Liburan Di Jakarta? Ke Taman Impian Jaya Ancol Aja dan Nikmati 7 Wahana Ini

Kerja itu penting buat memenuhi kebutuhan hidup dan aktualisasi diri, tapi jangan lupa sesekali refreshing juga dong! Gak usah ribet atau rogoh kocek dalam-dalam kok, yang dekat-dekat aja bareng teman-teman juga seru.

Daripada bingung, kenapa gak seseruan bareng di Taman Impian Jaya Ancol aja. Jangan ngeremehin dulu. Ancol masih menarik lho buat destinasi wisata, apalagi buat kamu yang emang sibuk dan gak ada waktu liburan jauh-jauh.

Gak percaya? Ini tujuh wahana Ancol yang bisa kamu nikmati:

1. Seaworld

Wisata yang satu ini pastinya sudah sangat familiar baik bagi warga Jakarta maupun luar Jakarta. Yup, Seaworld Ancol, sebuah kawasan yang menawarkan hiburan dan pendidikan khususnya tentang biota laut.

Pengunjung bisa melihat sekitar 7,300 biota air tawar yang ditampilkan dalam 28 display yang berbentuk akuarium besar serta empat kolam terbuka. Sesekali juga akan ada atraksi Feeding Show, yaitu aksi penyelam memberi makan biota laut. Bagi yang ingin merasakan serunya interaksi dengan biota laut, ada Kolam Sentuh juga lho!

Tiket:

Senin-Jumat: Rp 85.000

Sabtu-Minggu: Rp 100.000

Jam operasional:

Pukul 09.00-18.00 (Senin-Minggu)

Di mana lagi bisa lihat bota laut dengan display sekeren ini kalau bukan di Seaworld? (Seaworld Ancol / detik)

2. Ocean Dream Samudra

Mau lihat atraksi cerdas lumba-lumba, singa laut, dan aneka satwa lain? Ocean Dream Samudra bisa jadi salah satu pilihan. Edutainment Theme Park ini memberi kesempatan bagi pengunjung untuk mengenal aneka satwa laut lebih dekat.

Wahana ini juga jadi pusat studi konservasi ex-situ lumba-lumba (dolphinarium) karena punya konsep dan fasilitas lumba-lumba yang paling lengkap. Mulai dari kolam penampungan lumba-lumba, water treatment, trainer, pengadaan ikan yang berkualitas, laboratorium, tim medis, dan dokter hewan.

Tiket:

Senin-Jumat: Rp 95.000

Sabtu-Minggu: Rp 160.000

Jam operasional:

Pukul 09.00-17.00 (Senin-Jumat)

Pukul 09.00-18.00 (Sabtu-Minggu)

3. Pasar Seni

Suka benda-benda seni? Kunjungi saja Pasar Seni Ancol karena ada puluhan galeri yang menjual aneka kerajinan. Ada lukisan, patung, tembikar, kain tenun, batik, dan masih banyak lagi hasil karya dari berbagai daerah di Tanah Air.

Gak hanya itu, di sini kita juga disuguhi aktivitas seni dari para seniman berbagai aliran. Lumayan kan, bisa menikmati hasil karya kreatif sekaligus berinteraksi lewat workshop, pameran, pemutaran film, hingga diskusi. Pementasan musik pun beragam, modern dan tradisional. Buat tahu lebih banyak tentang Pasar Seni Ancol, cek di sini ya.

Jam operasional: Pukul 09.00-20.00

Kalau suka hal-hal berbau seni udah paling pas nh ke sini! (Pasar Seni Ancol / tribunnews)

4. Wahana Outbound Ocean Ecopark Ancol

Jenuh dengan padatnya bangunan dan kurangnya area wisata terbuka yang asri? Coba ke Ocean Ecopark deh. Beragam permainan dan hiburan bisa dinikmati di sini. Ruang terbuka hijau ini juga asri dan bisa jadi oase bagi yang rindu suasana alam tanpa harus pergi jauh ke luar Jakarta.

Untuk masuk ke area wisata yang satu ini gratis kok! Kita hanya perlu membayar tiket masuk gerbang Ancol seharga Rp 25 ribu per orang karena Ecopark terdapat di dalam area wisata Ancol. Selanjutnya, kita tinggal membayar untuk kegiatan yang ingin dinikmati di dalam area Ecopark. Tarif masing-masing kegiatan yang tersedia bisa dicek di website resmi Ancol ya.

Jam operasional: Pukul 06.00-18.00

5. Dunia Fantasi (Dufan)

Ke Ancol bareng teman-teman pasti gak lengkap kalau gak ke Dunia Fantasi alias Dufan yang udah terkenal dengan wahana-wahana serunya. Kalau datang pas weekend, usahakan sudah tiba di loket pembelian tiket Dufan sejam sebelum buka ya biar gak terjebak antrian panjang. Karena Dufan arena bermain yang luas, kita bisa minta peta sama petugas.

Beragam wahana permainan ada di dalam Dufan. Mulai dari yang ramah buat anak-anak seperti Merry Go Round (Komidi Putar) Turangga-Rangga dan Istana Boneka, hingga yang menguji adrenalin orang dewasa seperti Halilintar dan Tornado.

Jangan takut kelaparan, karena di dalam area Dufan ada banyak pilihan tempat makan. Fasilitas lain seperti toilet, musholla, toko souvenir, medical center, information center, sampai ruang untuk ibu menyusui juga ada lho!

Tiket:

Senin-Jumat: Rp 200.000

Sabtu-Minggu: Rp 295.000

Jam operasional:

Pukul 10.00-18.00 (Senin-Jumat)

Pukul 10.00-20.00 (Sabtu-Minggu)

Mau seru-seruan memacu adrenalin? Ya di Dufan nih tematnya, hati-hati sport jantung hehehe (Dufan Ancol / blogspot)

6. Atlantis Water Adventure

Taman air (waterpark) yang satu ini memang mengusung tema benua Atlantis yang hilang ditelan lautan. Gak cuma bisa berenang lho, di sini kita bisa mencoba beragam wahana permainan air yang seru dan menegangkan.

Beberapa wahana permainan air tersebut seperti kolam ombak, kolam arus, kolam apung, sampai Crazy Highest Longest Slide alias wahana seluncuran super tinggi dan panjang. Ada juga kolam tanding, kolam anak-anak, dan kolam outbond.

Fasilitas seperti kamar bilas, penyewaan berbagai peralatan renang, hingga food court pun tersedia di sini.

Tiket:

Senin-Jumat: Rp 95.000

Sabtu-Minggu: Rp 200.000

Jam operasional:

Pukul 08.00-18.00 (Senin-Jumat)

Pukul 07.00-20.00 (Sabtu-Minggu)

7. Alive Museum

Berlokasi di Ancol Beach City Mall lantai 3, kita bisa menikmati karya seni lukis dan seni rupa yang dimodifikasi dengan teknologi digital di Alive Museum. Wahana ini dipersembahkan oleh sebuah perusahaan Korea lho.

Di sini, imajinasi kita bakal ikut bermain saat mencoba wahana yang dilengkapi dengan ilusi 3D, seperti Zona Fantasi, Dark Road, Zona Horor, Zona Ekstrim, Zona Sirkus, dan Zona Travel.

Gak cuma itu, ada juga patung-patung lilin dari para selebriti Indonesia dan Korea yang kelihatan sangat nyata lho! Cocok banget buat kamu yang doyan selfie dan mengunggah hasil jepretanmu di sosmed.

Mau foto kamu unik? Langsung aja bareng teman-teman ke wahana yang satu ini deh! (Alive Museum Ancol / blogspot)

Tiket:

Museum: Rp 100.000

Alive Museum & Alive Star: Rp 200.000

Jam operasional:

Pukul 10.00-21.00 (Selasa-Minggu)

Liburan gak selalu identik dengan bepergian jauh ke luar kota atau luar negeri. Di Jakarta juga banyak wisata menyenangkan yang bisa dikunjungi. Contohnya ya Taman Impian Jaya Ancol.

Jangan lupa buat selalu update info-info terbarunya ya, siapa tahu bisa dapet promo kan lumayan banget. Have fun ya!

 

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Bujet Pas-Pasan Bukan Berarti Gak Liburan Coba 4 Destinasi]

[Baca: Mau Liburan Unik dan Murah Yuk Pulau Satonda Ada Film Jailangkung]

[Baca: Wisata Keliling Jakarta Sendirian Siapa Takut]