Cari Pinjaman? Ini 3 Pilihan di Pegadaian dan Syarat Pengajuannya

Kalau selama ini orang bakal memilih bank sebagai tempat meminjam uang, tapi kini kamu juga udah bisa mengajukan pinjaman di Pegadaian lho. Jenis pinjaman di sini beragam. Prosesnya pun cepat dan mudah.

Ya, selain tempat buat menjaminkan barang dan membeli emas, Pegadaian kini juga hadir buat memberikan solusi kepada masyarakat. Pegadaian secara resmi memiliki izin buat memberikan pembiayaan kepada masyarakat yang membutuhkan dana cepat.

Program pinjaman tersebut tentu aja bisa membantu masyarakat buat memulai atau mengembangkan usaha. Ya asalkan memenuhi persyaratan yang udah ya.

Seperti yang dilansir dari situs resmi Pegadaian, berikut tiga jenis pinjaman di Pegadaian serta persyaratannya.

1. KCA (Kredit Cepat Aman)

Pinjaman KCA Pegadaian (bisnis)

KCA adalah jenis pinjaman yang paling populer di Pegadaian. Seperti namanya, pinjaman yang satu ini merupakan solusi yang tepat buat masyarakat yang pengin mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan juga aman.

KCA adalah kredit dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah, baik buat kebutuhan konsumtif maupun produktif.

Buat mendapatkan pinjaman ini, kamu hanya perlu datang ke kantor Pegadaian dengan membawa agunan seperti perhiasan emas, laptop, handphone, dan barang elektronik lainnya.

Jumlah pinjaman dimulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 500 juta. Pencairan uang dapat dilakukan hanya dalam waktu 15 menit.

Jangka waktu pinjamannya maksimal empat bulan dan dapat diperpanjang dengan cara mengangsur sebagian uang pinjaman.

Persyaratannya:

  • Fotokopi kartu identitas diri yang masih berlaku seperti KTP, SIM, atau paspor.
  • Menyerahkan agunan. Jika pengin menjaminkan kendaraan bermotor maka kamu diharuskan buat membawa BPKB dan juga STNK asli.
  • Nasabah menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).

2. KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran)

Pinjaman KRASIDA Pegadaian (okezone)

Terkadang kamu membutuhkan dana yang gak sedikit, seperti biaya masuk perguruan tinggi, renovasi rumah, atau biaya pernikahan.

Nah, seringkali banyak orang yang kebingungan gimana mendapatkan pinjaman dalam jumlah yang besar. Kini kamu gak perlu khawatir, karena Pegadaian memiliki fasilitas buat memenuhi kebutuhan kamu itu, namanya KRASIDA (Kredit Gadai Sistem Angsuran).

Buat mengajukan jenis pinjaman yang satu ini, kamu hanya perlu mendatangi kantor Pegadaian dengan membawa berbagai dokumen persyaratan seperti:

  • Kartu identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Menyerahkan agunan atau jaminan seperti emas atau kendaraan bermotor lengkap dengan STNK, BPKB, serta faktur pembelian.

Keuntungan dari jenis pinjaman KRASIDA ini adalah:

  • Pinjaman mencapai 95 persen dari nilai taksiran angsuran.
  • Waktu pinjaman mulai dari 6, 12, 24 hingga 36 bulan.
  • Angsuran setiap bulan tetap.
  • Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Pinjaman mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 250 juta.

3. Kreasi

Pinjaman Kreasi Pegadaian (liputan6)

Pegadaian juga memiliki jenis pinjaman yang ditujukan buat kamu yang pengin mengembangkan bisnis, namanya Kreasi.

Kreasi memberikan pinjaman dengan sistem Fidusia. Dalam sistem ini barang yang dijadikan jaminan atau agunan hanya surat-surat kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotokopi STNK dan faktur pembelian. Jadi, kendaraannya sendiri masih tetap bisa kamu gunakan.

Namun, buat mengajukan pinjaman Kreasi ini kamu harus memiliki usaha yang masuk ke dalam kriteria Pegadaian, salah satunya adalah usaha telah berjalan minimal selama satu tahun.

Berikut persyaratannya:

  • Identitas diri seperti KTP.
  • Kartu Keluarga.
  • Surat nikah bagi yang udah menikah.
  • Dokumen kepemilikan kendaraan seperti BPKB asli, STNK, dan faktur pembelian atau Bukti Pemilik Hak Tempat Berjualan (BPHTB).

Proses pinjamannya terbilang mudah dan cepat. Kamu bisa mendapatkan pinjaman cukup besar, mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 200 juta.

Itulah tiga jenis pinjaman yang bisa kamu dapatkan dari Pegadaian. Buat informasi lebih lanjut silakan mendatangi langsung kantor Pegadaian atau menghubungi call center-nya di 1500569.