Ini 4 Keuntungan Finansial Pakai Mobil Sewaan Pas Mudik Lebaran

Berencana mudik lebaran tahun ini? Yuk buruan cari tempat penyewaan mobil. Barangkali ada yang ngasih diskon.

Lho kenapa jadi ke tempat penyewaan mobil sih? Kenapa gak pakai mobil sendiri aja?

Tentu aja, karena mudik dengan mobil sewaan jauh lebih menguntungkan secara finansial ketimbang mobil pribadi. Apalagi kalau mudiknya ke wilayah yang cukup jauh.

Gak percaya? Masih mau bukti? Yuk langsung disimak.

1. Mobil pribadi terhindar dari risiko rusak

Aduh hati-hati ya kalau menyetir, runyam deh kalau nabrak! (Solopos)

Walaupun kamu adalah tipe pengendara yang sering berkendara aman setiap saat, tapi ketika mobil dipakai mudik, maka risiko kecelakaan tetap ada. Ketika hal itu terjadi, tentu kamu bakal keluar biaya perbaikan yang gak sedikit.

Anggaplah kamu pakai asuransi dan bisa diklaim. Tetap aja kamu harus keluar ongkos klaim paling gak Rp 300 ribuan.

Jika mudik menggunakan mobil sewaan, maka bukan berarti kamu gak mungkin kecelakaan. Tapi seenggaknya kecelakaan itu gak terjadi di mobil pribadimu. Kamu juga gak perlu bayar ganti karena itu jadi tanggungan penyewa.

2. Kilometer mobilmu gak bertambah

KM gak bertambah, harga jual bertahan (Detik)

Dengan menggunakan mobil sewaan buat mudik lebaran, kilometer mobilmu yang diparkir di rumah gak bakalan bertambah. Harga jual mobilmu juga bakal bertahan.

Selain daya jelajahnya gak bertambah, mobil juga gak butuh perawatan ekstra.

Tapi berhubung kamu meninggalkan mobil, pastikan keamanan rumahmu terjaga dengan baik ya. Potensi kecurian tetap aja ada, oleh karena itu lindungilah mobil pribadimu dengan asuransi yang tepat.

Kenapa asuransi? Karena cuma asuransi yang bisa melindungi mobilmu dengan baik. Bila hilang, maka asuransi bisa memberikan ganti rugi berupa dana yang tentu aja bisa kamu belikan mobil baru atau bekas.

3. Bisa memilih mobil yang sesuai buat perjalanan jauh

Mau pilih yang mobil keluarga juga boleh kan (Liputan 6)

Rental tentu menyediakan berbagai jenis mobil. Ada city car, multi purpose vehicle atau MPV, sport utility vehicle atau SUV hingga mobil murah ramah lingkungan.

Jika emang mobilmu termasuk gak layak digunakan buat mudik lebaran, maka gak usah dipaksain deh. Mendingan sewa aja mobil yang cocok.

Apabila kamu mengangkut banyak penumpang, maka ada baiknya memilih MPV atau SUV. Tapi kalau gak jauh-jauh amat dan gak bawa banyak barang, pilih city car atau mobil murah ramah lingkungan deh.

Dari namanya aja kita udah tahu kalau itu gak menghabiskan banyak bensin.

4. Mobil dilengkapi dengan asuransi

Jangan lantas kebut-kebutan nanti celaka (Merdeka)

Rental mobil umumnya udah mengasuransikan mobil yang mereka sewakan ke konsumen. So, gak perlu khawatir jika apes-apesnya kamu mengalami musibah di jalan.

Tapi bukan berarti dengan hal ini sah-sah aja nyetir ugal-ugalan ya.

Ketika mobil itu udah diasuransikan, maka jika ada kerusakan seenggaknya kamu cuma di-charge buat biaya klaim. Dan jika mobil itu hilang, maka kamu bisa bikin laporan kehilangan ke polisi biar si pemilik rental bisa mengklaim kerugian ke pihak asuransi.

Terkait sewa-menyewa mobil, kamu harus paham bahwa gak semua mobil hilang itu bisa diklaim lho.

Jika emang hilangnya dilaporkan oleh penyewa di kampung halaman, maka itu masih bisa. Tapi jika mobilnya hilang sekaligus dengan penyewa, alias hilang hingga sopirnya, jelas gak bisa diklaim.

Itulah empat keuntungan finansial menggunakan mobil sewaan buat mudik lebaran. Apakah kamu tertarik melakukan hal ini?