Ini 4 Lokasi Hunian Paling Diincar Konglomerat Indonesia

Hunian tentu menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi. Selain sebagai tempat tinggal dan investasi, memiliki hunian juga bagi sebagian masyarakat dianggap telah mencapai titik kemapanan.

Akan tetapi bagi golongan kelas atas atau konglomerat yang berpenghasilan tinggi, memiliki hunian pada lokasi strategis dan mewah menjadi nilai tersendiri.

Berdasarkan data dari situs properti Lamudi Indonesia, konglomerat di Indonesia banyak yang tertarik memiliki properti di 4 kawasan elit nan mewah.

1. Pondok Indah

Urutan teratas ada kawasan Pondok Indah. Kawasan elit di Jakarta Selatan ini memiliki tren yang tinggi dari pencarian rumah mewah melalui internet.

Dengan menggunakan  tools “Google Keyword Planner”, terdapat 2.030 orang yang mencari iklan tentang rumah dijual di Pondok Indah melalui Google setiap bulannya.

Bukan tanpa alasan Pondok Indah menempati posisi paling atas. Sebab kawasan ini dinilai sebagai Beverly Hills-nya Indonesia, tempat favorit bermukimnya pejabat, ekspatriat hingga artis ibu kota.

Commercial Director Lamudi Indonesia Yoga Priyautama, mengatakan, selain sebagai kawasan elit, Pondok Indah juga memiliki sederet fasilitas yang lengkap. Mulai dari pusat perbelanjaan, perkantoran, area komersial, pusat hiburan, dan sarana olahraga.

Untuk masalah harga, rata-rata harga rumah di Pondok Indah dijual mulai dari Rp 40,9 juta per meter persegi,” kata Yoga.

2. Kemang

Selanjutnya, pada posisi kedua ada kawasan Kemang, Jakarta Selatan. Setiap bulannya terdapat 840 orang yang mencari hunian pada kawasan elit ini.

Kemang telah dikenal sejak lama sebagai kawasan elit yang dihuni oleh orang asing atau ekspatriat. Karena letaknya yang strategis dan memiliki berbagai fasilitas lengkap.

Selain itu, lokasi Kemang juga tidak jauh dari pusat kota Jakarta. Hal ini menjadikan kawasan ini menjadi lokasi favorit para konglomerat untuk memiliki hunian.

Sederet fasilitas pendidikan, hiburan, bisnis, hingga kuliner semua tersedia di kawasan ini.

Adapun harga rata-rata rumah di Kemang ditawarkan mulai dari Rp 30 juta per meter persegi.

3. Menteng

Kawasan elit di wilayah Jakarta Pusat ini juga masuk dalam radar para konglomerat yang mencari hunian. Setiap bulannya terdapat 540 orang yang mencari hunian pada kawasan ini.

Selain berada di pusat kota Jakarta, kawasan Menteng telah tumbuh dan berkembang menjadi kawasan elit. Tempatnya para pejabat publik, duta besar negara, hingga pengusaha di Jakarta.

Tak pelak harga hunian dikawasan ini mulai dari Rp 88,7 juta per meter persegi. 

4. Kelapa Gading

Kawasan yang berlokasi di Jakarta Utara ini juga menjadi lokasi elit yang paling diburu para konglomerat mencari hunian.

Setiap bulannya ada 370 orang yang mencari properti di kawasan ini. Sejak tahun 1970-an, Kecamatan Kelapa Gading masih dikenal sebagai daerah rawadan persawahan. Kini Kelapa Gading telah berubah menjadi kawasan yang tertata baik dan berkembang pesat. 

Bahkan, Pemerintah Jakarta Utara hendak menjadikan Kelapa Gading seperti Singapura karena lengkapnya kebutuhan di sana. Baik dari makanan, tempat tinggal, pakaian, otomotif, film, pendidikan, dan lain-lain.

Pusat Bisnis Utara Jakarta

Selain itu, Kelapa Gading merupakan salah satu daerah pusat bisnis di Jakarta Utara selain Mangga Dua dan Pluit. Banyak perusahaan perbankan baik lokal maupun asing membuka cabang di Kelapa Gading. 

Bisnis properti di daerah ini cukup baik dan menarik puluhan agen properti yang bertaraf lokal sampai internasional.

Adapun harga properti di kawasan ini ditawarkan mulai dari Rp 20 juta per meter persegi. 

Editor: Ayyi Achmad Hidayah