Gaet Wisatawan, Bangka Belitung Kembali Gelar Festival Toboali City on Fire

Toboali City on Fire kembali dihelat oleh Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung dan didukung Kementrian Pariwisata Republik Indonesia. Memasuki tahun keempat di tahun 2019, kegiatan ini diharapkan mampu menjangkit kunjungan wisatawan lebih banyak lagi. 

“Penyelenggaraan kegiatan ini sudah masuk tahun keempat. Dengan komitmen membangun pariwisata Bangka Selatan menjadi lebih baik lagi,” kata Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan yang berlangsung di komplek GOR Junjung Besaoh, Toboali Bangka Selatan, Kamis (25/7). 

Dia menambahkan, pariwisata bisa memberdayakan perekonomian lokal guna mensejahterakan masyarakat. 

“Pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi sesuatu yang menjanjikan. Ditambah lagi target wisatawan milenial yang kini tengah menjadi target. Untuk itu diperlukan branding kuat dengan event. Sesuatu yg memiliki citarasa sendiri,” kata dia menambahkan. 

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Termahal di Dunia, Sampai Rp 2 Juta Semalam!

Festival yang berlangsung mulai 25-28 Juli 2019 resmi dibuka!

Toboali City on Fire
Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer resmi membuka festival ini yang berlangsung mulai 25-28 Juli 2019, (Foto: Kurniawan Widianto/Kementerian Pariwisata).

Sementara itu Staff Ahli Gubernur Bangka Belitung Toni Batubara mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu cara mempromosikan pariwisata di Bangka Belitung. Terlebih lagi kegiatan ini sudah berjalan selama empat tahun berturut-turut dan berhasil meningkatkan kehadiran wisatawan buat menikmati destinasi wisata menarik di sana.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pariwisata di Bangka Belitung, khususnya di Bangka Selatan semakin dikenal luas oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri. 

Baca juga: Bali hingga Itali! Ini 5 Gaya Liburan Maudy Ayunda yang Super Modis dan Stylish

Dimeriahkan berbagai stand pameran kerajinan tangan

Toboali City on Fire
Ini nih salah satu stand menarik yang ada di festival ini, (Foto: Philip Christoper/Genpi Bangka Belitung).

Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh berbagai stand kerajinan tangan masyarakat dan dinas setempat. Bukan hanya stand kuliner, melainkan juga produk-produk kerajinan seperti kerajinan tangan. 

Bukan hanya itu saja kegiatan yang dihelat selama empat hari ini juga bakal menampilkan Food Vlog Competition serta Toboali Expo 2019. Di hari ketiga akan menampilkan Toboali Food Street Festival dan kegiatan menarik lain hingga panggung hiburan yang akan diisi dengan band ternama. 

Toboali City on Fire merupakan event tahunan Kabupaten Bangka Selatan. Kegiatan ini dapat dimaknai kota dimana masyarakatnya penuh dengan semangat membara untuk membangun daerahnya yang juga melambangkan awal bangkitnya kepariwisaan Kabupaten Bangka Selatan. 

Toboali City on Fire
Tarian daerah setempat menyambut hari pertama Festival Toboali City on Fire, (Foto: Kurniawan Widianto/Kementerian Pariwisata)

Event ini merupakan kolaborasi dari beragam acara pengisi baik yang bersifat seni budaya, olahraga maupun pariwisata. Nah, demi melestarikan kebudayaan di negeri ini, kamu bisa lho tiap tahunnya buat datang ke Festival Toboali City on Fire di Bangka Selatan. 

Mau liburan gak mesti ke luar negeri yang banyak menghabiskan uang. Di negeri sendiri juga banyak kok event atau festival menarik buat didatangi, contohnya ya Toboali City on Fire ini. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)