Ada yang Minus Rp 2 M, Ini Kekayaan 11 Kandidat Pesaing Trump di Pilpres AS

Partai Demokrat tengah melakukan seleksi terhadap kandidat yang akan maju di Pilpres AS. Sebanyak 24 politisi bersaing untuk masuk ke dalam nominasi calon presiden yang akan diusung partai bersimbol keledai itu. 

Pemilihan Presiden Amerika Serikat akan berlangsung pada tahun 2020 mendatang. Donald Trump yang kini menjadi presiden dari Partai Republik dikabarkan akan mencalonkan diri lagi sebagai petahana. Untuk melawan popularitas Trump, Partai Demokrat sudah menyaring nama-nama yang kompeten.

Sebanyak 24 orang bahkan telah dihadapkan pada debat internal partai untuk menentukan siapa yang terbaik. Semua kandidat itu terdiri dari beragam latar belakang yang berbeda-beda, ada yang politisi murni, ada yang bekas pejabat negara, dari pihak swasta, dan yang pasti memiliki kekayaan yang berbeda-beda. 

Sementara itu, Donald Trump merupakan presiden dari kalangan pengusaha yang tentu memiliki harta berlimpah. Dikutip dari Forbes, kekayaannya bisa mencapai US$ 3,1 miliar. Nah kali ini kita mau ngebahas berapa kekayaan kandidat dari Partai Demokrat yang bakal maju ke Pilpres AS 2020 dikutip dari Business Insider

Baca juga: 4 Sumber Pendapatan Anak Donald Trump yang Mencapai Rp 1,9 Triliun per Tahun

1. Eric Swalwell ( -Rp 2,1 miliaran)

pilpres as
Eric Swalwell. (Instagram/@ericswalwell)

Eric merupakan politisi muda dari Demokrat. Ia telah menjabat sebagai anggota dewan untuk wilayah California dari tahun 2013 silam. Eric dikenal sebagai sosok milenial dan sosok politisi yang memiliki banyak penggemar. Maklum saja, umurnya masih muda yaitu 38 tahun. 

Tapi sayangnya hartanya pada tahun 2017 tercatat dalam kondisi minus alias memiliki banyak utang. Diketahui kekayaan bersihnya adalah -US$ 10.000 sampai -US$ 149.000 atau ngutang Rp 141 jutaan sampai minus Rp 2,1 miliaran. Usut punya usut sih, utang tersebut didapat karena tanggungan pinjaman pendidikan dan tagihan kartu kredit. 

Baca juga: Berlapis Emas 24 Karat, Lihat Rumah Donald Trump di New York Seharga Rp 1,4 Triliun

2. Tim Ryan ( Rp 3,8 miliaran) 

pilpres as
Tim Ryan. (Instagram/@timryanforamerica)

Tim Ryan kini menjabat sebagai anggota dewan wilayah Ohio. Berdasarkan laporan keuangannya di tahun 2017, aset kekayaannya mencapai US$ 276.000 atau Rp 3,8 miliaran.

Baca juga: Tiga Orang Terkaya Penantang Donald Trump di Pilpres AS 2020

3. Seth Moulton ( Rp 1 miliaran) 

pilpres as
Seth Moulton. (Instagram/@sethmoulton)

Seth Moulton merupakan anggota dewan untuk Negara Bagian Massachusetts. Sebelum menjadi politisi, ia adalah seorang Tentara Angkatan Laut AS yang berdinas di kesatuan marinir. Berdasarkan dari data harta kekayaannya tahun 2015, ia diketahui memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 71.011 atau Rp 1 miliaran dengan aset mencapai US$ 377.000. Namun, dirinya memiliki utang sampai US$ 2 juta. 

4. Tulsi Gabbard ( Rp 2,9 miliaran)

pilpres as
Tulsi Gabbard. (Instagram/@tulsigabbard)

Tulsi Gabbard merupakan politisi muda yang memiliki ambisi besar untuk maju ke Pilpres AS 2019. Karier politiknya telah dimulai sejak ia berusia 33 tahun menjadi anggota dewan negara bagian Hawaii hingga kini. Berdasarkan laporan keuangannya di tahun 2015 silam, kekayaan Tulsi sebanyak US$ 208 ribuan atau Rp 2,9 miliaran. 

5. Julian Castro ( Rp 6,6 miliaran) 

pilpres as
Julian Castro. (Instagram/@juliancastrotx)

Nama Julian Castro sudah dikenal banyak oleh masyarakat AS luas. Ia merupakan mantan Menteri Perumahan era Presiden Obama. Kekayaannya diklaim mencapai US$ 470.000 atau Rp 6,6 miliaran. 

6. Pete Buttigieg ( Rp 1,4 miliaran) 

pilpres as
Pete Buttigieg. (Instagram/@pete.buttigieg)

Pete Buttigieg merupakan mantan intel AL Amerika Serikat yang banting setir menjadi politisi di tahun 2012. Debutnya pun sukses setelah ia terpilih menjadi Walikota Indiana. Tidak ada angka pasti berapa kekayaannya, tapi yang jelas per tahunnya Pete mendapatkan gaji US$ 104.000 atau Rp 1,4 miliaran. 

7. Andrew Yang (Rp 4 miliaran) 

pilpres as
Andrew Yang (tengah). (Instagram/@andrewyang2020)

Setelah dari kalangan politisi, kali ini ada salah satu kandidat dari kalangan pengusaha. Ia adalah Andrew Yang. Ia merupakan pendiri startup Venture for America dengan gaji Rp 4 miliaran per tahunnya. Andrew adalah kandidat keturunan Asia yang maju ke Pilpres AS.

8. Kirsten Gillibrand ( Rp 7 miliran) 

pilpres as
Kirsten Gillibrand. (Instagram/@kirstengillibrand)

Senator senior satu ini memutuskan untuk mencalonkan diri ke kontestasi Pilpres AS. Kirsten memiliki kekayaan sekitar US$ 498.000 atau Rp 7 miliaran. 

9. Cory Booker (Rp 18 miliaran) 

pilpres as
Cory Booker. (Instagram/@corybooker)

Senator asal New Jersey ini telah bergabung dengan Partai Demokrat sejak tahun 2013 silam. Berdasarkan laporan kekayaan terbarunya, total hartanya mencapai US$ 1,3 juta atau Rp 18 miliaran. 

10. Elizabeth Warren (Rp 141 miliaran) 

pilpres as
Elizabeth Warren. (Instagram/@elizabethwarren)

Elizabeth Warren merupakan seorang profesor bidang hukum sekaligus senator senior AS. Berdasarkan laporan keuangan tahun 2017 silam, hartanya tercatat sekitar US$ 10,6 juta atau Rp 141 miliaran. 

11. Joe Biden (Rp 13 miliaran) 

pilpres as
Joe Biden. (Instagram/@joebiden)

Wakil Presiden era Obama ini memutuskan untuk maju menjadi presiden. Politisi senior ini pada saat meninggalkan Gedung Putih di tahun 2017 lalu memiliki kekayaan dalam kondisi minus alias banyak utang. Tapi, kini ia memiliki harta sebesar US$ 8 juta atau Rp 13 miliaran, yang didapat dari hasil penjualan buku yang ia tulis. 

Itu dia 11 di antara puluhan kandidat pesaing Donald Trump di Pilpres AS 2020 dari Partai Demokrat. Kalau dilihat dari jumlah kekayaannya, masih jauh ya dibandingkan Trump. (Editor: Ruben Setiawan)