Kerja Sama Dengan Fintech, BCA Syariah Perkuat Layanan Digital

PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) berhasil membukukan laba bersih setelah pajak di Desember 2018 mencapai Rp 58,4 miliar. Nilai ini meningkat sebesar 22 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017 yaitu sebesar Rp 47,9 miliar.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih mengatakan, BCA Syariah mampu menunjukkan kinerja positif di tahun 2018. Dimana kinerja pertumbuhan dari segi Aset, Pembiayaan, Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Laba tumbuh di atas rata-rata industri.

“Aset perusahaan sampai dengan Desember 2018 tercatat mencapai Rp 7,1 triliun atau meningkat 18.5 persen. Dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (yoy) sebesar Rp 6,0 triliun,” ujar John di Jakarta.

John menerangkan, dari sisi pertumbuhan aset, perseroan didukung oleh peningkatan DPK yang mencapai Rp 5,5 triliun. Angkanya tumbuh 16.3 persen yoy dibandingkan posisi Desember 2017 sebesar Rp 4,7 triliun.

Sedangkan dari sisi peningkatan laba perusahaan ditopang oleh pertumbuhan pembiayaan sebesar 16,9 persen yoy mencapai Rp 4,9 triliun. Dari tahun sebelumnya sebesar Rp 4,2 triliun.

“Peningkatan pembiayaan merupakan bentuk peningkatan fungsi intermediasi perusahaan sebagai lembaga keuangan. Penyaluran pembiayaan BCA Syariah masih didominasi oleh pembiayaan untuk sektor produktif,” kata John.

Pembiayaan Komersial Terbesar

Adapun komposisi pembiayaan pada masing-masing segmen yaitu pembiayaan Komersial 76,08 persen, UMKM tercatat 20,61 persen dan pembiayaan konsumsi sebesar 3,31 persen.

Kemudian, rasio pembiayaan bermasalah dapat dijaga pada level yang rendah dan sehat dengan NPF Gross 0,35 persen dan NPF Nett 0,28 persen.

“Tahun 2019 akan semakin menantang namun kami optimis tetap dapat menunjukkan pertumbuhan di kisaran 10 – 12 persen,”kata John Kosasih.

Sementara itu, pada tahun ini, perseroan telah menyiapkan beberapa insiatif pengembangan dari berbagai aspek. Mulai dari pengembangan dan perluasan penyediaan akses keuangan bagi masyarakat melalui penambahan cabang di wilayah Sumatera dan Jawa.

Kedepan perseroan juga akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan induk perusahaan untuk penyediaan layanan perbankan syariah. Selain itu mendorong inovasi produk digital melalui pengembangan fitur-fitur mobile dan internet banking BCA Syariah, serta kolaborasi dengan perusahaan fintech.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah