Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Kekinian dan Profesional Berikut Contohnya

Sudah menyerahkan surat lamaran kerja hingga Curriculum Vitae, tapi belum juga mendapat undangan interview lanjutan? Kalau kondisi itu tengah kamu alami, bisa jadi ada yang salah tuh dengan cara buat surat lamaran kerja! Bisa jadi juga, kamu membuatnya dari contoh yang salah. Ini contoh surat lamaran pekerjaan yang pas buat kamu.

Sekadar diketahui, kekeliruan sedikit aja dalam penulisan surat lamaran dan CV bisa memengaruhi penilaian perekrut. Karena itu, penting sekali untuk kamu mengetahui gimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Kelihatannya surat lamaran ini cukup berperan ya? Tentu aja, keberadaan surat satu ini punya andil gak sedikit dalam urusan melamar pekerjaan.

Kalau begitu, seberapa penting adanya surat lamaran sehingga seperti keharusan dalam setiap melamar pekerjaan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Moneysmart udah bikin ulasannya buat kamu. Langsung aja yuk simak contoh surat lamaran pekerjaan berikut ini:

Contoh surat lamaran kerja bahasa inggris yang baik dan benar

Alasan harus membuat surat lamaran yang benar (Shutterstock)

Rupanya, surat lamaran punya peranan yang cukup diperhitungkan karena masih banyaknya perekrut yang menjadikan surat lamaran sebagai pertimbangan pengambilan keputusan.

Apalagi, banyak perekrut menginginkan surat ini dalam lamaran yang dikirimkan. Menurut studi yang dilakukan CareerBuilder, sebanyak 49 persen manajer memandang surat lamaran sebagai poin plus.

5 poin penting kenapa perlu ada surat ini

Lauren Nelson, seorang profesional di bidang komunikasi, menganggap keberadaan surat lamaran sebagai first impression dari pelamar.

Dia menguraikan lima poin dalam sebuah postingan di Linkedin kenapa surat lamaran alias cover letter itu penting.

  • Surat lamaran atau cover letter yang dibuat dengan baik dan benar bisa menyakinkan perekrut kalau isi CV atau resume yang kamu buat benar.
  • Menyertakan surat lamaran menandakan kalau si pelamar dapat mengikuti instruksi sederhana yang ada dalam prosedur melamar kerja.
  • Menulis cover letter gak ubahnya berkomunikasi ke perekrut  kalau pengalaman atau keterampilan yang dimiliki si pelamar relevan dengan posisi yang dicari.
  • Penulisan cover letter yang baik dan benar mencerminkan baiknya kemampuan komunikasi yang dimiliki si pelamar.
  • Surat lamaran menjadi bukti keseriusan si pelamar dalam mendapatkan pekerjaan yang ditawarkan.

Sampai sini udah jelas kan sekarang kenapa surat lamaran kerja yang baik dan benar itu masih diminta? Jadi, mulai dari sekarang jangan pernah abaikan peran dari surat lamaran kalau pengin mendapatkan pekerjaan.

Agar sesuai dengan harapan perekrut, ada beberapa poin yang perlu ada dalam surat surat lamaran. Apa aja? Simak terus ulasannya berikut ini:

Poin-poin yang harus ada di contoh surat lamaran pekerjaan

Poin-poin yang harus ada dalam surat lamaran (Shutterstock)

Masih ada aja pelamar yang memandang sebelah mata surat lamaran. Itu sebabnya gak sedikit pelamar yang asal-asalan membuat surat lamaran.

Di sini kamu perlu tahu poin-poin kunci yang wajib ada dalam setiap surat lamaran kerja. Dikutip dari The Balance Careers, berikut ini poin-poinnya:

1. Informasi pribadi atau contact information

Poin yang satu ini jelas harus ada. Gimana perekrut bisa tahu surat lamaran ini dari siapa kalau informasi pribadinya gak ada? Dalam poin ini, ada beberapa hal yang perlu dimuat.

  • Nama
  • Alamat
  • Nomor telepon atau handphone
  • Alamat email
  • Alamat Linkedin (kalau ada)

Posisikan informasi pribadimu di tengah-tengah surat lamaran kerja, dan pastikan alamat email yang disertakan tetap profesional.

Lalu, masukkan informasi pihak yang dikirimi surat lamaran. Mulai dari nama, posisi, nama perusahaan, hingga alamat perusahaan. Masukan informasi ini di bawah informasi pribadimu dengan posisi di rata kiri.

2. Salam pengantar

Setelah menulis informasi pribadi, tuliskan di bawahnya salam surat pengantar. Di sini kamu harus tahu nih kepada siapa salam ini disampaikan.

Biasanya dalam apply pekerjaan secara online di situs lowongan kerja, kamu bakal dihubungi atau dikirimkan email kepada siapa kamu bertemu nanti.

Dari informasi tersebut, kamu jadi tahu harus tulis salam Kepada Yth. Bapak …. atau Kepada Yth. Ibu …. . Katakanlah surat lamaran kerja yang dikirim berbahasa Inggris, itu berarti penulisannya Dear Mr. …. Atau Dear Mrs. …. .

3. Isi surat lamaran

Pastikan perekrut tahu posisi apa yang kamu lamar dan kenapa kamu menjadi pilihan yang tepat. Ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam penulisan pengantar ini.

  • Paragraf pertama berisi alasan kamu menulis surat lamaran dan beri tahu informasi yang spesifik buat perekrut tinjau agar jadi pertimbangan.
  • Paragraf kedua berisi penawaran kamu ke perekrut atau perusahaan berkaitan dengan posisi yang dilamar. Ceritakan kompetensi yang kamu miliki secara ringkas dan jelas. Sebab, muatan dalam paragraf ini sangat efektif dalam menarik perhatian perekrut.
  • Paragraf ketiga berisi ucapan terima kasih atas kesediaan perekrut buat membaca surat lamaran dan sarankan perekrut buat menghubungi kamu di kontak yang kamu beri.

4. Membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, jangan lupa tambahkan bagian penutup

Setelah mencantumkan isi surat lamaran, jangan lupa buat menulis penutup. Isi penutup sendiri berupa salam hormat kemudian diikuti nama lengkap kamu. Gunakan salam yang sifatnya formal dan hindari salam yang informal.

Contoh surat lamaran pekerjaan yang salah

Contoh surat lamaran yang salah (Shutterstock)

 

 

Jakarta, 02 April 2019

 

Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.

Kepala PT Besok Masih Buka

Jakarta

 

Dengan hormat,

Seperti informasi yang saya peroleh bahwasannya di PT Besok Masih Buka tersedia lowongan pekerjaan. Saya memiliki keinginan untuk melamar dan menduduki posisi pekerjaan di perusahaan tersebut. Adapun bagian yang ingin saya tempati adalah staff produksi di PT Besok Masih Buka.

Izinkan saya mengenalkan diri dalam data berikut ini :

Nama: Okbud

Alamat: Jl. Serong Kiri Kanan No. 69

Tempat dan Tggl. Lahir: Jakarta, 29 Februari 1992

Pendidikan Terakhir : SMA

Telp : 081 234 567 869

Sekarang saya dalam kondisi sehat tidak sakit apapun, kondisi saya sempurna dan lincah dalam bekerja, memiliki prinsip yang kuat dan pekerja keras tentunya. Saya juga menguasai Microsoft Office dengan sangat mahir.

Berikut lampiran untuk bahan pertimbangan:

  1. Curriculum Vitae ( CV )
  2. FC Ijazah Terakhir yang telah Dilegalisir asli
  3. FC Transkip Nilai yang telah Dilegalisir asli
  4. FC Kartu Keluarga
  5. FC Sertifikat
  6. Surat Pengalaman Pekerjaan
  7. Pas Foto Terbaru ukuran 4X6

Demikianlah surat lamaran pekerjaan yang saya buat ini, saya ucapkan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu pimpinan.

 

Hormat Saya

 

(Okbud)

 

 

Surat lamaran kerja yang kamu baca barusan adalah contoh surat lamaran yang salah. Model surat lamaran tersebut udah gak sesuai lagi dengan situasi sekarang ini.

Udah ketinggalan zaman lah pokoknya! Jadi, jangan coba-coba melamar pekerjaan dengan surat kaya gitu ya!

Contoh lamaran pekerjaan yang benar

Contoh surat lamaran yang benar (Shutterstock)

 

Mas Har

Bintaro Raya No. 69, Jakarta – 0812 3333 2222 – [email protected]

 

2 April 2019

 

Budi Ok

Recruiter

PT Besok Terbit

Jalan Agung, Jakarta 12560

 

Kepada Yth. Bapak Budi,

Sebagaimana informasi di situs lowongan kerja PenginKerja.com, saya menulis surat ini dengan maksud untuk melamar posisi Content Writer di PT Besok Terbit atau BesokTerbit.id. Saya sertakan CV dan dokumen lain yang dapat Bapak tinjau untuk dipertimbangkan.

Sebagai informasi, saya sendiri memiliki pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam memproduksi konten-konten yang kreatif untuk keperluan media digital ataupun cetak. Saat ini saya masih bekerja di BeritaBaru.com sebagai Jurnalis.

Selama di BeritaBaru.com saya memproduksi banyak berita dan melakukan wawancara dengan beragam narasumber. Kini saya terbuka untuk menerima kesempatan yang lebih besar yang nantinya bisa memberi kontribusi bagi perusahaan dan diri saya.

Terima kasih atas waktu dan pertimbangannya. Saya akan menanti kabar baik dari Bapak Budi dengan menyampaikannya ke nomor 0812 3333 2222 dan alamat email [email protected]

 

Salam hormat,

 

Mas Har

 

 

Contoh surat lamaran yang barusan kamu baca ditulis berdasarkan poin-poin yang udah disampaikan sebelumnya. Dalam surat ini, kamu bisa melihat gimana isinya berusaha menyakinkan perekrut kalau si pelamar adalah orang yang tepat.

Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris

 

 

Indra Soleh

Bandung Raya No. 69, Jawa Barat – 0813 4444 6666 – [email protected]

 

April 2, 2019

 

Mas Har

Lead Design

Gambar Pelangi

Jalan Putihan, Jakarta 12345

 

Dear Mr. Har,

I am writing to apply for the position of Creative Designer at Gambar Pelangi as advertised on the city’s careers web page. I have included my resume for your consideration.

In addition to experience as a Senior Creative Designer, I have an excellent knowledge of Adobe and typography. Most recently, I worked for Lukis Gunung in Jakarta as Junior Creative Designer. While I was there, I developed a training program for new hires. However, I had to leave my job due to a move to your city.

Thank you for your time and consideration. I will follow up next week to see if I can offer any more information about my skills and experience. My cell phone is 0813-6969-9999 and my email is [email protected]

 

Best regards,

 

Indra Soleh

 

 

Nah, itulah informasi seputar surat lamaran pekerjaan , cara membuatnya dan contoh lamaran pekerjaan. Meski keberadaannya cukup berperan, kamu harus tahu kalau pengalaman kerja yang dimiliki paling menentukan.

Sementara buat fresh graduate, nilai akademik dan pengalaman magang menjadi penentu apakah surat lamaran kerja kamu diterima atau ditolak. Semoga informasi soal contoh surat lamaran pekerjaan barusan bisa bermanfaat ya buat kamu! (Editor: Chaerunnisa)