Bukan Jakarta, Ini Daftar Kota yang Jadi Tempat Tinggalnya Para Miliarder

Bukan Jakarta, Ini Daftar Kota yang Jadi Tempat Tinggalnya Para Miliarder

Ngomogin orang tajir emang gak ada habisnya. Kamu tahu gak, ternyata nih ada beberapa kota di dunia yang berisikan banyak sekali miliarder.

Banyaknya miliarder yang berada di kota tersebut gak tanggung-tanggung. Ada yang sampai 100 orang jumlahnya. Cukup mengejutkan kan jumlahnya?

Pengin tahu kota-kota mana aja yang menghasilkan miliarder terbanyak di dunia? Dilansir dari CNBC, berikut ini adalah kota-kota yang menjadi tempat lahirnya banyak miliarder dunia. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca juga: Harganya Tembus Rp 1 Triliun, Cuma Orang Super Tajir yang Bisa Beli Kapal Selam Ini

1. New York

New York kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)
New York kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)

Di peringkat pertama ada New York yang menjadi kota penghasil miliarder terbanyak di dunia. Jumlah yang tercatat mencapai 103 orang.

Mengapa kota di Amerika Serikat ini memiliki banyak orang tajir? Sebab New York menjadi pilihan yang tepat buat orang-orang yang mencari kemewahan. Di kota ini berpadu hal-hal yang dekat dengan kekayaan, mulai dari keuangan, perdagangan, perbelanjaan dan real estat.

Ada beberapa miliarder kenamaan yang tinggal di kota ini. Beberapa nama yang mungkin kamu kenal adalah Michael Bloomberg, David Koch, Carl Icahn, Ronald Perelman, Leonard Blavatnik, Samuel Newhouse Jr., Rupert Murdoch, hingga Henry Kravis.

Baca juga: Dengan Bertani, Orang-Orang Ini Kumpulkan Harta Puluhan Triliun Rupiah

2. Hong Kong

Hong Kong kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)
Hong Kong kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)

Kota kedua yang menjadi kotanya para miliarder adalah Hong Kong. Jumlah miliarder di kota ini  mencapai 93 orang. Pertumbuhan ekonomi yang bagus sangat mendukung lahirnya orang-orang tajir di kota ini.

Kabarnya nih, Hong Kong disebut-sebut bakal bisa menyalip New York sebagai kota nomor satu penghasil para miliarder. Sebab, kalau pertumbuhan ekonomi yang didukung kondisi pasar keuangan global bagus, kemungkinan tersebut bisa menjadi kenyataan.

Sepanjang 2018, Forbes mencatat beberapa miliarder Kota Hong Kong yang punya kekayaan miliaran dolar atau triliun. Beberapa miliarder yang tinggal di Hong Kong yaitu Li Ka-shing, Lee Shau Kee, Lui Che Woo, Thomas dan Raymond Kwok, serta Joseph Lau.

Baca juga: Ada yang Omzetnya Rp 637 Triliun, Inilah 10 Produsen Senjata Terbesar Sejagat

3. San Francisco

San Francisco kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)
San Francisco kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)

Satu lagi nih kota di Amerika Serikat yang dihuni banyak miliarder, yaitu San Francisco. Jumlah miliarder di kota ini mencapai 74 orang.

Keberadaan Silicon Valley yang menjadi tempat lahirnya raksasa teknologi dunia, seperti Facebook, Apple, Tesla, Uber, dan Google, turut andil dalam peningkatan jumlah orang-orang tajir di San Francisco.

Tercatat ada beberapa orang super tajir yang tinggal di kota ini. Mereka adalah Mark Zuckerberg, Larry Ellison, Larry Page, Sergey Brin, Elon Musk, Laurene Powell Jobs, Dustin Moskovitz, Eric Schmidt, hingga Charles Schwab.

4. Moscow

Moscow kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)
Moscow kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)

Ibu kota Rusia ini juga menjadi tempat lahirnya banyak miliarder. Tercatat kota ini memiliki orang-orang tajir yang jumlahnya mencapai 69 orang.

Salah satu faktor yang mendorong Kota Moscow memiliki banyak miliarder adalah sentralisasi yang berpusat di ibu kota ini. Aliran keuangan yang berasal dari sektor perdagangan menuju kota ini. Gak heran kalau Moscow berkembang lebih pesat.

5. London

London kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)
London kota yang punya banyak miliarder. (Pixabay)

Kota berikutnya yang dihuni banyak miliarder adalah London. Sebanyak 62 orang tajir tinggal di ibu kota Inggris ini.

Ada satu alasan yang kemungkinan kuat menjadi sebab kenapa kota ini memiliki banyak orang tajir. Kebijakan pajak yang relatif lunak dinilai menjadi daya tarik yang memikat orang-orang kaya tinggal di London.

Sejumlah miliarder yang tinggal di London antara lain Srichand dan Gopichand Hinduja, Roman Abramovich, Alisher Usmanov, Lakshmi Mittal, hingga Richard Branson.

Nah, itu tadi kota-kota yang menjadi tempatnya para miliarder. Gak cuma menjadi tempat tinggal, kota-kota tersebut juga udah melahirkan miliarder-miliarder baru setiap tahunnya. Ke depan gak menutup kemungkinan posisi daftar kota tersebut bisa berubah. (Editor: Ruben Setiawan)

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.