Ibadah Sekaligus Jalan-Jalan, Ini 5 Tempat Wisata Menarik di Makkah dan Madinah!

Menjelang Lebaran Haji 2019 atau Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019, banyak umat Muslim bertolak ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah haji.

Untuk bisa menunaikan rukun Islam kelima ini memang terbilang susah. Selain biayanya yang mahal, kamu juga perlu menunggu giliran, yang bahkan bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk naik haji.

Kecuali kamu menggunakan program ONH Plus ya, gak perlu menunggu lama, tapi kamu harus merogoh kocek lebih besar bahkan hingga dua kali lipat.

Sekadar diketahui, seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, berikut biaya haji reguler dan Plus yang paling rendah dan paling mahal.

Untuk ONH reguler, biaya yang paling rendah adalah embarkasi Aceh yaitu Rp 31.090.010 per jemaah. Sedangkan yang termahal yaitu embarkasi Makassar sebesar Rp 39.507.741 per jemaah.

Sementara ONH Plus, termurah masih dari embarkasi Aceh yaitu Rp 58.796.855 dan termahal embarkasi Makassar sebesar Rp 67.214.586 per jemaah.

Karena untuk menunaikan ibadah haji susah dan penuh perjuangan, banyak juga yang memanfaatkan momen beribadah sambil jalan-jalan menyusuri Kota Makkah dan Madinah yang indah.

Untuk itu, MoneySmart memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat tengah menjalankan ibadah haji. Berikut, lima di antaranya:

1. Abraj Al Bait

Ibadah haji
Ibadah haji

Abraj Al Bait yang dikenal dengan nama Fairmont Makkah Clock Royal Tower menjadi salah satu tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi saat tengah naik haji.

Menara jam besar tersebut dikelola oleh Kerajaan Arab Saudi dan jaringan Hotel Fairmont yang menyediakan beragam kemewahan, mulai dari hotel bintang lima, beragam restoran, apartemen dan perkantoran.

Abraj Al Bait memiliki 120 lantai dan 1542 kamar hotel dan apartemen. Menariknya, untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lainnya, kamu akan dipermudah dengan 56 lift berteknologi canggih yang mampu mengangkut dalam waktu cepat. Lokasinya pun juga sangat strategis, tepat berada di seberang Masjidil Haram.

Baca juga: Naik Haji? Ini Lho Biaya Haji Plus 2018 yang Harus Disiapkan

2. Gunung Uhud

Ibadah haji
Ibadah haji

Selanjutnya, kamu bisa berkunjung ke Gunung Uhud yang lokasinya berada di utara Madinah dengan ketinggian hingga 350 meter.

Gunung Uhud merupakan salah satu lokasi perang besar antara umat Islam dan tentara Quraisy. Usai Perang Uhud selesai, Nabi Muhammad SAW sempat melaksanakan salat Dzuhur di masjid yang terletak di kawasan tersebut, yaitu Masjid Al-Fash.

3. Gua Hira

Ibadah haji
Ibadah haji

Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu dari Allah SWT lewat perantara Malaikat Jibril saat tengah berada di Goa Hira. Gak heran kalau tempat tersebut sangat populer di kalangan umat Islam.

Kamu harus menyiapkan fisik yang kuat untuk bisa melihat tempat yang dinamai “Gunung Cahaya” atau “Bukit Pencerahan” ini. Lokasinya juga berada di tebing dengan tanjakan yang cukup curam.

Jika ingin berkunjung ke Goa Hira, kamu sebaiknya datang saat pagi hari ketika belum begitu padat dipenuhi jamaah lain. 

4. Masjid Nabawi

Ibadah haji
Ibadah haji

Masjid Nabawi juga menjadi tempat yang banyak dikunjungi umat Islam saat melaksakan ibadah haji atau umrah.

Masjid yang satu ini juga sangat populer karena sejarah dan keindahan arsitekturnya. Di sini kamu bisa melihat Raudlah atau taman surga yang menjadi bagian bangunan masjid yang terdapat di antara makam Nabi Muhammad SAW dan juga mimbar.

5. Pasar Zakfariah

Selain air zam-zam dan kurma, kamu tentu ingin membawa buah tangan lain untuk keluarga, sanak saudara dan teman-teman saat pulang menunaikan ibadah haji atau umrah.

Nah, kamu bisa datang ke pasar Zakfariah yang terletak hanya satu kilometer dari Masjidil Haram. Kamu bisa membeli berbagai keperluan untuk keperluan ibadah atau oleh-oleh di sana.

Itulah lima tempat wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di Mekkah atau Madinah saat tengah menunaikan ibadah haji atau umrah. (Editor: Chaerunnisa)