau di website jual beli mobil bekas untuk dapat melakukan test drive terlebih dahulu.

Cara ini dianggap sebagai cara paling ampuh dalam mengecek apakah mobil masih dalam kondisi yang layak digunakan atau tidak. Cobalah kendarai mobil yang akan Anda beli dengan berbagai manuver, jarak yang agak jauh, serta sesekali dengan kecepatan yang lumayan tinggi.

8. Pilih Tempat Jual Beli Mobil Bekas yang Terpercaya

Setelah semua tips Anda lakukan, langkah terakhir adalah dengan memilih tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya di Indonesia. Diantara banyaknya situs-situs ataupun website jual beli mobil bekas yang tersedia, Carsome hadir sebagai situs jual beli mobil bekas berkualitas yang terpercaya dan terbaik di Indonesia!

Carsome adalah platform jual beli mobil bekas terpercaya, mudah, dan cepat. Anda tidak perlu ragu atau cemas nih sekarang untuk memilih mobil seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda! Carsome adalah platform online untuk membeli dan menjual mobil bekas Anda, solusi yang cermat bukan?

Carsome ternyata memiliki ribuan mobil berkualitas yang disediakan untuk Anda, seluruh mobil tentunya telah terverifikasi dengan baik dengan 175 titik penilaian baik secara mesin, performa, hingga penampilan. Gimana lebih nyaman bukan? Kini semua transaksi mobil bekas menjadi lebih mudah dan aman dengan adanya Carsome!

by Kevin Leverse
Kevin Leverse adalah ahlis SEO dan blogger professional. Sudah menggeluti dunia Internet dan Make Money Online semenjak 2014

Tinggalkan komentar