Blibli.com Bakal Kasih Modal Usaha Rp 1,3 Miliar, Ini Syaratnya!

Blibli.com menggelar kompetisi wirausaha tahunan bagi creativepreneur muda bertajuk The Big Start (TBS) tahun keempat.

Pihaknya mengusung tema Nyalakan Ambisimu, Wujudkan Suksesmu. Blibli.com didukung penuh oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), dan Universitas Prasetiya Mulya.

The Big Start Season 4 ini menawarkan hadiah total Rp 1,3 miliar. Ajang ini membuka kesempatan bagi para creativepreneur muda untuk mengasah kemampuan bisnis sesuai kebutuhan pasar.

Peserta bakal mendapatkan kesempatan mengikuti pameran di luar negeri dan berkolaborasi dengan brand lokal untuk proyek spesial.

Para creativepreneur sudah bisa mendapatkan informasi dan mendaftarkan diri di kompetisi lewat situs thebigstart.blibli.com. Pendaftaran dibuka hingga bulan Agustus 2019.

Para creativepreneur juga dapat mendaftarkan diri di roadshow The Big Start yang akan berlangsung di Bandung (12-14 Juli). Kemudian Yogyakarta (19-21 Juli) dan Surabaya (2-4 Agustus).

Pengembangan UMKM

Kompetisi TBS merupakan komitmen Blibli.com dalam mendukung program pemerintah mengembangkan usaha kreatif. Utamanya merupakan Usaha Mikro. Kecil dan Menengah (UMKM).

Sektor ini penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan survei Kementerian Perindustrian, sektor UMKM menyumbang sekitar 60,3 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional.

Namun demikian UMKM di Indonesia menghadapi tujuh tantangan yang menghambat mereka untuk mengembangkan bisnisnya.

Ketujuh tantangan ini adalah pasar. pendanaan, jaringan, technological system, pengetahuan bisnis. kehadiran online, serta kreativitas dan inovasi.

Andy Adrian, Deputy CMO Blibli.com mengungkapkan, besarnya kontribusi usaha kreatif bagi PDB Indonesia menunjukkan bahwa para creativepreneur muda mampu memberikan kontribusi signifikan bagi perekenomian nasional.

“Agar semakin mendorong potensi creativepreneur, Blibli.com berkomitmen untuk memainkan perannya sebagai mal online dalam meningkatkan kapasitas creativepreneur untuk memenangkan pasar,” ujarnya di Jakarta.

Menciptakan Creativepreneur

Andy menambahkan, Blibli.com akan memperkuat kapasitas creativepreneur dengan membantu mereka menjawab tantangan-tantangan tersebut melalui dua inisiatif, yaitu kompetisi TBS sebagai titik awal mencari creativepreneur dengan usaha menjanjikan.

Kemudian, Galeri lndonesia, kategori khusus usaha kreatif di Blibli.com, akan bertindak sebagai platform penjualan dan pembinaan yang bekelanjutan untuk para creativepreneur.

The Big Start Indonesia adalah kompetisi creativepreneur dari Blibli.com yang fokus memberi kesempatan pada pelaku ekonomi kreatif dalam mengembangkan bisnis mereka.

Kompetisi ini diadakan mendorong dan memotivasi para kreatif muda Indonesia agar berani berkarya dan mengembangkan ide-ide mereka.

Peserta yang terpilih akan dibekali pengetahuan, pelatihan, networking, hingga modal usaha.

The Big Start Indonesia dikemas dalam bentuk kompetisi berisikan berbagai tantangan mendidik, menantang, dan tentu saja menginspirasi bagi para pelaku dan pecinta UMKM di seluruh Indonesia.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah