Harta Kekayaannya Rp 7,7 Triliun, Segini Gaji Ratu Elizabeth II yang Naik Hampir 2 Kali Lipat

Gak cuma pegawai negeri dan swasta yang mendapat uang sebagai imbalan bekerja, Ratu Elizabeth II yang menjadi pemimpin kerajaan Inggris juga mendapatkan gaji layaknya masyarakat umum. Kira-kira berapa ya nominal angka yang diperolehnya setiap tahun?

Sebagai salah satu kerajaan yang paling besar di dunia, banyak orang mengagumi kehidupan keluarga paling dihormati di Inggris ini.

Gerak-gerik keluarga Ratu Elizabeth II terus menjadi buruan paparazi dunia. Terutama, kehidupan anak-anaknya seperti Pangeran William serta Harry.

Apalagi, pascapernikahan mereka yang sempat heboh beberapa tahun belakangan lalu. Dengan segala kemewahannya, hal sekecil apapun bakal menjadi isu unik untuk diperbicangkan khalayak banyak.

Ngomongin tentang kemewahan pasti gak jauh-jauh sama uang. Salah satu sumber pendapatan kerajaan Inggris berasal dari gaji anggota keluarganya.

Daripada kepo terus-terusan, mending kita simak aja yuk berapa sih gaji Ratu Elizabeth II di sini:

Gaji Ratu Elizabeth II mencapai Rp 1,4 triliunan

Gaji Ratu Elizabeth II mencapai Rp 1,4 triliunan (cheatsheet.com)

Mengutip CNBC, sebagai negara yang dikepalai oleh seorang ratu, tentu banyak tugas dan acara yang harus dihadiri setiap tahunnya. Untuk membiayai segala kebutuhan tersebut, dibutuhkan dana yang gak sedikit.

Karena itu, pemerintah Inggris memiliki anggaran tersendiri untuk membiayai kegiatan tersebut yang dinamakan Sovereign Grant.

Gak cuma biaya bepergian, uang itu juga digunakan untuk membayar segala biaya operasional istana Buckingham Palace mulai dari bagian halaman sampai dapur. Gak ketinggalan, membayar staf yang bekerja di sana.

Baca juga: Gaji Presiden Jokowi Lebih Kecil dari Gaji Bos 4 Bank Ini!

Melalui laporan yang dikeluarkan oleh pemerintah pada tahun 2016 hingga 2017, jumlah Sovereign Grant yang diperoleh Ratu Elizabeth II tercatat mencapai 42,8 juta Poundsterling atau setara Rp 763 miliar.

Jumlah itu meningkat hampir dua kali lipat pada periode setelahnya, yakni tahun 2018 sampai 2019 menjadi sekitar 82,2 juta Poundsterling atau senilai Rp 1,4 triliunan.

Salah satu ongkos perjalanan termahal mencapai Rp 6,7 miliar

Ratu Elizabeth II mendapat salah satu ongkos perjalanan termahal

Banyaknya agenda yang harus diikuti keluarga kerajaan memiliki konsekuensi jumlah pengeluaran lumayan boros.

Salah satu contohnya, ketika Pangeran Charles mengadakan perjalanan dinas selama 10 hari ke beberapa negara seperti Singapura, Brunei, Malaysia, dan India.

Dalam kurun waktu sepekan lebih sedikit itu jumlah uang sekitar US$ 475 ribu terpaksa dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan operasional mantan suami Putri Diana tersebut.

Total harta pribadi Ratu Elizabeth II Rp 7,7 triliun

Total harta pribadi Ratu Elizabeth II Rp 7,7 triliun (abcnews.com)

Dengan gaji sefantastis itu, udah pasti harta kekayaan pribadi ratu Inggris semakin melimpah.

Dari informasi terbaru diperkirakan jumlah uang sebanyak US$ 550 juta atau Rp 7,7 triliun berhasil disimpannya sebagai dana pribadi.

Kalau dibandingkan sama jumlah kocek orang terkaya di dunia, seperti Jeff Bezos, Bill Gates dan Mark Zuckerberg angka segitu terbilang cukup kecil.

Namun, sudah lebih dari cukup buat membiayai segala kebutuhan wanita kelahiran 21 April tahun 1926 lalu tersebut.

Menempati rumah termahal di dunia

Ratu Elizabeth II menempati rumah termahal di dunia

Mungkin sebagian dari kamu gak menyadari bahwa Buckingham Palace, tempat tinggal seluruh anggota keluarga kerajaan Inggris menyandang gelar rumah paling mahal di dunia.

Sebab ditaksir harga rumah ini sekitar US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21 triliunan. Banderol yang begitu mahal itu berasal dari beragam faktor, mulai desainnya yang dibuat secara khusus oleh arsitek ternama, furnitur yang ada di dalam rumah itu, serta jumlah kamar yang mencapai 52 kamar tidur.

Buat kamu yang pengin berminat membeli rumah ini, sebaiknya siapkan hati terlebih dahulu. Pasalnya, selain berharga fantastis, hunian ini kayaknya gak bakal dijual Ratu Elizabeth II sampai kapanpun.

Itulah beberapa fakta mengenai gaji sampai total harta kekayaan pribadi Ratu Elizabeth II. Sebagai statusnya yang menjadi simbol negara Inggris pantas aja dia mendapatkan segala fasilitas serta pelayanan yang gak semua orang bisa rasakan ya. (Editor: Chaerunnisa)