Hampir Setengah Miliar Rupiah, Begini Spesifikasi Lengkap Honda X-ADV

Bersamaan dengan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan model terbaru, Honda X-ADV. Skutik petualang berbadan bongsor ini dibawa dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari Jepang.

Tidak ada perbedaan antara spesifikasi Honda X-ADV yang dipasarkan di sana dengan di Indonesia. Hanya saja ada beberapa perangkat yang harus disesuaikan penempatannya berdasarkan peraturan roda dua di dalam negeri.

“Yang khusus hanya dua yaitu mengenai penempatan plat nomor. Secara spesifikasi engine tidak beda, jadi hanya plat nomor dan sudut lampu depannya. Disesuaikan dengan regulasi di Indonesia. Karena ini juga tipe yang sama dipasarkan di Eropa,” ujar Thomas Wijaya Direktur Pemasaran PT AHM belum lama ini di booth Honda dilansir laman Carmudi Indonesia.

Dirancang dengan konsep pengembangan “Go have Fun”, Honda X-ADV memadukan karakter sepeda motor yang nyaman dikendarai di perkotaan namun tetap tangguh untuk berpetualang dan touring jarak jauh. Beragam fitur telah disematkan ke Honda X-ADV untuk memudahkan pengendara saat berada di jalan raya yang rata maupun bergelombang.

Baca juga: Harley-Davidson Luncurkan Tipe Terbaru di IIMS 2019, Berapa Sih Harganya?

Tampil Tangguh

Honda X-ADV
Tampil tangguh saat di IIMS 2019 (Carmudi Indonesia).

Honda X-ADV tampil tangguh dengan karakter garis desain berkelas yang memanjang dari depan ke belakang, mulai sudut fairing hingga cover samping. Kesan macho dan maskulin dihadirkan melalui desain tapered handle bar yang dilengkapi handguard, sehingga memberikan gaya petualangan yang lebih maksimal.

Untuk memberikan kenyamanan saat berkendara sehari-hari maupun touring jarak jauh, Honda X-ADV dilengkapi windshield untuk melindungi pengendara dari angin yang dapat diatur hingga 5 tingkat ketinggian. Model ini juga dirancang dengan posisi berkendara tegak, sehingga memberikan visibilitas yang nyaman bagi pengendara.

Honda X-ADV juga dilengkapi dengan sistem LED pada semua pencahayaan. Lampu depan memiliki desain yang ramping serta penggunaan lampu belakang dengan lensa ganda, semakin memberikan tampilan yang berbeda saat dikendarai di jalanan.

Model ini menggunakan inverted front fork berukuran 41 mm yang mampu menghadirkan pengendalian optimal ketika melibas berbagai kondisi jalan. Lalu dibekali pula dengan sistem pengereman menggunakan kaliper bertipe radial dengan 4 piston, didukung piringan cakram teknologi ABS (Antilock Braking System) berukuran 296 mm.

Suspensi belakang dilengkapi teknologi Pro-link swing arm untuk menahan guncangan dengan 10 level pengaturan Rear Shock Preload. Ada juga velg stainless dan ban dengan profil alur kotak-kotak yang memberikan kestabilan dan handling nyaman.

Baca juga: Di IIMS 2019, dengan Bayar Rp 5 Juta Udah Bisa Bawa Pulang Suzuki Jimny? Kok Bisa?

Dibekali Fitur Keamanan

Honda X-ADV
Dibekali fitur keamanan canggih (Carmudi)

Bicara fitur keamanan, Honda telah membekalinya dengan Honda Smart Key System yang terdiri dari tombol switch On/Off dan Answer Back System. Smart Key system memudahkan pengendara untuk menghidupkan mesin, selain itu berfungsi juga sebagai anti maling.

Panel Informasi

Honda X-ADV
Memiliki panel informasi (Instagram).

Honda X-ADV dipersenjatai dengan panel informasi yang modern hasil adopsi dari Honda CRF450 Rally. Layar panel LCD memberikan seluruh informasi yang dibutuhkan oleh pengendara, seperti speedometer, tachometer, fuel indicator, average fuel consumption, waktu dan tanggal, gear indicator, trip meter, odometer, dan riding mode dalam tampilan digital.

Baca juga: Siap Bersaing dengan Rush dan Terios, DFSK Glory 560 Dijual Mulai dari Rp 189 Jutaan Aja

Ruang Penyimpanan

Honda X-ADV
Dibekali ruang penyimpanan (Carmudi Indonesia)

Untuk menyimpan barang bawaan pengendara, Honda X-ADV punya ruang penyimpanan di bawah jok sebesar 21 liter. Ruang ini juga bisa menampung helm full-face bergaya adventure. Tidak hanya sebagai ruang penyimpanan saja, Honda memasangkan soket pengisi daya sebesar 12V dengan penerangan lampu LED. Semantara itu kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13,1 liter.

Mesin

Honda X-ADV
Mesin yang gak kalah canggih (Carmudi)

Meningkatkan kemampuan bermanuver, big bike ini menggunakan mesin berkapasitas 745 cc, liquid-cooled SOHC, 6 speed, 8-valve parallel twin-cylinder bertenaga 54 hp pada 6.250 rpm dan torsi 68Nm pada 4.750rpm. Dengan penyaluran tenaga dari mesin ke roda menggunakan rantai.

Honda X-ADV dilengkapi fitur G Switch untuk mengeluarkan torsi ke roda belakang agar karakter mesin lebih responsif. Model ini memiliki fitur mode manual dan otomatis untuk perpindahan gigi dengan sistem transmisi Multi Dual Clutch Transmission (DCT) yang terdiri dari dua mode yaitu mode Drive (D) yang merupakan aplikasi pemilihan rasio gigi yang lebih rendah untuk akselerasi yang lebih cepat. Mode ini cocok digunakan saat berkendara di kondisi perkotaan.

Mode Sport (S) merupakan mode berkendara yang lebih sporty dengan perpindahan gigi pada kecepatan yang lebih tinggi. Mode S ini memiliki 3 mode tambahan, yaitu standard, sport 1, dan sport 2 untuk memberikan gaya berkendara lebih sporty.

Honda X-ADV ditawarkan dalam empat pilihan warna yaitu Grand Prix Red, Mat Pearl Glare White, Mat Bullet Silver, dan Mat Moonstone Silver Metallic.

 

Dengan segudang fitur dan keunggulan yang dimilikinya, AHM memasarkan Honda X-ADV hampir setengah miliar. Atau berada di kisaran Rp 435 juta sampai Rp 450 juta on the road Jakarta. Wah minat beli motor ini guys? (Editor: Winda Destiana Putri).