Mengenal Jenis Mesin Printing beserta dengan kegunaannya

Mesin digital printing sudah menjadi alat yang wajib diperlukan bagi kamu yang ingin atau sedang menjalankan bisnis percetakan. Usaha percetakan atau tempat print cukup menjanjikan melihat begitu banyak masyarakat yang ingin mencetak sesuatu, baik untuk keperluan usaha maupun hal lainnya.

Meskipun percetakan atau printing identik dengan dunia pemasaran seperti spanduk, baliho dan sejenisnya, tetapi banyak juga percetakan yang bergerak di bidang lain seperti fotografi, brosur, kalender, dan lainnya. Sudah jelas mesin printing yang digunakan oleh masing-masing percetakan berbeda tergantung dari kebutuhannya.

Beberapa mesin cetak yang digunakan olehtempat print berdasarkan kebutuhannya akan dijelaskan di bawah ini.

1. Mesin Printing Offset

Biasanya mesin cetak offset baik manual hingga digital sering digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang cukup besar dan biayanya jauh lebih murah daripada mesin percetakan lainnya. Mesin ini mampu mencetak menggunakan kertas seperti HVS, Art Paper, Duplek, dan lain-lain.

2. Mesin Flexography

Mesin flexography lebih sering digunakan untuk mencetak kemasan suatu produk, mulai dari karton, kemasan, kantong plastik, karung, dan lain-lain. Selain tampilannya yang menarik, produk yang telah dikemas tetap terjaga kualitasnya.

3. Mesin Gravure

Berbeda dengan kedua mesin yang dijabarkan sebelumnya, mesin gravure mampu membuat hasil cetakan terlihat nyata dan bisa dirasakan pada objek tertentu, contohnya seperti ukiran pada furnitur, hiasan rumah, dan lain-lain.

4. Mesin Digital Printing

Kecanggihan teknologi saat ini mampu membuat mesin cetak berbasis digital yang jauh lebih cepat dan canggih. Hasilnya juga jauh lebih bagus dibandingkan dengan mesin printing manual. Mesin printing digital juga terbagi menjadi beberapa mesin tergantung dari kebutuhannya, yang diantaranya:

5. Mesin Printing Indoor Digital

Mesin printing digital indoor biasanya memang ditujukan untuk ditaruh di dalam ruangan indoor karena memiliki hasil cetakan yang halus dan berkualitas tinggi namun tidak tahan terhadap sinar matahari. Contohnya seperti poster, stiker, X-Banner, dan lain-lain.

6. Mesin Printing Outdoor Digital

Kebalikan dari indoor, mesin printing digital outdoor ditujukan untuk ditaruh di luar ruangan karena tingkat keawetan yang sangat tinggi sehingga dapat bertahan pada kondisi cuaca apapun. Biasanya berukuran agak besar seperti baliho, spanduk, dan lain-lain.

7. Mesin Printing Semi Outdoor – Indoor Digital

Mesin ini merupakan kombinasi dari keduanya dan menggunakan basis dari tinta eco solvent yang tidak berbau dan ramah lingkungan.

8. Mesin Printing Fotografi Digital

Mesin ini menggunakan media dye dan pigment serta lebih sering digunakan untuk mencetak foto karena kamera mampu menangkap sebuah gambar dengan kualitas yang jauh lebih tinggi.

9. Mesin Printing Tekstil Digital

Mesin ini ditujukan untuk mencetak hasil desain ke bahan kaos dengan menggunakan tinta khusus untuk menyublim. Mesin ini merupakan teknologi terbaru dalam dunia digital printing.

Tinggalkan komentar