8 Tips Membeli Laptop Second yang Berkualitas

8 Tips Membeli Laptop Second yang Berkualitas

Karena kondisi yang mengharuskan kita bekerja dari rumah, laptop memang tidak dapat dipungkiri menjadi sebuah kebutuhan penting untuk menunjang produktivitas kerja.

Tidak hanya untuk kalangan pekerja, bahkan anak sekolahpun sangat membutuhkannya.

Keinginan untuk membeli sebuah laptop kadang terkendala dana. Oleh karena itu, salah satu opsi untuk bisa memiliki laptop adalah dengan membeli laptop second.

Ternyata, hal ini juga tidak mudah.

Akan ada banyak risiko ketika Anda membeli barang second. Namanya juga barang second pasti sudah ada sisi minusnya.

Panduan Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Nah, agar Anda tidak kecewa ketika harus membeli laptop second, ikuti 8 tips membeli laptop second tapi berkualitas berikut ini.

1. Membandingkan Harga Pasar

Sebelum membeli laptop second, pastikan Anda melakukan survei harga terlebih dahulu untuk merek dan seri laptop yang diincar. Memang tidak ada harga yang pasti untuk sebuah barang second.

Pada dasarnya, harga pasti tergantung pada kondisi barang.

Tapi setidaknya, Anda punya patokan harga yang akan berguna saat melakukan negosiasi dengan penjual.

Anda bisa memanfaatkan platform jual beli barang bekas, seperti bukalapak dan olx.

Dari market place tersebut, anda sudah punya gambaran harga tertinggi dan terendah yang mungkin muncul.

Anda pun bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki. Kalau memang terlalu tinggi, Anda tinggal mencari laptop bekas yang sesuai dengan ketersediaan dana.

2. Pastikan Kondisi Bodi Laptop

Namanya juga barang bekas, pasti ada saja sisi minusnya. Usaha Anda hanya sejauh meminimalkan sisi minus yang ada pada laptop yang akan dibeli.

Hal yang paling mudah dilihat adalah kondisi fisik luarnya. Apakah ada lecet atau retak di badan laptop. Syukur-syukur bisa mendapatkan laptop dengan bodi yang mulus.

Memeriksa kondisi bodi laptop ini akan menjadi gambaran dari perilaku pemilik sebelumnya. Jika memang masih mulus artinya si pemilik lama cukup paham cara merawat laptop.

Hal ini menjadi indikasi positif bahwa laptop tersebut tidak pernah dipakai di tempat yang ekstrem. Hanya dipakai di dalam ruangan saja atau tempat outdoor yang cukup bersih.

3. Lakukan Cek Pada Segel

Tips membeli laptop bekas berkualitas berikutnya yang cukup penting adalah memeriksa kondisi segel di bagian bawah badan laptop.

Segel ini umumnya ditempatkan di atas baut yang mengunci laptop.

Kondisi segel yang masih utuh menandakan bahwa laptop tersebut belum pernah mengalami masalah. Kalaupun pernah diservice, segel yang  utuh menjadi indikasi kalau laptop itu diperbaiki di tempat service resmi.

Kalau memang segel pada laptop yang Anda inginkan sudah utuh, segera tanyakan apa saja perbaikan yang pernah dilakukan pada penjual.

Kalau hanya sekadar mengganti hardisk dengan kapasitas yang lebih besar relatif tidak akan bermasalah.

Tapi kalau sampai ada pergantian motherboard, lebih baik Anda mencari laptop yang lain daripada mendapat masalah di kemudian hari.

Anda harus pastikan kondisi segel yang utuh tersebut berasal dari distributor atau hanya sekadar segel toko saja.

Beda segel akan memengaruhi harga jual laptop. Jika masih memasang segel dari  distributor artinya laptop itu masih bisa bekerja baik selama ini.

Lain kalau yang dipasang adalah segel toko. Karena ada kemungkinan, jeroan laptop sudah berubah dari kondisi aslinya.

4. Tes Kondisi Baterai dan Charger

Salah satu spare parts laptop yang harus dicermati adalah kondisi baterai dan charger. Memeriksa charger dan baterai cukup membutuhkan waktu.

Untuk itu pastikan Anda mendapat jaminan bisa mendapatkan kembali uang jika kondisi baterai dan charger ternyata sudah jelek.

Salah satu cara mengecek kondisi baterai adalah dengan menggunakan laptop selama beberapa menit dengan mengaktifkan beberapa aplikasi berat. Lihat level baterai laptop saat pertama kali digunakan.

Setelah digunakan selama 10-15 menit lihat kembali level baterai. Jika berkurang dengan cepat, ada kemungkinan sel baterai sudah mengalami kerusakan.

Untuk memeriksa kondisi charger tinggal dicolokkan kabel ke laptop. Lihat apakah proses pengisian baterai dalam kecepatan normal atau lambat.

Pastikan juga kondisi kabel charger tidak ada yang terkelupas dan tidak hidup-mati sendiri ketika digunakan untuk mengisi baterai.

5. Periksa LCD

Layar LCD juga harus diperhatikan saat ingin membeli laptop second berkualitas mumpuni.

Periksa secara teliti seluruh bagian LCD, baik saat dimatikan maupun ketika dinyalakan.

Saat laptop mati pastikan tidak ada bintik-bintik atau warna yang berbeda di bagian sudut layar.

Saat dinyalakan juga periksa apakah ada bintik yang muncul di layar atau ada bagian yang terlihat buram padahal bagian lain terlihat jelas.

Sedikit tips saat memeriksa LCD adalah dengan membuka-tutup secara perlahan. Layar laptop yang sudah bermasalah ketika digoyang-goyang bisa berubah menjadi hitam atau putih.

Layar bergelombang juga menjadi indikasi kondisi layar sudah mulai rusak.

6. Pertimbangkan Untuk Pilih SSD

SSD lebih baik ketimbang HDD

Harddisk memang salah satu penyimpanan yang sangat trend pada masanya. Namun faktanya, laptop keluaran baru lebih condong menggunakan SSD.

Keunggulan SSD dibanding Harddisk sangatlah jauh. Sederhananya seperti berikut ini:

  • Write Speed 600% lebih cepat dibanding HDD
  • Kecepatan Booting meningkat 32x apabila OS diinstall pada SSD.
  • Memiliki daya tahan terhadap guncangan lebih baik.

Untuk mengecek kesehatan SSD laptop bekas, anda dapat menggunakan software yang bernama Sentinel. Sentinel adalah tools untuk mengecek kesehatan SSD dan HDD yang paling populer saat ini.

Dengan tools tersebut, performa, umur, kesehatan dan kecepatan write SSD dapat diketahui.

7. Cek Semua Tombol Keyboard

Kondisi keyboard yang masih normal menjadi syarat saat akan membeli laptop second. Anda tidak mau gagal menyelesaikan pekerjaan karena ternyata keyboard sudah mengalami kerusakan, bukan?

Cara memeriksanya relatif mudah. Buka  Office Word atau Notepad yang ada di dalam laptop.

Kemudian ketikkan semua huruf yang ada. Pastikan tidak ada satu pun huruf yang terlewat. Tombol lain seperti caps lock, shift, ctrl, alt, spase, del, dan panah juga harus ikut diperiksa.

Termasuk tombol-tombol di bagian atas seperti F1-F12, insert, hingga prt sc. Jangan sampai ada tombol yang terlewat. Jika semuanya masih bagus, Anda bisa mulai melakukan negosiasi harga dengan penjualnya.

8. Cek Garansi Laptop

Ada baiknya Anda mencari laptop yang berumur belum sampai satu tahun. Keuntungannya adalah Anda masih mendapat garansi resmi dari distributor merek laptop tersebut.

Sehingga ketika laptop mengalami masalah dan masih masuk dalam masa garansi, Anda tidak perlu mengeluarkan ongkos perbaikan karena semua masih ditanggung produsen atau distributor.

Kalaupun harus membeli laptop yang berumur lebih dari satu tahun, pastikan Anda tetap mendapat garansi dari toko atau penjualnya. Garansi model ini biasanya tidak terlalu lama.

Biasanya antara 1-2 minggu saja. Manfaatkan waktu yang ada untuk mengetes performa laptop dengan maksimal. Sehingga setelah melewati masa garansi toko, Anda bisa lebih tenang saat menggunakan laptop.

Kesimpulan

Anda telah mengetahui tips untuk membeli laptop second yang berkualitas. Apabila ketiga tips di atas sudah diterapkan dengan baik, saya yakin anda tidak akan takut-takut lagi untuk membuat pilihan.

Membeli laptop second memang butuh ketelitian dan kecermatan. Unsur kehati-hatian harus menjadi prioritas. Dan jangan pernah membeli laptop second secara online, kecuali pembelinya mau melakukan COD dan dibayar setelah semua proses pemeriksaan selesai.

Jangan malas untuk menanyakan semua hal tentang laptop yang akan dibeli kepada penjual, agar Anda pun bisa lebih yakin kalau barang yang akan dibeli memang masih laik pakai dan bisa bertahan lama.

 

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.

Tinggalkan komentar