Gak Usah Jauh-Jauh ke Eropa, 6 Destinasi Lokal Ini Versi KW-nya

Eropa adalah destinasi wisata impian bagi siapa aja, tapi mereka yang belum kesampaian buat ke Eropa masih bisa ke beberapa destinasi wisata Indonesia yang panoramanya mirip seperti tempat-tempat wisata Eropa. Memangnya betul ya, ada tempat di Indonesia yang seperti itu? Beneran kok!

Destinasi wisata Indonesia yang mirip Eropa ini tersebar di beberapa tempat di Pulau Jawa. Jadi, gak perlu tuh yang namanya repot-repot menyiapkan uang banyak buat transportasi. Naik kereta api pun jadi, deh!

Tanpa berlama-lama lagi, inilah destinasi wisata dalam negeri dengan citarasa Eropa yang patut kamu kunjungi.

Baca juga: 5 Provinsi Destinasi Wisata Halal di Indonesia, Termasuk Jakarta Lho!

1. Kota Lama Semarang

Kota lama Semarang. (Instagram/@kotalamasemarang)

Kota Tua Jakarta emang punya arsitektur khas Belanda. Tapi tempat wisata di Utara Jakarta itu gak “se-Eropa” Kota Lama Semarang.

Di Kota Lama Semarang, berdiri bangunan-bangunan tua dengan pintu besar, kaca patri, dan atap yang unik. Pokoknya, kota ini nuansanya mirip banget sama Belanda deh.

Di kawasan seluas 31 hektare ini, kamu bebas buat berselfie ria. Kalau kamu pake jaket overcoat pas lagi foto, orang-orang bakal mengira kamu lagi jalan-jalan ke Eropa beneran.

Gak heran kalau kemudian Kota Lama Semarang diberi julukan Little Netherland alias Belanda Kecil.

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Mahal, Salah Satunya bukan di Bumi Ini

2. Destinasi wisata Indonesia, Gunung Mutis NTT

Gunung Mutis di NTT. (Instagram/@ady_solle)

Letak Gunung Mutis, Nusa Tenggara Timur, emang jauh dari Jakarta. Tapi semua lelah waktu di jalan terbayar kalau kamu lihat pemandangan di sini.

Sebagai salah destinasi wisata Indonesia, Gunung Mutis menyuguhkan lansekap layaknya Eropa.

Gunung ini adalah gunung tertinggi di wilayah Soe. Di sana ada tanaman bonsai berumur ratusan tahun dan gugusan savana.

Dikutip dari Detik Travel, ketika mendaki gunung ini sampai ke puncaknya, maka kamu bakal berasa ada di pegunungan Eropa. Pemandangannya gak jauh beda sama gunung-gunung yang sering kamu lihat di film serial Game of Thrones atau Lord of The Ring.

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren di Hong Kong yang Bikin Liburanmu Makin Seru

3. Grand Hotel Universal Bandung

Grand Hotel Universal. (Instagram/@thefoodexplorer)

Pengin foto selfie seolah lagi di Museum Seni Nasional Catalonia, Spanyol? Buat apa jauh-jauh? Ke Bandung aja yuk, terus kita jalan deh ke Grand Hotel Universal. Mirip kok!

Hotel yang ada di Kota Kembang ini emang keren banget. Arsitekturnya mirip bangunan tua di negara-negara Eropa, apalagi ketika kamu lihat kubahnya.

Destinasi wisata Indonesia yang satu ini tentunya bisa kamu pilih jika pengin jalan-jalan melepas penat saat weekend.

Menginap di sana juga bisa kok, tapi biaya kamarnya semalam bisa mencapai Rp 1 jutaan. Yaa.. lumayan menguras kantong, sih.

Baca juga: Berasa di Ujung Dunia, Ini 8 Destinasi Wisata Kota Ushuaia Patagonia

4. Oro-oro Ombo Semeru

Oro-oro Ombo Semeru. (Instagram/@otwholiday)

Bila mendaki Gunung Semeru, Jawa Timur, kamu bisa melewati jalur Oro-oro Ombo. Itu adalah padang savana dengan hamparan bunga Verbena yang cantik banget.  

Destinasi wisata Indonesia yang satu ini mirip sama Taman Lavender yang ada di Provence, Prancis.

Bedanya, tanaman berwarna ungu yang ada di Oro-oro Ombo gak selebat yang ada di Provence. Tapi seenggaknya lumayan deh buat jadi latar foto.

5. Stonehenge Sleman

Stonehenge Sleman. (Instagram/@puthutardianto)

Bukan cuma Inggris yang punya Stonehenge, Indonesia juga punya. Stonehenge ala Indonesia ada Sleman, Yogyakarta, persisnya di lereng Gunung Merapi. Bentuknya mirip banget sama yang ada di Wiltshire, Inggris.

Buat masuk ke sana, pengunjung cuma butuh bayar tiket sebesar Rp 5.000 aja. Habis itu, bebas deh. Mau foto bisa, mau santai-santai juga boleh.

Buat yang belum tahu, stonehenge adalah bangunan yang dibuat pada zaman prasejarah Neolitikum. Bangunan ini didirikan oleh kaum Druid, digunakan buat tujuan yang erat kaitannya dengan astronomi.

6. Destinasi wisata Indonesia, Ranu Kumbolo

Ranukumbolo. (Instagram/@ranukumbolo.adventure)

Kita ke Semeru lagi nih guys. Asal kamu tahu nih, di sana ada wilayah yang bisa dijadikan tempat berkemah. Wilayah itu namanya Ranu Kumbolo.

Gak jauh dari Ranu Kumbolo, ada padang rumput yang dikelilingi bukit dan gunung. Alhasil pemandangan di situ benar-benar indah!

Padang rumput luas dan lereng gunung yang ditumbuhi pohon pinus bakal bikin kamu berasa ada di Seefeld Lake, Austria. Selain itu, sensasi Eropa juga bisa kamu rasakan di tempat ini, lebih tepatnya ketika kamu berada di pinggir danau Ranu Kumbolo.

Suhu di wilayah itu cukup dingin, malah bisa bikin menggigil. Beneran seperti Eropa, kan?

Itulah enam destinasi wisata Indonesia yang mirip banget sama Eropa. Sebagian besarnya emang destinasi alam, bukan miniatur kota. Kalau mau ke miniatur kota, kamu bisa mengunjungi Little Venice di Cipanas, Farm House di Lembang, atau Museum Angkut Malang.

Intinya, bakal seru banget deh mengajak keluarga buat liburan ke destinasi wisata Indonesia ini. Selain biayanya murah, gak perlu apply-apply visa pula.

Yuk kemon!