Milenial Lebih Pilih Tinggal di Apartemen Karena Alasan Ini

Kemacetan di Jakarta membuat sebagian orang jenuh. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pinggiran dan bekerja di pusat kota. Mereka harus rela bangun di pagi buta agar tidak terjebak kemacetan kendaraan yang mengular.

Hal ini pula yang menjadi alasan kaum milenial untuk menyewa apartemen sebagai tempat tinggal. Untuk menghindari berlama-lama di jalan akibat macet, milenial mulai melirik lokasi hunian strategis berdekatan dengan kantor. Salah satu, menyewa apartemen sebagai lokasi tinggal.

Baca juga: Cegah Kesulitan Finansial Saat Menyambut Kelahiran Bayi, Orang Tua Wajib Baca Ini

Sewa apartemen unggul di fasilitas

Sewa apartemen unggul di fasilitas (Shutterstock).

Pengamat Properti Alviery Akbar justru membandingkan apartemen dengan indekos atau kos-kosan. Menurutnya, sewa apartemen memiliki keunggulan fasilitas. Tak hanya unit kamar, penyewa apartemen juga dapat menikmati fasilitas apartemen seperti tempat gym dan kolam renang.

“Apartemen dilengkapi dengan fasilitas lain seperti kolam renang, fitness center, multifunction room dan lainnya,” kata Akbar, dikutip dari laman Infonitas.

Analisanya kata dia, harga sewa apartemen tergolong sebanding dengan menyewa kamar kos-kosan. Misalkan dengan harga sewa Rp 2 juta – Rp 3 juta per bulan, penyewa sudah dapat menikmati berbagai fasilitas apartemen. Terlebih, nilai investasi terus bertambah setiap tahun.

“Kalau mereka di apartemen tidak perlu cari fasilitas lain. Sementara kalau di kos-kosan, kalangan muda ini harus cari tempat gym misalnya,” jelasnnya.

Sewa apartemen memangkas waktu perjalanan

Naik transportasi umum (Shutterstock).

Kondisi serupa dialami salah satu penghuni apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Kurniawan (29). Menurutnya, sewa apartemen dapat memangkas waktu perjalanannya menuju kantor di kawasan Kalibata. Padahal, sebelumnya dia harus menempuh perjalanan lebih dari satu jam dari kediamannya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Kalau macet parah bisa 2 jam perjalanan ke kantor. Apalagi kalau naik angkutan umum. Jadi waktu itu diajak teman untuk sewa apartemen. Ternyata lebih menguntungkan juga. Hemat uang dan waktu,” tandasnya.

Meski demikian ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menyewa apartemen, antara lain:

Baca juga: 7 Cara Jitu Liburan Hemat Akhir Tahun yang Gak Bikin Kantong Jebol

1. Lokasi strategis

Lokasi apartemen yang strategis (Shutterstock).

Buat kamu yang memang perlu menyewa apartemen untuk memangkas waktu perjalanan, ada baiknya cari lokasi yang strategis.

Tak jauh dari lokasi kamu bekerja juga kalau bisa ya. Jangan sampai kamu cuma buang-buang uang dikarenakan sewa apartemen yang jauh dari lokasi kerjamu.

2. Lebih cermat memilih full furnished atau tidak

Apakah kamu mampu menyewa apartemen full furnished atau lebih baik memilih apartemen kosong untuk menghemat biaya (Shutterstock).

Hitung berapa bujet yang kamu miliki untuk sewa apartemen. Apakah kamu mampu menyewa apartemen full furnished atau lebih baik memilih apartemen kosong untuk menghemat biaya.

Tetapi selama kamu masih seorang diri, ada baiknya pilih opsi sewa apartemen kosong. Kamu bisa membeli perabot murah di Jakarta, atau membawa perabotan pribadi. Karena tinggal seorang diri jauh lebih hemat ketimbang berkeluarga.

Baca juga: Bukan Bersantai, Ini Aktivitas yang Dilakukan Orang Sukses Setelah Pulang Kerja

3. Dekat dengan lokasi kuliner

Dekat dengan lokasi kuliner (Shutterstock).

Kalau kamu memang gak sempat untuk menyiapkan makanan sendiri untuk bekal di kantor, lokasi apartemenmu harus dekat dengan tempat makanan. Tetapi untuk mencari makan di Jakarta saat ini gak susah kok. Kalau hanya sebatas nasi goreng saja banyak di pinggir jalan.

Atau kalau mau hemat lagi ya kamu memasak sendiri, jauh lebih sehat juga pastinya. Semua tergantung apa dan bagaimana kebutuhan kamu dalam menyewa apartemen. Jangan sampai niat berhemat malah jadi boros ya. (Editor: Winda Destiana Putri).