Mau Shopping Online? Sebaiknya Baca Ini Dulu Ya

Beragam jenis tindak kejahatan dengan sistem online kerap sekali terjadi. Hal ini tidak hanya menimbulkan kerugian dari sisi materi, namun juga dapat terjadi dalam bentuk yang lain. Misalnya, penyalahgunaan dan pencurian data kartu kredit, serta modus penipuan sejenisnya.

Perkembangan transaksi jenis ini memang menuntut kita agar lebih waspada dalam melakukan transaksi, terutama untuk situs yang tergolong baru dan menawarkan berbagai jenis barang/jasa dengan potongan atau harga yang menggiurkan. Bagi masyarakat yang awam akan hal ini, sangatlah penting untuk mengetahui beberapa kiat yang akan kami ulas berikut ini, mengingat maraknya kriminal di dunia maya.

Kartu kredit menjadi salah satu sarana yang paling sering dipergunakan dalam melakukan transaksi online, selain itu kita juga kerap kali diperkenalkan dengan istilah COD (Cash On Delivery) yang artinya pembayaran langsung tunai pada saat barang tiba di lokasi pengiriman. Guna menghindari hal tersebut, kewaspadaan kita pun harus ditingkatkan. Dengan beberapa tips yang akan kita ulas berikut ini, selayaknya menjadi pedoman dan wajib diketahui bagi Anda yang ingin melakukan transaksi menggunakan kartu kredit secara online, sehingga Anda dapat berbelanja dengan tepat, aman dan cerdas.

Alamat situs

Anda harus untuk memastikan alamat situs yang dikunjungi, ada kemungkinan alamat tersebut secara sengaja dibeli dan digunakan untuk melakukan penipuan. Misalnya, situs yang sangat populer dalam dunia perbankan saat ini, anda tidak perlu ragu untuk mengetik alamat websitenya di url browser , karena situs yang dirawat (update) setiap hari dan memiliki kualitas prima, pastinya akan muncul pada posisi Top Google. Dan sebaliknya, jika situs tersebut adalah hasil dari proses cloning atau dengan tingkat visibility yang rendah, maka tidak akan muncul di Google. Kejahatan seperti ini dikenal dengan istilah Typosquatting.

Keamanan situs

Bagi Anda yang memahami perbedaan Antara http dan https , sudah tidak diragukan lagi bahwa situs dengan https (Hypertext Transfer Protocol Secure) akan melindungi setiap data pelanggan yang telah masuk, termasuk memproteksi setiap transaksi yang sedang berlangsung. Sehingga terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan atau dengan sebutan cyber crime.

Waspadai penggunaan Wifi public

Wifi (Wireless Fidelity), banyak terdapat di sekitar kita, dan yang perlu diwaspadai adalah pengelolaan tingkat keamanan dari jaringan perangkat tersebut, tidak menutup kemungkinan adanya celah sehingga terjadi penyalahgunaan data.

Akun virtual

Akun virtual, atau VirtualAccount, adalah nomor identifikasi pelanggan perusahaan yang dibuka oleh pihak Bank atas permintaan perusahaan, yang selanjutnya diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya, baik perorangan atau pun non perorangan, dengan tujuan sebagai nomor rekening penerimaan. Ada beragam akun virtual  yang sudah memiliki reputasi salah satunya adalah Paypal, tentunya dapat anda gunakan dalam bertransaksi di berbagai situs terkemuka yang menerima pembayaran melalui situs ini.

Pengalihan Situs

Ketika Anda akan melakukan transaksi, lalu seketika diarahkan ke situs tertentu (redirect page), Anda harus memastikan dengan akurat bahwa pengalihan yang dituju memang benar dan valid. Hal ini patut diwaspadai dan menjadi salah satu faktor utama dalam keamanan bertransaksi.

Laporan Bulanan.

Periksalah dengan cermat setiap laporan/tagihan bulanan Anda. Memang pada dasarnya kejahatan di dunia maya tidak selalu menguras kocek Anda dalam jumlah yang besar. Namun dapat kemungkinan terjadi, peruntungan yang diperoleh adalah sebagian kecil dari batas penggunaan kartu kredit anda. Oleh karena itu, dengan mencermati secara seksama setiap laporan transaksi, Anda dapat mengetahui jika terdapat transaksi yang mencurigakan.

Maraknya transaksi dalam bentuk online, dan bermunculannya berbagai macam situs yang menawarkan dengan sistem seperti ini. Penggunaan kartu kredit menjadi sarana yang efektif, praktis dan dinamis. Hal ini mewajibkan Anda untuk meningkatkan kewaspadaan dalam memilih dan memastikan bahwa setiap transaksi yang dilakukan 100% aman. Semoga dengan ulasan diatas, dapat bermanfaat bagi kita semua. Untuk keterangan selengkapnya, silahkan Anda hubungi kami atau dengan mengunjungi situs kami di KreditAja.com. Selamat berbelanja!