Dihadiri Ribuan Peserta, Jakarnaval 2019 Sukses Tampilkan Keunikan Budaya Ibu Kota

Salah satu Calender of Event (CoE) pariwisata Indonesia Jakarnaval 2019 menjadi ajang khusus untuk menampilkan keunikan budaya ibu kota.

Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Management CoE Esthy Reko Astuti mengatakan, warga Jakarta patut berbangga diri karena memiliki karnaval yang unik dan beragam. 

Apalagi, lanjut Esthy, konsepnya sangat berbeda dengan karnaval-karnaval lainnya yang ada di Indonesia dan semakin melengkapi konsep karnaval di Tanah Air.

“Jakarnaval bukan hanya berisi parade seni budaya, tetapi juga berisi berbagai keunggulan Kota Jakarta. Lihat saja parade kendaraan hias yang memamerkan ikon pariwisata dari 5 daerah di Jakarta. Belum lagi berbagai kemajuan teknologi dan pembangunan di Jakarta,” kata Esthy. 

Baca juga: Pariwisata Indonesia Bisa Jadi Kunci Hadapi Dampak Perang Dagang AS-China

Jakarnaval 2019 Satu Atraksi yang Menarik Minat Wisatawan

Jakarnaval 2019
Reog Ponorogo meramaikan Jakarnaval kemarin (Dok: Kemenpar).

Pada kesempatan yang sama, Gubernur DKI Anies Baswedan dalam sambutannya, menyebut warga Jakarta akan lebih sering melihat karnaval. Karena, karnaval menjadi salah satu atraksi yang menarik dalam mengundang wisatawan. Dengan itu diharapkan laju perekonomian dari kepariwisataan akan semakin kencang.

“Kami harapkan karnaval ini menjadi karnaval yang menyenangkan dan insyaallah warga Jakarta akan bisa lebih sering merasakan karnaval seperti ini,” kata Anies.

Anies juga menyadari ketika puluhan ribu orang berkumpul menyaksikan sebuah karnaval maka yang sangat merasakan manfaatnya adalah mereka yang bergerak di sektor informal utamanya pelaku usaha mikro kecil.

Selain itu, para penampil juga memberikan performa yang sangat atraktif misalnya penampilan kesenian Reog Ponorogo. Tampil setelah Marching band, para penari reog seolah tak kenal lelah beratraksi. Bahkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan pun diangkat naik ke atas kepala Reog. 

Jakarnaval 2019
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri Jakarnaval kemarin (Dok: Kemenpar)

Jakarnaval masih terus berlanjut hingga malam hari, termasuk pada malam puncak Jakarnaval 2019 di Monas. Panggung ini sangat istimewa karena menampilkan deretan artis papan atas ibukota. Ada Krisdayanti, Iwa K, Ada Band, dan Irma Darmawangsa.

Sentra kuliner dan cinderamata IRTI di Monas tak sedikit pun sepi pengunjung. Begitu juga pedagang minuman kaki lima yang biasa berjualan di seputaran Monas. Semua tampak sibuk melayani wisatawan yang datang. 

Baca juga: Terkenal Menguras Biaya Cukup Banyak, 7 Destinasi di Labuan Bajo Ini Justru Gratis

Ajang Promosi Wisata Jakarta

Jakarnaval 2019
Jakarnaval sebagai ajang promosi wisata di Jakarta (Dok: Kemenpar)

Bukan sekedar parade semata, Jakarnaval merupakan salah satu kegiatan mempromosikan wisata yang ada di Ibu Kota. Mengingat Jakarta merupakan salah satu greater pintu masuk wisatawan terbesar ke Indonesia.

“Jakarta merupakan salah satu dari tiga greater selain Bali dan Kepulauan Riau. Di Jakarta sendiri ada beberapa event yang masuk ke 100 Calendar of Event, salah satunya Jakarnaval. Ini semua atraksi untuk mendukung pencapaian target 20 juta wisatawan mancanegara. Apalagi kontribusi Jakarta untuk memenuhi target wisman sendiri cukup besar,” ujar Esthy.

Dihadiri Dubes dan Wisatawan

Jakarnaval 2019
Kemeriahan Jakarnaval 2019 (Dok: Kemenpar)

Asdep Pemasaran Regional II Kemenpar, Adelia Raung menambahkan acara ini juga dihadiri oleh para Duta Besar (dubes) dan wisatawan asing. “Dengan kegiatan ini, kami berharap bisa banyak mendatangkan wisman dan tentunya perwakilan duta besar negara sahabat di Jakarta,” kata Adelia Raung.

Adelia meyakini, Jakarnaval 2019 mampu menarik perhatian wisatawan asing. Apalagi kegiatan ini menjadi puncak peringatan ulang tahun Jakarta ke-492. Dia juga mengatakan kegiatan yang sudah berlangsung baik dan konsisten, terlebih berskala besar dan sudah dikenal luas patut didukung penuh.

Dalam hal ini, kata Adelia, dukungan Kemenpar diberikan dalam bentuk berbagai kegiatan bertema Jakarnaval 2019, promosi media, pemberitaan dan lain-lain.

Baca juga: Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital pada 2019

Diikuti 5.000 Peserta

Jakarnaval 2019
Karnaval ini diikuti ribuan peserta (Dok: Kemenpar).

Melansir laman Liputan6, Kepala Bidang Pemasaran Area Jakarta-Banten Ni Komang Ayu Astiti mengatakan, Jakarnaval 2019 diikuti oleh sekitar 5.000 peserta. Para peserta ini berasal dari lima wilayah satu kabupaten di Jakarta. Selain itu juga diikuti oleh komunitas dari motor besar dan mobil antik serta perwakilan seniman.

“Mereka memeriahkan Ultah Jakarta 2019 dari pukul 15.00 hingga selesai. Jakarnaval dimulai pukul 15.30 start dari Balkot, Jalan Medan Merdeka. Iringan dari marching band, tarian kolosal, seniman jumping steel, kemudian diikuti oleh parade kendaraan hias,” kata Ayu.

Nah itu tadi keseruan Jakarnaval 2019 yang telah dihelat pada Minggu (30/6) kemarin. Semoga perayaan tahun depan bisa lebih maksimal dan seru lagi ya. Jangan lupa juga untuk ikut serta memeriahkannya guys! (Editor: Winda Destiana Putri).