Bikin Foto dan Instagram Kamu Semakin Keren, Datang Aja ke 5 Museum di Jakarta Ini

Di era yang semakin modern, di mana sosial media kian populer khususnya Instagram. Banyak orang yang hunting foto untuk mempercantik feed Instagramnya, salah satunya dengan pergi ke museum di Jakarta.

Coba hilangkan mindset kalau museum itu identik dengan jadul dan membosankan. Karena seiring dengan perkembangan zaman, museum kini hadir dengan sesuatu yang baru dan tentu saja menyenangkan.

Hal itu bertujuan agar banyak masyarakat yang berkunjung ke museum yang bisa sekalian dijadikan ajang tempat berfoto ria.

Lagipula, bosan gak sih kalau setiap akhir pekan kamu menghabiskan waktu ke mall lagi ke mall lagi. Yang ada uang terkuras habis karena gak kuat dengan godaan diskon yang banyak terpampang di berbagai toko.

Nah, buat kamu yang berminat datang ke museum di Jakarta pada akhir pekan ini. MoneySmart.id ingin memberikan beberapa rekomendasi museum yang bisa kamu kunjungi.

Gak usah berlama-lama lagi, berikut lima di antaranya:

1. Art: 1 New Museum

Museum di Jakarta
Art New Museum (Instagram).

Museum di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan yaitu Art: 1 New Museum yang menawarkan ribuan karya seni cantik.

Kamu bisa melihat berbagai karya seni bahkan dari seniman legendaris, seperti Widayat, Made Wianta, dan Anusapati. Museum ini bahkan menjadi salah satu institusi seni yang berhasil meraih penghargaan sebagai Best Gallery of the Year tahun 2010 karena memiliki 2.500 koleksi karya seni.

Lokasinya berada di Jalan Rajawali Selatan Raya No. 3, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Jangan lupa membawa kamera karena tempatnya sangat Instagramable banget.

2. Museum Harry Darsono

Museum di Jakarta
Museum Harry Darsono (Instagram).

Museum Harry Darsono merupakan salah satu museum fashion di Jakarta yang didirikan oleh desainer kondang Indonesia, Harry Darsono sejak tahun 1970-an.

Museum yang terletak di Jalan Cilandak Tengah No.71, Jakarta Selatan ini menawarkan berbagai benda koleksi yang tentu saja berhubungan dengan fashion.

Bahkan museum ini juga memamerkan karya rancangan sang desainer yang telah mendunia. Salah satunya adalah gaun mewah yang pernah dipakai oleh mendiang Lady Diana.

Untuk berkunjung ke museum yang satu ini, para pengunjung diharuskan untuk mengenakan sandal karena Harry Darsono mengidap ADHD yang sangat terganggu dengan suara berisik sepatu.

3. Museum 3D Art Kota Tua

Museum di Jakarta
Museum 3D Art Kota Tua (Instagram).

Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini menampilkan berbagai lukisan 3D yang unik dan bisa jadi tempat untuk foto-foto lho.

Museum yang berada di kawasan Kota Tua ini memiliki tema yang berbeda-beda, seperti Ames Room, Mirror Room, Optical Chair dan lainnya.

Magic Art 3D Museum Jakarta ini buka setiap hari jam 10 pagi dan tutup jam 10 malam. Harga tiket masuk mulai dari Rp 60 ribu untuk dewasa, Rp 40 ribu untuk pelajar, dan gratis buat anak usia 4 tahun ke bawah.

4. MoJA Museum

Museum di Jakarta
MOJA Museum (Instagram).

Selanjutnya ada MoJA Museum yang tempatnya ada di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan. Museum yang satu ini menyediakan spot foto yang unik dan menarik banget lho. Jadi, oke banget nih untuk mempercantik Instagram kamu.

Untuk tiket masuknya dibanderol sebesar Rp 100 ribu untuk weekday dan Rp 125 ribu di weekend yang buka mulai dari jam 11 pagi hingga 7 malam. Sementara untuk Sabtu dan Minggu, tutup jam 8 malam.

5. Museum MACAN

Museum di Jakarta
Museum Macan (Instagram).

Museum di Jakarta yang kini tengah hits banget tak lain adalah Museum MACAN yang berada di Jalan Panjang No.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pasalnya, Museum MACAN merupakan museum pertama di Indonesia yang memiliki koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia serta Internasional. Semua karya seni tersebut dikumpulkan oleh kolektor seni sekaligus pengusaha Haryanto Adikoesoemo.

Tiket masuknya dijual seharga Rp 100 ribu untuk orang dewasa dan pelajar sebesar Rp 90 ribu dan buka setiap hari Selasa sampai Minggu dari jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

Nah, itu dia lima museum di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu di akhir pekan ini. Yuk, koleksi foto-foto yang ciamik. (Editor: Winda Destiana Putri).