Biaya Bangun Rumah Idaman Bisa Lebih Hemat Lewat 6 Cara Ini

Punya tanah dan pengin bikin rumah sendiri tapi takut biaya bangun rumah melambung tinggi? Tenang, kamu gak sendirian. Bangun rumah emang gak mudah dan gak murah. Apa lagi, di saat bersamaan kebutuhan sehari-hari tetap harus kamu penuhi.

Mau gak mau kamu harus udah punya bujet khusus buat biaya bangun rumah ini. Tapi, impian punya rumah idaman gak harus bikin tertekan. Kalau kamu tahu strateginya, kamu bisa menghemat banyak rupiah.

Kamu yang saat ini sedang galau dengan masalah di atas, yuk simak 6 cara hemat bangun rumah di bawah ini.

1.  Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci bila ingin bikin rumah terjangkau

(Image: Tukangsaya)

Rencanakanlah pembangunan rumah secara jelas dan detail. Jika kamu sudah tahu ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan, saatnya membuat anggaran secara rinci.

Anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya.

2. Gunakan desain rumah minimalis

(Image: Hartabumi)

Gak cuma karena sedang tren, tapi desain rumah minimalis emang punya banyak kelebihan. Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi.  Misalnya, ruang dapur bisa sekaligus jadi ruang makan.

Tanpa banyak ruangan, konsep desain minimalis tentu mampu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Selain itu, kamu yang gak memakai jasa arsitek gak perlu khawatir, karena banyak desain minimalis yang bisa kamu contek di Internet.

3. Lakukan survei harga material

(Image: YouTube)

Salah satu faktor yang suka bikin biaya bangun rumah membengkak adalah biaya bahan bangunan. Toko-toko bangunan punya harga material yang sangat variatif. Oleh sebab itu, sebelum mulai membeli, sediakanlah waktu khusus untuk riset lapangan.

Bisa jadi harga semen di toko A lebih murah dari toko B, tapi harga besi di toko B masih lebih murah dari toko A. Gak perlu sungkan untuk keluar masuk toko bangunan dan melakukan riset harga. Buatlah catatan daftar perbandingan harga dengan mempertimbangkan juga biaya transportasi menuju toko bangunan tersebut.

4. Pilih bahan bangunan lokal berkualitas

Saat membangun rumah, tentu ingin menggunakan bahan bangunan yang berkualitas. Sekarang udah banyak material lokal dengan kulitas tinggi, sehingga gak perlu memakai semua material produksi luar negeri yang harganya kurang terjangkau.

Bahan bangunan lokal biasanya punya harga yang lebih miring dari bahan produksi luar negeri. Dengan begini, kamu bisa melakukan cukup banyak penghematan.

[Baca: Para Pekerja Jakarta, Gini Caranya Kalau Mau Beli Rumah Murah]

5. Pakai jasa tukang bangunan borongan, bukan harian

Tukang bangunan punya peranan penting dalam pembangunan rumah. Biasanya, biaya untuk membayar jasa merekalah yang paling menyita anggaran cukup besar. Oleh sebab itu, pilihlah tukang yang telah berpengalaman dan memiliki reputasi kerja yang baik.

Ada dua macam cara pembayaran upah jasa tukang bangunan, yaitu sistem harian dan borongan. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Sistem tukang harian biasanya dinilai memiliki kualitas kerja yang lebih baik dibanding sistem borongan, karena sistem borongan mendorong tukang untuk buru-buru menyelesaikan pekerjaannya agar cepat selesai.

Di sisi lain, pada sistem borongan kamu dapat memprediksi total biaya pekerjaan dengan lebih pasti daripada sistem harian. Pekerjaan sistem borongan biasanya juga lebih cepat daripada sistem harian, sehingga lebih bisa menekan biaya.

[Baca: Beli Rumah Lelang Sitaan Bank Pasti Lebih Murah, Ini 7 Tahapnya]

6. Membuat rumah secara bertahap

Jika dana yang kamu punya masih terbatas, bukan berarti kamu harus menunda proses pembangunan rumah. Kamu bisa membangun secara bertahap, misalnya mulai dari fondasi, pendirian bangunan, pemasangan atap, hingga tahap penyelesaian.

Kamu bisa mengeluarkan biaya sesuai bujetmu saat ini untuk pembangunan tahap awal, lalu menabung kembali untuk tahap berikutnya. Cara ini bisa menahan biaya, sehingga uang yang dikeluarkan tidak langsung bikin kantong jebol.

Kelebihan lainnya, kamu jadi membeli dan menggunakan material secara efisien, sehingga menghindari ada material yang tak terpakai dan terbuang.

[Baca: Para Pekerja Jakarta, Gini Caranya Kalau Mau Beli Rumah Murah]

Itulah 6 cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya bangun rumah. Gak perlu risau lagi membangun rumah sendiri dengan dana terbatas. Selamat mewujudkan hunian idamanmu dengan strategi di atas!