Habiskan Rp 22,3 Triliun! Ini 7 Stadion Termegah dan Termahal di Dunia, GBK?

Buat menggelar suatu acara atau event olahraga besar di sebuah negara biasanya pihak penyelenggara memanfaatkan stadion sebagai venue. Tapi dari sekian banyak negara yang mendirikannya, kira-kira stadion termegah di dunia mana dengan biaya pembuatannya paling mahal ya?

Gak cuma buat penyelenggaraan olahraga sepakbola, tempat yang satu ini sering dijadikan sebagai arena konser, acara kenegaraan bahkan perhelatan panggung politik. Salah satunya GBK yang kerap dijadikan acara politik. 

Salah satu alasan kenapa stadion menjadi pilihan paling favorit adalah kapasitasnya yang bisa menampung puluhan hingga ratusan ribu orang dalam satu waktu. Selain itu lokasinya yang strategis juga menjadi faktor lain buat dipertimbangkan.

Semua itu bukan tanpa konsekuensi, anggaran yang besar dan waktu gak sedikit menjadi hal mesti dipikirkan secara matang-matang. Mulai anggaran pembuatan hingga waktu pembangunannya yang cukup makan waktu sehingga bisa menjadi salah satu stadion termegah di dunia.

Daripada berlama-lama lagi mending kita lihat aja nih 7 stadion termegah di dunia dengan biaya pembangunan termahal, mengutip dari World Atlas.

Baca juga: Lionel Messi Jadi Atlet Termahal Dunia, Ini Penghasilannya!

7. Stadion Madison Square Garden – Rp 15,3 trilunan

stadion termegah di dunia
Stadion Madison Square Garden habiskan anggaran di angka Rp 15,3 trilunan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Masuk di urutan paling bontot ada Madison Square Garden yang berada di kota New York, Amerika Serikat. Berdiri di atas lahan 76.000 meter persegi. Stadion ini bisa menampung sampai 20 ribuan penonton.

Beberapa olahraga yang rutin dilakukan di Madison Square Garden adalah basket, ice hockey dan tinju. Acara gulat Smackdown juga sering mampir ke tempat ini buat mempertontonkan aksi gulat para jawara WWE Smackdown. Biaya yang dihabiskan buat pembangunan Madison Square Garden ditaksir mencapai Rp 15,3 triliun.

Baca juga: Cara Membuat Rapat Kerja yang Efektif ala Orang Terkaya di Dunia

6. Saint-Petersburg Stadium – Rp 15,5 triliunan

stadion termegah di dunia
Saint-Petersburg Stadium habiskan anggaran pembangunan mencapai Rp 15,5 triliunan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selanjutnya berada di tanah Rusia yakni Saint-Petersburg Stadium yang didirikan pada tahun April 2017. Dibuat secara khusus buat menyukseskan perhelatan ajang pesta sepakbola World Cup 2018.

Bangunan ini memiliki 7 lantai dan ketinggiannya mencapai 79 meter. Selain itu kehebatan Saint-Petersburg Stadium adalah atapnya bisa digeser sesuai kebutuhan meski di musim dingin yang tertutup salju. Kapasitasnya sendiri mencapai 64 ribuan orang.

Anggaran yang dibutuhkan oleh pemerintahan Vladimir Putin ketika itu mencapai Rp 15,5 triliunan.

Baca juga: Karena Anggaran Militernya Kecil Indonesia Disebut-Sebut Lemah, Benarkah?

5. Stadion Wembley – Rp 18,8 triliunan

stadion termegah di dunia
Stadion Wembley juga terbilang termegah di dunia dengan anggaran pembangunan cukup menghabiskan uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Berada di posisi kelima yakni arena kebanggan warga Inggris, Stadion Wembley. Buat penggemar sepakbola pasti udah mengenal banget nama stadion yang satu ini karena sering digunakan buat laga akbar. Kapasitasnya sendiri mencapai 80 ribuan penonton tergantung penggunaannya.

Selain pertandingan bola tempat ini paling sering digunakan untuk konser penyanyi kelas dunia seperti Beyonce, Adele dan Bon Jovi. Biaya pembangunannya sendiri menghabiskan sekitar Rp 18,8 triliun saat dibangun tahun 2007 lalu.

4. AT&T Stadium – Rp 19,5 triliunan

stadion termegah di dunia
AT&T Stadium habiskan biaya mencapai Rp 19,5 triliunan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Balik lagi ke Amerika Serikat kali ini ada AT&T Stadium yang berada di kota Arlington, Texas. Kapasitas venue ini bisa menampung sampai 100 ribu penonton lho.

Sebagian besar waktu tempat ini dihabiskan buat olahraga American Football yang menjadi kandang klub Dallas Cowboys. Selain itu AT&T Stadium juga dipakai buat arena konser dan tinju.

Biaya pembangunan yang dibutuhkan buat mendirikan AT&T Stadium ini mencapai angka Rp 19,5 triliunan.

3. Olympic Stadium – Rp 20,5 triliunan

stadion termegah di dunia
Olympic Stadium habiskan biaya mencapai Rp 20,5 triliunan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di urutan ketiga ada Olympic Stadium yang lokasinya berada di kota Montreal, Kanada. Kapasitas dari stadion ini mencapai 73 ribu ketika pertama kali dibangun tahun 1976.

Sesuai namanya tempat ini khusus dibuat buat penyelenggaraan pesta olahraga terbesar di dunia yakni Olimpiade tahun 1976 di Kanada. Selain karena kapasitasnya yang membuatnya beranggaran lumayan mahal karena desain gedungnya unik menyerupai UFO.

Kocek yang harus dikeluarkan buat membiayai proyek ini mencapai Rp 20,5 triliunan.

2. Yankee Stadium – Rp 21 triliunan

stadion termegah di dunia
Yankee Stadium habiskan anggaran mencapai Rp 21 triliunan buat pembangunannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yankee Stadium dibangun di kota New York, Amerika Serikat di tahun 2009 demi keperluan olahraga Baseball klub Yankee. Stadion termegah di dunia ini emang sangat tersohor banget nih bagi pecinta olahraga Baseball.

Tercatat rekor jumlah penonton yang bisa masuk ke dalam tempat ini menyentuh angka 54 ribuan. Selain Baseball di sini juga mampu menggelar olahraga sepakbola dan American Football. Biaya yang dibutuhkan buat membangun bangunan ini mencapai Rp 21 triliunan.

1. MetLife Stadium – Rp 22,3 triliunan

stadion termegah di dunia
MetLife Stadium habiskan biaya mencapai Rp 22,3 triliunan buat pembangunannya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yang menyandang status stadion termegah di dunia dan paling mahal adalah MetLife Stadium yang berdiri di kota New York, Amerika Serikat. Jumlah penonton yang mampu ditampung venue ini menyentuh 82 ribu penonton.

Walaupun secara umum tempat ini dimaksudkan buat olahraga American Football tetapi seringkali banyak event hiburan seperti konser dan gulat World Wrestling Entertainment.

Nominal yang masuk dalam bujet pembangunan MetLife Stadium ini ditaksir sekitar Rp 22,3 triliunan saat berdiri tahun 2010 lalu.

Nah itulah 7 stadion termegah di dunia dan termahal yang pernah dibangun. Dari ketujuh nama tersebut sayangnya Gelora Bung Karno gak masuk dalam daftar karena hanya memakan biaya pembangunan Rp 174 miliar saat berdiri tahun 1962. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)