Berkat Kemuliaannya, Seorang Guru di Desa Miskin Dapat Hadiah Rp 14 M

Pernahkah kamu mendapatkan hadiah uang miliaran rupiah? Mungkin mustahil ya bagi kamu kalau hanya mengandalkan undian aja. Hal ini benar-benar dialami oleh seorang guru di Kenya.

Tapi bukan dari undian, melainkan sebagai sebuah penghargaan. Profesi guru sendiri merupakan profesi yang mulia.

Mereka rela menghabiskan waktunya untuk membagi ilmu kepada murid-muridnya hingga pintar. Tapi gak cuman mengajar mereka juga seperti memiliki tanggung jawab untuk membuat muridnya sukses.

Inilah yang dilakukan dan dialami oleh Peter Tabichi. Guru berusia 36 tahun asal Kenya, sebuah negara miskin di Afrika. Peter mendapatkan penghargaan dan hadiah uang sebesar US$ 1 juta, gimana bisa?

Baca juga: Ubah Nasib Jadi Orang Sukses yang Banyak Uang dengan Jalani Gaya Hidup Ini

Menyisihkan 80 persen gajinya buat anak-anak miskin

Atas kebaikannya menyisihkan 80 persen gajinya, guru ini mendapatkan uang mencapai Rp 14 miliar, (globalteacherprize.org).

Peter Tabichi bukanlah berprofesi sebagai guru biasa. Ia mengajarkan mata pelajaran matematika dan ilmu alam. Tabichi gak mengajar di perkotaan, melainkan di sebuah desa miskin Pwani.

Dikutip dari VOA, banyak anak-anak yang gak mampu di sana. Sepertiga populasi anak-anak adalah yatim piatu atau cuma memiliki satu orang tua.

Lebih parahnya lagi, kondisi alam di sana juga parah. Bahaya kekeringan dan kelaparan terus menghantui warganya. Tapi Peter gak menyerah begitu saja dengan keadaan. Tekadnya mengabdi demi kemajuan anak didiknya tak pernah padam.

Ia pun rela memberikan 80 persen gajinya buat keperluan para murid, seperti membeli seragam dan buku pelajaran. Kondisi sekolah tempat ia mengajar pun juga parah, gak ada perpustakaan bahkan laboratorium, yang ada hanya meja, kursi, papan tulis, dan satu buah komputer dengan koneksi internet yang lemah. Tapi Peter tetap semangat menyebarkan ilmu-ilmu yang ia miliki.

Gak jarang, berkat pengabdiannya ada murid yang bisa melanjutkan hingga perguruan tinggi, bahkan sampai ikut kompetisi internasional. Di situlah kebahagiaan yang didapat oleh Peter selama berkarier sebagai seorang guru.

Baca juga: Bocah Pelempar Telur ke Senator Australia Dapat Hadiah Miliaran Rupiah

Mengalahkan 10.000 guru terbaik dari negara lain dan mendapatkan hadiah uang Rp 14 miliaran

Uang mencapai Rp 14 miliar didapatkan oleh guru asal Kenya lantaran kerap menyisihkan gajinya buat murid, (globalteacherprize.org).

Berkat konsistensinya memajukan pendidikan di Pwani, Peter Tabichi masuk ke dalam daftar nominee penghargaan Global Teacher Prize 2019. Penghargaan ini diberikan oleh Varkey Foundation, salah satu yayasan pendidikan terbesar di Timur Tengah seperti Uni Emirat Arab, Mesir, dan Qatar.

Lewat acara penganugerahan di sebuah hotel super mewah di Dubai, nama Peter Tabichi keluar sebagai pemenangnya. Ia berhasil mengalahkan sekitar 10.000 kandidat dari 179 negara.

Hadiah uang yang didapat dari penghargaan bergengsi ini kisaran US$ 1 juta kalau dirupiahkan sekitar Rp 14 miliaran.

Dikutip dari VOA, hadiah uang sebesar itu rencananya akan dialokasikan untuk memperbaiki fasilitas sekolahnya, dan juga membantu masyarakat miskin di Afrika. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)