Dipenjara Hingga Kena Pajak Penghasilan Tinggi, Ini 5 Risiko Gak Punya NPWP!

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan identitas yang diberikan oleh Ditjen Pajak kepada wajib pajak. Hal tersebut tertuang dalam pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007.

Kartu itu wajib dimiliki oleh perorangan yang sudah memiliki penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) selama satu tahun.

Gak cuma itu aja, semua badan usaha dan orang pribadi yang menjalankan usaha atau pekerjaan bebas seperti notaris, pengacara, dokter dan akuntan juga wajib memilikinya. Wajib pajak itu sendiri dibagi menjadi dua golongan yaitu orang pribadi dan badan.

Sayangnya hingga kini masih ada saja segelintiran orang yang enggan memiliki NPWP dengan berbagai alasan. Salah satu alasan yang sangat salah kaprah adalah beranggapan kalau gak punya berarti gak perlu bayar pajak. Karena gak rela kalau harus memangkas uang hasil kerja keras untuk membayar pajak.

Padahal dengan gak punya NPWP justru kamu harus membayar pajak lebih tinggi besar lho dibanding mereka yang memilikinya.

Bahkan parahnya lagi nih, kamu bisa di pidana penjara paling singkat 6 bulan dan paling lama 6 tahun karena dinilai tidak taat pajak. Serem banget kan?

Hal itu sesuai dengan Default ThumbnailSeperti Ini Faktur Pajak yang Wajib Dibuat Pengusaha Kalau Gak Mau Kena Sanksi Default ThumbnailSelain PPh dan PPN, Ini Jenis-Jenis Pajak yang Berlaku di Indonesia Default ThumbnailBayar Pajak Zaman Now Pakai e-Billing Aja! Begini Cara Kompletnya Default ThumbnailIni Lho Fungsi Nomor Pokok Wajib Pajak buat Pundi Tabunganmu Default ThumbnailBuat yang Punya Usaha Kecil-Kecilan, Gini Cara Hitung Pajak UMKM Terbaru