Bukan Sebastian Vettel, Ini 7 Pembalap F1 Terkaya Sejagat yang Hartanya Capai Rp 10 T!

Menjadi pembalap F1 tak semua orang bisa lakukan. Butuh kemampuan serta kesabaran mengemudi di atas rata-rata orang pada umumnya. Karena itu, pantas saja para pembalap ini memiliki pendapatan fantastis. 

Selama ini, kita mengenal ajang balap F1 identik dengan kehidupan yang glamor di dalam maupun luar lintasan. Anggapan seperti itu gak salah sepenuhnya karena olahraga ini terbilang mahal dan membutuhkan biaya yang gak sedikit untuk digelar.

Salah satu anggaran paling mahal adalah dari gaji para pembalap yang terbilang sangat fantastis. 

Lewis Hamilton yang aja yang punya bayaran tertinggi mendapat uang sampai US$ 57 juta atau setara Rp 796 miliaran untuk musim 2019.

Meski begitu, gelar pembalap F1 terkaya di dunia ternyata bukan disandang mereka yang berasal dari Inggris. Yuk, kita simak daftar lengkapnya berikut ini:

7. Jenson Button – Rp 1,4 triliunan

Pembalap
Pembalap Jenson Button (sportskeeda.com)

Seperti dikutip dari Sports Keeda, di urutan ketujuh ada Jenson Button yang lahir di Kota Frome, Inggris, pada 19 Januari 1980. Pria berzodiak Capricorn ini udah pensiun sejak tahun 2017 lalu.

Bersama dengan tim Brawn GP tahun 2009, dia berhasil menjadi juara dunia mengalahkan pesaing terdekatnya, yakni Fernando Alonso dan Lewis Hamilton.

Selama berkarier di dunia otomotif, Button telah berhasil mengumpulkan kekayaan mencapai Rp 1,4 triliunan.

Baca juga: Pantas Kaya! Segini Bayaran Petinju di 6 Pertandingan Termahal Dunia

6. Eddie Irvine – Rp 2,5 triliunan

pembalap
Pembalap Eddie Ervin (sportskeeda.com)

Selanjutnya, masih datang dari dataran Inggris. Ada pembalap lawas Eddie Irvine yang lahir tahun 1965. Saat ini, dia lebih memilih untuk mencari uang di luar dunia F1 yakni menjadi seorang pebisnis dan investor.

Semasa membalap, Eddie Irvine sempat bergabung dengan beberapa tim besar seperti Ferrari, Jaguar dan Jordan. Bahkan, sempat naik podium sebanyak 26 kali di sepanjang kariernya.

Dengan segala hasil usahanya itu Eddie Irvine berhasil meraup kekayaan sampai Rp 2,5 triliunan. 

5. Alain Prost – Rp 2,5 triliunan

pembalap
Pembalap Alain Prost (sportskeeda.com)

Kelima ada Alain Prost yang menandai pembalap F1 terkaya sepanjang masa. Alain lahir di Kota Loire, Prancis, pada 24 Februari 1955.

Alain Prost adalah juara dunia F1 4 kali pada 1985, 1986, 1989 dan 1993 bersama tim McLaren dan Williams. Kini Prost lebih memilih berkecimpung di ajang balap mobil listrik Formula E.

4. Kimi Raikkonen – Rp 2,8 miliaran

pembalap
Pembalap Kimi Raikkonen (sportskeeda.com)

Selanjutnya, ada Kimi Raikkonen pria yang lahir di Kota Espoo, Finlandia, pada 17 Oktober 1979. Dia sering dijuluki sebagai The Iceman karena sikapnya yang dingin menjawab pertanyaan para awak media pasca membalap.

Bersama dengan tim Ferrari tahun 2007, Kimi Raikkonen berhasil menjadi juara dunia untuk pertama kalinya. Ketika itu, dia bersaing ketat dengan Lewis Hamilton yang masih bersama McLaren.

Total kekayaan yang berhasil disimpan oleh The Iceman mencapai angka Rp 2,8 miliaran.

3. Fernando Alonso – Rp 3 triliunan

pembalap
Pembalap Fernando Alonso (sportskeeda.com)

Nah, kalau nama satu ini pasti kamu udah familiar banget, kan? Fernando Alonso adalah pembalap F1 terkaya ketiga di dunia saat ini. 

Meski sudah pensiun sejak tahun 2018 lalu, tapi Fernando memiliki karier yang cemerlang menjadi juara dunia sebanyak dua kali pada tahun 2005 dan 2006 bersama tim Renault berkontribusi besar atas cuan yang dikumpulkannya.

Harta kekayaan Fernando Alonso hingga hari ini tercatat menyentuh nominal Rp 3 triliunan.

2. Lewis Hamilton – Rp 3,9 triliunan

pembalap
Pembalap Lewis Hamilton (sportskeeda.com)

Di urutan kedua ada Lewis Hamilton yang lagi berjaya di ajang balap F1, beberapa tahun belakangan ini.

Pencapaian tersebut diraihnya bersama tim Mercedes semenjak tahun 2014 lalu di mana Hamilton telah meraih gelar juara dunia 2014, 2015, 2017 dan 2018. Sebelumnya, dia juga sempat meraih gelar yang sama tahun 2008 bersama McLaren Mercedes.

Pundi-pundi uang yang berhasil dikumpulkan oleh Lewis Hamilton sebanyak Rp 3,9 triliunan.

1. Michael Schumacher – Rp 10,9 triliunan

pembalap
Pembalap Michael Scumacher (sportskeeda.com)

Pembalap F1 yang menyabet gelar terkaya sepanjang masa adalah legenda hidup Michael Schumacher.

Bersama dengan tim Ferrari pria berkebangsaan Jerman ini telah membuat namanya dikenal hampir setiap orang di dunia ketika berjaya tahun 1990-an sampai 2000-an. Schumi tercatat telah tujuh kali menjadi juara dunia. Sebuah prestasi yang sangat membanggakan!

Sayangnya, kini kondisinya masih cukup memprihatinkan pasca kecelakaan saat bermain ski di akhir tahun 2013. Total harta kekayaan Michael Schumacher mencapai Rp 10,9 triliunan.

Itulah tujuh pembalap F1 terkaya di dunia sepanjang sejarah. Bisa dilihat bahwa uang Michael Schumacher terpaut dua sampai tiga kali lipat dari para pesaingnya yang lainnya.

Dan, yang bikin kaget adalah gak ada nama Ferrari Sebastian Vettel yang udah jadi juara dunia sebanyak empat kali. (Editor: Chaerunnisa)