Bukan Emas, Arab Saudi dan 9 Negara Ini Justru Simpan Banyak Mata Uang Asing

Lebih dari sekadar alat tukar, ternyata menyimpan mata uang asing itu banyak untungnya lho. Mungkin kamu tahunya keuntungan dari memiliki uang asing ini cuma bisa didapat dari pertukaran mata uang asing alias foreign exchange (forex).

Bagi suatu negara, memiliki mata uang asing itu sangat membantu dalam menjaga kondisi ekonomi domestik. Bisa aja perekonomian macet karena gak menyimpan uang asing sebagai cadangan. 

Malahan nih mengimpor barang kebutuhan dari luar demi menjaga ketersedian dalam negeri bakal sulit jadinya karena gak adanya cadangan mata uang asing. Boro-boro impor, bayar utang luar negeri pun juga gak mungkin gara-gara gak punya cadangan uang asing.

Makanya ada beberapa negara yang diketahui memiliki cadangan uang asing dalam jumlah yang sangat besar. Penasaran negara-negara mana aja kah itu? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Kalau Punya 9 Mata Uang Ini, Tukerin ke Rupiah! Dijamin Untung Gede

Mata uang asing yang disimpan negara dikenal sebagai cadangan devisa. Apa itu?

Mata uang asing yang disimpan negara dikenal sebagai cadangan devisa. Apa itu?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam istilah keuangannya nih, mata uang asing yang disimpan negara dalam jumlah besar disebut sebagai cadangan devisa. Apa itu cadangan devisa?

Menurut Investopedia, cadangan devisa adalah aset dalam bentuk mata uang asing yang disimpan bank sentral sebagai cadangan. Adanya cadangan devisa ini bertujuan supaya negara bisa membayar kewajibannya (utang) dan mempengaruhi kondisi moneter.

Seperti yang kamu tahu, salah satu fungsi dari bank sentral seperti Bank Indonesia adalah menjaga stabilitas moneter. Nah, menyimpan uang asing ini sebagai upaya bank sentral dalam menjaga stabilitas moneter. 

Nantinya saat rupiah melemah misalnya, cadangan devisa dipakai buat menahan laju melemahnya mata uang. Penggunaan cadangan mata uang asing ini sekaligus meredam naiknya inflasi.

Sebenarnya, cadangan devisa gak cuma disimpan dalam bentuk uang asing. Cadangan devisa termasuk deposito, obligasi, hingga surat berharga. Semua cadangan devisa tersebut sama pentingnya, yaitu buat mencegah terdevaluasi dengan cepat.

Faktanya, menyimpan mata uang asing sebagai cadangan udah menjadi hal umum yang dilakukan banyak negara di dunia. Dolar Amerika Serikat menjadi mata uang yang dipilih banyak negara buat disimpan karena paling aktif diperdagangkan.

Baca juga: Diklaim Mampu Saingi Pamor Bitcoin dan Dolar, Apa Keunggulan Libra Coin?

Daftar negara dengan cadangan mata uang asing terbesar di dunia

Daftar negara dengan cadangan mata uang asing terbesar di dunia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Lalu, negara-negara mana aja yang memiliki cadangan uang asing terbesar di dunia? Dari data yang dihimpun International Monetary Fund (IMF) 2018, berikut ini adalah daftar negara yang menyimpan mata uang asing dalam jumlah besar sebagai cadangan devisa.

No. Negara Cadangan devisa (US$)
1 China 3.210.000.000.000
2 Jepang 1.259.300.000.000
3 Swiss 804.300.000.000
4 Arab Saudi 501.300.000.000
5 Rusia 406.600.000.000
6 Taiwan 459.900.000.000
7 Hong Kong 424.800.000.000
8 India 403.700.000.000
9 Korea Selatan 402.400.000.000
10 Brazil 379.400.000.000

Dari tabel di atas, kita bisa melihat kalau China menjadi negara dengan cadangan mata uang asing terbesar di dunia. Sebagian besar dari cadangan US$ 3,21 triliun tersebut adalah dolar Amerika Serikat. 

Memiliki banyak dolar Amerika Serikat menguntungkan buat China. Sebab negeri tirai bambu merupakan negara yang melakukan perdagangan paling besar di dunia. Seperti yang kamu tahu, perdagangan di dunia cenderung menggunakan dolar sebagai alat tukarnya.

Alih-alih menyimpan banyak emas, Arab Saudi justru masuk daftar negara yang memiliki cadangan mata uang asing dalam jumlah besar. Alasan Saudi memilih uang asing ketimbang emas karena buat melindungi ekonominya kalau sewaktu-waktu harga minyak dunia turun.

Apalagi menyimpan emas dalam jumlah besar kurang membantu dalam menjaga kondisi ekonomi. Asal tahu aja nih, antara emas dan dolar punya hubungan terbalik. Kalau dolar menguat, gak cuma mata uang domestik yang melemah, tapi emas pun juga melemah.

Itu tadi informasi seputar cadangan mata uang asing plus negara-negara yang punya cadangan dalam jumlah besar. Semoga informasi di atas bermanfaat! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).