Fantastis! Sepatu Butut Ini Laku Terjual dengan Harga Rp 6,1 Miliaran

Sepatu Nike harganya jutaan mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana bila harganya mencapai miliaran rupiah?

Hal itu bukan mustahil, karena baru-baru ini lewat sebuah pelelangan, sepatu berlambang centang itu ada yang terjual sampai Rp 6 miliaran. Pelelangan dilakukan oleh Stadium Goods dan Sotheby yang bekerja sama untuk mengadakan pelelangan bertajuk ‘Ultimate Sneaker Collection’

Total sebanyak 100 buah sepatu super langka mereka pertontonkan kepada pemburu barang langka. Dan yang laku terjual dengan harga tertinggi adalah sepatu butut Nike Moon

Yang beruntung mendapatkannya adalah Miles Nadal, seorang investor dan kolektor mobil antik asal Kanada. Nadal memboyongnya dengan harga US$ 437.500 atau Rp 6,1 miliaran. Harga pembukaan untuk sepatu itu aja padahal cuma US$ 80.000 atau Rp 1,1 miliaran. 

Dari kondisinya, Nike Moon yang dilelang ini dalam kondisi yang super duper butut, gak layaklah untuk seharga Rp 6,1 miliaran. Yang membuatnya layak untuk ditebus dengan harga fantastis adalah karena sepatu itu menjadi saksi bisu perjalanan bisnis Nike. 

Gokilnya lagi nih, Nadal juga memborong 98 sepatu lainnya yang dilelang. Pokoknya, miliarder ini menghabiskan uang US$ 850.000 atau Rp 11,9 miliaran untuk membuat 99 sepatu langka jatuh ke pelukannya. 

Rencananya ia bakal memajang sepatu itu ke seluruh sepatu yang didapat itu di museum otomotifnya di Toronto. Kira-kira apa sih istimewanya sepatu Nike Moon seharga Rp 6 miliar itu? 

Sepatu paling awal yang diciptakan oleh Nike dan cuma ada 12 pasang

Sepatu Nike
Sepatu butut yang laku dijual miliaran rupiah

Nike Moon termasuk ke dalam tipe sepatu Nike paling awal dan ikonik. Diciptakan pada tahun 1972, sepatu ini dibuat khusus untuk atlet lari di Olimpiade 1972 Munchen. Sepatu butut ini dulu dipakai untuk uji coba para pelari dunia. Pantas saja kalau kondisinya udah butut banget gak karuan. Tapi meski tampilannya butut, sepatu ini masih bisa dipakai kok.

Selain dipakai oleh para atlet jaman dulu, yang bikin makin istimewa adalah sepatu ini dirancang langsung oleh co-founder Nike Bill Bowerman. Dan Nike Moon cuma diproduksi sebanyak 12 pasang untuk pasar di seluruh dunia. 

Sepatu super ringan 

Sepatu Nike
Sepatu super ringan

Sepatu Nike ini juga menjadi salah satu eksperimen Bill Bowerman dalam menciptakan sepatu yang ringan. Mengingat dirancang khusus untuk pelari, maka Bill memangkas habis berat sepatu sehingga seringan dan senyaman mungkin untuk dipakai berlari. 

Dulu sepatu lari Nike diproduksi dengan sol yang tajam dan berat karena terbuat dari besi. Nah Bill merasa hal tersebut sangat membebani performa dari penggunanya. 

Dikutip dari thevintagenews, suatu ketika Bill mendapati istrinya tengah memasak wafel. Dari cetakan wafel itu kemudian tercetuslah ide untuk menciptakan sol yang terbuat dari karet tapi dicetak di cetakan wafel. Alhasil sepatu lari ini beratnya bisa dipangkas satu ons! 

Guiness World Record menuliskan kalau 99 sepatu yang diboyong Nadal, termasuk sepatu Nike Moon ini, gak cuma dipajang di museumnya aja. Tapi bakal ada yang dibagi-bagikan ke teman, keluarga, dan beberapa lainnya dihibahkan untuk program amal. (Editor: Winda Destiana Putri).