Gak Usah Panik Saat Kartu BPJS Hilang, Begini Cara Mengurusnya

Kartu BPJS hilang memang bikin ribet, pasalnya kamu harus meluangkan waktu untuk mengurusnya. Karena kalau gak secepatnya diurus, pas sakit kan jadi repot dong karena kamu harus ngeluarin uang sendiri untuk berobat.

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan jaminan hari tua yang lebih baik.

Jadi selama kamu bekerja, setiap bulannya gaji kamu akan dipotong untuk membayar iuran BPJS Ketenagakerjaan dan dapat kamu cairkan jika status kamu sudah tidak bekerja.

Terlebih lagi kini kamu sudah bisa mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan lewat online. Jadi semakin memudahkan kamu bukan?

Sama halnya dengan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan juga bertujuan untuk membantu masyarakat agar dapat berobat secara gratis.

Hal itu tentu sangat membantu masyarakat yang pengin berobat tapi tidak memiliki cukup biaya. Tapi di sini bukan berarti benar-benar gratis ya.

Pasalnya, setiap bulan kamu tetap harus membayar iuran. Akan tetapi, untuk veteran dan fakir miskin, dibayar secara penuh oleh pemerintah.

Nah, menurut situs resmi BPJS, kelas BPJS Kesehatan terbagi menjadi tiga, dengan biaya iuran yang berbeda setiap bulannya, yaitu:

Kelas III, biaya iuran per bulan sebesar Rp 25.500

Kelas II, biaya iuran per bulan sebesar Rp 51.000

Kelas I, biaya iuran per bulan sebesar Rp 80.000.

Jadi, buat yang kamu sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, kamu hanya perlu menunjukkan kartu BPJS-mu saat pengin berobat ke faskes yang kamu pilih.

Kamu pun bisa menikmati fasilitas berobat gratis, mulai dari biaya dokter hingga obat-obatan.

Karena itu, pentingnya kamu segera mengurus saat kartu BPJS hilang. Langkahnya juga gak sulit kok. Gak usah berlama-lama lagi, berikut cara mengurus kartu BPJS hilang. Yuk, simak!

Dokumen yang harus dipersiapkan

mengurus dokumen kartu bpjs hilang (batampos)

Untuk mengurus kartu BPJS hilang, baik itu BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan, ada beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu, seperti:

  • Meminta surat pengantar dari kantor tempatmu bekerja saat ini yang menyatakan bahwa kamu benar merupakan karyawan di perusahaan tempatmu bekerja.
  • Membawa fotokopi kartu BPJS. Kalau tidak ada, kamu bisa meminta pada HRD kantormu, karena biasanya HRD menyimpan semua data karyawan. Karena untuk mengurus kartu BPJS hilang, pihak BPJS memerlukan nomor kartu BPJS-mu.
  • Membawa identitas diri yaitu KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  • Membawa Kartu Keluarga (KK).
  • Membawa surat keterangan kehilangan dari Kepolisian terdekat yang menyatakan kalau kamu kehilangan kartu BPJS.

Lalu, bagaimana langkah mengurusnya?

langkah mengurus kartu bpjs hilang (moneysmart)

Jika semua dokumen yang diperlukan sudah lengkap, berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan, seperti:

  • Mendatangi kantor BPJS tempat kamu terdaftar sebagai peserta. Jika kamu tidak tahu dimana lokasi pastinya, kamu bisa menghubungi call center BPJS untuk menanyakan perihal hal tersebut.
  • Saat sampai di lokasi kantor BPJS, kamu bisa langsung mendatangi layanan pusat dan memberitahukan kalau kartu BPJSmu hilang dan ingin dibuatkan duplikatnya.
  • Pihak BPJS umumnya akan meminta segala dokumen yang diperlukan seperti yang sudah disebutkan di atas.
  • Setelah mengecek semua dokumen, proses pembuatan kartu BPJS-mu akan segera dikerjaan.
  • Untuk proses pencetakannya umumnya memakan waktu satu hari. Tapi dengan catatan sedang tidak ramai.
  • Proses pun selesai.

Nah, itu dia cara serta dokumen yang harus kamu perlukan untuk mengurus kartu BPJS hilang. Mudah bukan?