Mau Jadi Pengusaha Sukses? Kamu Gak Bakal Nyesel Baca 7 Buku Inspiratif Ini

Dorongan untuk menjadi seorang pengusaha bisa datang dari mana aja dan kapan aja. Entah itu pengaruh dari lingkungan sekitar, tokoh sukses, film Hollywood, bahkan buku inspiratif yang memicu keinginan untuk berhasil. Saat ini udah banyak buku yang beredar tentang tips sukses menjadi pengusaha atau menceritakan kisah seseorang. Apa aja itu?

Untuk menjadi negara maju, kesadaran generasi muda untuk menjadi wirausahawan perlu ditingkatkan. Harus diakui bahwa sekarang perbandingan jumlah pekerja dan pengusaha di Indonesia masih jauh dari kata proporsional. Di negara maju, paling gak 14 persen penduduknya adalah pengusaha, sementara di Indonesia sendiri baru mencapai angka 3 persenan di tahun 2018 seperti yang dikatakan Presiden Jokowi, mengutip dari Kompas.

Oleh karena itu, udah menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa menciptakan lapangan pekerjaan bagi para angkatan kerja di Indonesia. Lagipula, siapa juga sih yang gak mau jadi pengusaha? Kan capek harus kerja terus setiap hari namun hasilnya gak seberapa.

Gak gampang memang menumbuhkan jiwa kewirausahaan buat semua orang, apalagi kalau dari kecil hanya diajarkan pelajaran formal di sekolah sampai bangku kuliah. Kemungkinan besar hal itu akan membuat mereka menjadi pekerja kantoran. Tidak ada salahnya juga sebetulnya. Namun, alangkah lebih baik jika kita yang memberikan kesempatan buat orang lain untuk bekerja. Ya kan?

Buat kamu yang lagi pengin mencoba belajar dan menumbuhkan jiwa pengusaha dalam diri, kamu bisa mempelajarinya dari berbagai macam hal termasuk buku yang akan dibahas pada artikel ini.

Mending langsung aja yuk kita simak 7 buku inspiratif yang wajib dibaca agar bisa menjadi pengusaha yang sukses.

Baca juga: Kisah Orang Kaya Tertua di Dunia yang Masih Ngantor di Usia 100 Tahun

1. Think and Grow Rich

Think and Grow Rich. (Indiamart)

Dikutip dari Jurnal, buku inspiratif tentang dunia usaha ini ditulis oleh seorang penulis terkenal asal Amerika Serikat bernama Napoleon Hill pada tahun 1937. Secara garis besar buku ini menceritakan mengapa banyak orang gagal ketika memulai usaha. Salah satu alasannya adalah karena mereka kurang tekun dan konsisten dalam menjalani prosesnya.

Buku ini juga menjadi salah satu buku paling laris dalam sejarah untuk kategori buku yang membantu pembacanya menyelesaikan masalah hidupnya

Baca juga: Tadinya Penjaga Toko, 4 Orang Ini Sekarang Jadi Crazy Rich, Siapa Aja Mereka?

2. The Lean Startup

The Lean Startup. (Bitterlemon)

Tulisan karya pengusaha sukses asal Amerika Serikat bernama Eric Ries ini menjadi buku inspiratif kedua yang bisa kamu baca. Setelah lulus kuliah di tahun 2001 ia mencoba perusahaan rintisan yang berhubungan dengan desain grafis, tapi sayangnya gagal.

Tidak putus asa, Ries akhirnya memutuskan untuk bangkit dan mencoba lagi membuat bisnis rintisan bernama IMVU yang bergerak di bidang jaringan sosial.

Untuk kamu yang pengin belajar tentang startup bisa membaca buku ini supaya mengetahui proses seperti apa yang kamu harus perhatikan untuk membangun bisnis tersebut.

Baca juga: Punya Usaha Kecil-kecilan, 4 Film Inspiratif Ini Bantu Usahamu Sukses

3. Focal Point

Focal Point.

Buku inspiratif yang ketiga ini ditulis oleh Brian Tracy, seorang motivator yang lahir di Kanada. Buku ini akan membantu kamu dalam mengatur manajemen waktu ketika kamu menjadi seorang pengusaha.

Karena manajemen waktu antara seorang pekerja dengan pengusaha memiliki perbedaan tersendiri menurut Tracy. Jadi, buat kamu yang memiliki kesulitan dalam mengelola waktu bisa membaca buku yang satu ini.

Selain buku Focal Point, Brian Tracy juga menulis beberapa buku yang gak kalah keren yakni Earn What You’re Really Worth, Eat That Frog! dan The Psychology of Achievement yang juga bisa jadi referensi.

4. The $100 Startup

The $100 Startup. (Techinasia)

Untuk kamu yang punya modal terbatas tapi pengin mendirikan sebuah perusahaan rintisan bisa membaca buku karya pria asal Amerika Serikat bernama Chris Guillebeau. Selain menjadi penulis ia juga berprofesi sebagai blogger dan pembicara.

Buku inspiratif berjudul The $100 Startup akan memberimu tips dan trik mengelola usaha dengan modal cuma Rp 1,4 juta doang. Kalo kamu salah satunya,mending langsung baca buku ini supaya bisa berhasil.

5. Buku inspiratif Purple Cow

Purple Cow. (Aurumreviews)

Jangan hanya tertarik dengan judul dan covernya yang menarik. Buku inspiratif yang ditulis oleh Seth Godin ini membantu para pembacanya untuk bisa menciptakan sebuah produk yang bernilai dan berkualitas tinggi.

Selain itu, Godin juga menambahkan bagaimana sebuah produk bisa menarik perhatian konsumen agar banyak dibeli.

Itu dia 5 buku inspiratif yang wajib dibaca agar bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses. Walaupun belum pasti langsung berhasil, tapi paling gak dengan membaca kelima buku itu kamu bisa menambah wawasan tentang dunia wirausaha. Untuk berhasil itu butuh proses, jadi kalau kamu gagal terus coba lagi sampai membuahkan hasil. Terus semangat! (Editor: Ruben Setiawan)

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Phasellus cursus rutrum est nec suscipit. Ut et ultrices nisi. Vivamus id nisl ligula. Nulla sed iaculis ipsum.

Contact

Company Name

Address