Ingin Hidup Bahagia di Hari Tua, Ini 5 Kunci Sukses Meniti Karier di Dunia Digital

Dunia digital saat ini sudah berkembang semakin pesat. Perkembangannya saat ini bahkan sudah menjadi gaya hidup masyarakat atau generasi milenial. Mereka tak pernah lepas dari yang namanya teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari, atau bahkan bisnis.

Bicara bisnis, semua orang pasti ingin apa yang mereka geluti bisa berjalan lancar tanpa hambatan. Karier pun demikian, sayangnya kesuksesan yang dimaksud tidak datang dengan mudah, semua perlu proses dan pengorbanan.

Tak sedikit pula seseorang yang sudah berkorban banyak tetap gagal dalam meraih kesuksesan. Hal itu terjadi karena mereka tidak mengikuti kunci kesuksesan itu sendiri. Kalau kamu tidak ingin seperti itu, ada baiknya mulai dari sekarang pahami beberapa kunci meniti karier demi meraih kesuksesan berikut ini.

1. Mengisi waktu untuk menambah pengalaman

Mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat dan menghasilkan (Ilustrasi by Shutterstock).

Kalau kamu ingin menambah wawasan, atau sekedar pengalaman, ada baiknya mengisi waktu luang dengan hal positif. Bekerja bukan semata-mata hanya untuk mencari uang, tetapi juga mencari pengalaman. Ke depannya, pengalaman itu yang membawa kamu pada kesuksesan dengan sendirinya.

Ada waktu luang selepas bekerja, kamu bisa lakukan hal lain guna mengasah kemampuan. Bisa dengan bekerja paruh waktu, atau melakukan hobi menjadi penulis lepas, apapun itu lakukanlah selagi masih ada waktu. Ingat, kesuksesan itu proses, tidak dapat diraih dengan instan.

2. Jangan cepat merasa puas

Asah terus kemampuan yang kamu miliki (Ilustrasi by Shutterstock).

Hasil pencapaian kerja keras kamu selama ini perlu dikembangan. Jangan selalu cepat merasa puas. Asahlah terus kemampuan yang kamu miliki, meski tujuan awal sudah tercapai. Itu akan memengaruhi tingkat skill yang kamu miliki, tidak berhenti disitu saja.

Dengan begitu perusahaan manapun akan berani membayar kamu lebih mahal melihat skill yang kamu kuasai dan jam terbang tentunya. Selain itu, kesempatan untuk terus mengembangkan karier pun semakin terbuka lebar sesuai dengan permintaan perusahaan.

3. Tingkatkan percaya diri

Asah terus kemampun kepercayaan diri di depan publik (Ilustrasi by Shutterstock).

Orang yang sukses adalah mereka yang percaya diri. Kenapa? karena rasa percaya diri yang tinggi dapat membawa energi positif di dalam diri kamu. Kalau sudah begitu, kamu pasti akan bergerak selangkah lebih maju ketimbang orang lain.

Apa yang jadi kelemahan, harus segera diatasi dengan rasa percaya diri tersebut. Dengan begitu, kemampuan yang kamu miliki tidak terkubur rapat, melainkan semakin baik. Itu salah satu cara orang lain menghargai kamu yang sesungguhnya.

4. Berhenti bersikap menyalahkan orang lain

Jika gagal, jangan selalu salahkan orang lain (ilustrasi by Shutterstock).

Kalau kamu masih memiliki sikap seperti ini, sudah pasti kata sukses tidak akan pernah mendekat. Apa yang kamu kerjakan, lakukan, baik salah, benar semua itu ditanggung sendiri. Semua tidak ada hubungan dengan orang lain.

Jika kamu merasa tertipu, gagal, dan salah langkah, stop menyalahkan orang lain. “Ah ini pasti gara-gara dia, kalau tidak saya mungkin sudah bisa memenangkan kompetisi”. Berhentilah berkata seperti itu setiap kali kamu merasa kurang beruntung. Semua yang mengendalikan diri kamu, adalah kamu sendiri. Jika gagal ya anggap saja kamu harus lebih banyak lagi belajar.

5. Tekun, fokus, gigih dan selalu motivasi diri sendiri

Terus motivasi diri sendiri agar cepat menuju kesuksesan (Ilustrasi by Shutterstock).

Banyak orang lebih mencari motivasi dari pengalaman seseorang. Sebenarnya, diri kamu lah yang mampu memotivasinya sendiri. Jika gagal, harus tau kapan untuk mencoba lagi. Jika jatuh, kamu harus semangat untuk bangkit. Kunci kesuksesan yang paling baik adalah pengalaman.

Selain itu, kamu harus tetap fokus pada tujuan. Tekun, gigih dan terus berusaha tanpa lengah. Memang, ada masa dimana kamu akan merasa semua yang dilakukan sia-sia, lelah berjuang, tapi lihatlah ke belakang. Orang lain juga sedang berjuang menjalani kehidupan masing-masing, kamu tidak sendirian. Dan kenapa mereka bisa sukses, karena ketekunan dan kegigihan yang terus melekat.

Nah, sudah cukup tergerak untuk melakukan hal baik diatas? Sekarang mari kamu lanjutkan perjuangan yang sempat terhenti. Tidak ada kata terlambat, tak boleh lelah atau berhenti untuk terus meraih mimpi. Semua akan berjalan sesuai waktu dan usaha yang kamu lakukan. Tetap semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).