Indonesia Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034, Mampukah?

Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034. Keinginan ini sudah menjadi keinginan lama Tanah Air, dan mulai berhembus sejak tahun 2017 saat Ketua PSSI masih dijabat Edy Rahmayadi. 

Namun, kabarnya Indonesia tidak akan sendirian menggelar perhelatan sepak bola terbesar di dunia ini, melainkan bekerja sama dengan negara lain. 

Ada dua skema yang akan diajukan Indonesia ke FIFA. Pertama, menjadi tuan rumah bersama dengan 10 negara ASEAN lainnya, dan yang kedua bekerja sama dengan Australia. 

Dilansir dari CNBC, untuk tuan rumah bersama Australia, ide tersebut diajukan langsung oleh Federasi Sepakbola Australia ke FIFA. Sementara bersama blok ASEAN, diprakarsai oleh Perdana Menteri Thailand.

Sebenarnya, tidak peduli apakah Indonesia bergandengan dengan negara mana, yang terpenting adalah jika Indonesia terlibat sebagai Tuan Rumah, maka Timnas Indonesia akan mendapatkan kesempatan berlaga di ajang tersebut. 

Tapi sayangnya, gak cuma Indonesia saja nih yang mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia. Beberapa negara-negara besar juga mengincar posisi tersebut di tahun 2034. Siapa saja? 

1. China 

China mencalonkan diri jadi tuan rumah piala dunia

Dikutip dari Aljazeera, pencalonan Indonesia akan bersaing dengan negara besar seperti salah satunya China. 

China dinilai sebagai negara yang cocok menggelar perhelatan tersebut mengingat infrastruktur dan stadion yang mereka punya sebagian besar sudah memadai standar internasional.

Sebenarnya, China telah mengajukan diri di 2030, namun mereka harus bersaing ketat dengan Inggris yang jelas kualitas fasilitas sepakbolanya telah diakui seluruh dunia. 

Menanggapi prediksi kekalahan China di pertaruhan tuan rumah Piala Dunia 2030, membuat negara tirai bambu ini mengajukan diri lagi 2034. 

Baca juga: Disebut-Sebut Super Megah, Nih 5 Stadion Paling Mahal Buat Piala Dunia 2018

2. India 

India mencalonkan diri jadi tuan rumah piala dunia

Foxsport menyebutkan satu lagi penantang Indonesia dari benua Asia adalah India. India merupakan negara berkembang sama dengan Indonesia, bedanya, di sana sepak bola bukanlah olahraga nomor satu. 

Karena itu, fasilitas sepak bola di negeri Bollywood itu sangat sedikit dan kualitasnya biasa saja. 

Untuk bisa lolos menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, India perlu mengeluarkan uang banyak memperbaiki fasilitas penunjangnya, seperti stadion berkelas internasional. 

3. Mesir 

Mesir mencalonkan diri jadi tuan rumah piala dunia

Bergeser ke Afrika, negara yang berambisi untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 adalah Mesir. Negara asal Mo Salah ini kalau dibandingkan dengan Indonesia dan China masih lebih unggul. 

Mereka memiliki banyak stadion kelas internasional yang sering dijadikan perhelatan sepak bola internasional. 

Salah satu keunggulan Mesir adalah, mereka juga telah siap secara infrastruktur. Karena tahun ini mereka diputuskan menjadi tuan rumah Piala Afrika 2019.

Selain China, India, dan Mesir ada beberapa negara lain yang mengajukan dan mayoritas dari Benua Afrika, seperti Zimbabwe dan Nigeria. Sayangnya, kedua negara tersebut sangat tidak diperhitungkan banyak orang mengingat kondisi perekonomiannya yang tidak stabil. 

Seandainya Indonesia maju menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia 2034, apakah infrastrukturnya sudah memadai? 

Memadaikah infrastruktur Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia? 

Indonesia mencalonkan diri jadi tuan rumah piala dunia, memadaikah infrastrukturnya?

Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi Indonesia untuk bisa menggelar Piala Dunia adalah infrastruktur stadion yang memadai. 

Dikutip dari panduan pengajuan tuan rumah Piala Dunia 2026, stadion yang akan digunakan haruslah memadai dan mampu menampung 80 ribu kursi penonton untuk acara pembukaan dan final. 

Sayangnya, Indonesia tidak memiliki stadion yang kursinya sampai 80 ribu penonton. Paling besar adalah Gelora Bung Karno yang mampu menampung 77 ribu penonton saja. 

Sementara itu, untuk pertandingan fase grup sampai perempat final, standar stadion yang ditentukan oleh FIFA harus berkapasitas minimal 40 ribu kursi, dan 60 ribu kursi untuk pertandingan semifinal. 

Untuk yang kelas di atas 40 ribu kursi, Indonesia punya Stadion Gelora Bung Tomo, Stadion Batakan, dan Stadion Kanjuruhan. 

Kalau dilihat dari spesifikasinya itu, kira-kira bisa gak Indonesia terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034? (Editor: Chaerunnisa)