Cashless Society Makin Populer, Ini 4 Tanda-Tandanya

Sadar nggak sih saat ini era masyarakat tanpa uang tunai atau cashless society makin terasa dampaknya bagi masyarakat. Terutama bagi generasi milenial nih yang paling dominan terpapar dampaknya.

Lembaran uang kertas atau bahkan uang koin dalam dompet mungkin sudah jarang banget nih ditemui dalam dompet generasi milenial. Perubahan ini seiring dengan masifnya transaksi online atau mobile payment yang hanya membutuhkan ponsel pintar dan jaringan internet.

Selain kecepatan, kemudahan, dan hemat waktu dan tenaga, mobile payment juga makin marak karena promosi yang kian gencar setiap harinya dan semakin banyak perusahaan yang menggarap potensi ini.

Nah, sadar nggak sadar, ada 5 perubahan gaya hidup generasi milenial akibat transaksi tanpa uang tunai makin populer.

1. Makin Sering Dengar “Duh nggak bawa uang cash nih!”

Salah satu dampak paling terasa saat ini adalah mulai malasnya orang membawa uang tunai atau cash. Hal ini disebabkan perubahan gaya hidup yang mulai bergeser. Mulai dari berangkat kerja menggunakan transportasi online pasti dominan menggunakan mobile payment.

Belum lagi yang menggunakan transportasi publik akan memilih pembayaran dengan e-money atau uang dalam kartu elektronik.

Saat makan siang atau membeli makan akan menggunakan mobile payment atau pesan melalui food delivery online. Nah beberapa kebutuhan mendasar ini yang sudah bisa dipenuhi tanpa transaksi uang kertas. Dampaknya pasti membawa uang cash dalam jumlah yang kecil atau sangat terbatas.

2. Dompet Mulai Ditinggalkan

Popularitas dompet sebagai tempat untuk menyimpan dan membawa uang akan semakin menurun. Selain memerlukan ruang untuk menyimpan baik itu dalam tas atau pun kantong saku, membawa dompet juga riskan pencopetan.

Faktanya saat ini banyak orang yang hanya membawa card holder atau wadah pengganti dompet. Ini untuk membawa berbagai dokumen penting seperti KTP, kartu ATM, SIM, hingga kartu elektronik pembayaran.

3. Kartu ATM Bukan Segalanya

Jika dahulu ketinggalan dompet dan kartu ATM menjadi masalah besar, kini keduanya mulai tergantikan dengan ponsel pintar. Terlebih saat ini sudah banyak toko ritel sudah menerima transaksi pembayaran melalui mobile payment, maupun uang elektronik.

Tak hanya itu, saat inipun masyarakat sudah bisa tarik tunai di ATM tidak lagi menggunakan kartu ATM tetapi dengan aplikasi mobile banking pada aplikasi ponsel pintar.

Selain itu membawa kartu ATM fisik juga rentan dengan tertinggal pada mesin ATM ataupun terjatuh.

4. Ponsel Pintar Paling Penting

Jika dahulu ketinggalan dompet masalah penting, saat ini yang menjadi masalah besar adalah ketinggalan smartphone. Sebab saat ini ponsel pintar telah menjelma menjadi andalah untuk melakukan transaksi apapun yang dibutuhkan.

Tempat-tempat seperti kafe, restoran, minimarket, gym, salon, hingga tempat rekreasi telah menawarkan pilihan metode transaksi tunai atau non-tunai. Ini bisa diperoleh secara online, atau scan barcode pada outlet yang tersedia.

Adanya pilihan transaksi non-tunai ini yang membuat ponsel menjadi barang paling penting. Nah gimana? Lebih memilih ketinggalan dompet atau ponsel? yang penting tetap bertansaksi dengan aman dan nyaman ya, dan jangan lupa investasi.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah