Naik Haji? Ini Lho Biaya Haji Plus 2018 yang Harus Disiapkan

Biaya Haji Plus yang kabarnya mahal tetap diincar banyak masyarakat Indonesia. Fasilitas Haji Plus ini muncul untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin ke tanah suci tanpa menunggu lama.

Perlu diketahui bahwa Haji Reguler diselenggarakan oleh pemerintah, sedangkan Haji Plus diselenggarakan pihak swasta seperti travel agent.

Selain soal biaya yang lebih mahal, waktu berada di tanah suci menggunakan Haji Plus lebih singkat yakni sekitar 25-27 hari. Sementara untuk Haji Reguler dilaksanakan di Tanah Suci sekitar 40 hari.

Memang sih biaya Haji Plus bisa sampai 2 kali lipat Haji Reguler. Tapi, hal ini dikarenakan haji ONH Plus punya kelebihan-kelebihan ini.

Kelebihan Haji Plus dibanding Haji Reguler

(Image: suarasulutnews)
  1. Jadwal keberangkatan lebih cepat
  2. Lokasi penginapan Haji Plus biasanya jauh lebih dekat sedangkan Haji Reguler biasanya berlokasi 3-5 km dari Masjidil Haram
  3. Fasilitas hotel Haji Plus lebih banyak
  4. Kebutuhan akomodasi dan konsumsi jemaah Haji Plus ditanggung pihak penyelenggara. Sementara  konsumsi jemaah Haji Reguler menjadi tanggungan pribadi
  5. Jemaah mendapatkan bimbingan haji yang lebih intensif dan ekslusif

Biaya Haji Reguler vs biaya Haji Plus

(image: wartasolo)

Gak hanya itu, tarif biaya haji, baik Reguler maupun Plus dipengaruhi juga oleh lokasi daerah keberangkatan. Hal ini karena pengaruh dari biaya embarkasi alias biaya keberangkatan menggunakan pesawat.

Untuk Haji Reguler, berdasarkan daerah yang paling dekat dengan tanah suci, Aceh memiliki tarif terendah dibanding daerah lainnya, yaitu sebesar Rp 31.090.010. Sementara tarif termahal adalah Lombok dengan biaya sebesar Rp 38.789.305

Sementara itu, untuk biaya haji ONH Plus dipengaruhi oleh fasilitas hotel, jarak, dan jumlah orang dalam kamar yang ditawarkan oleh travel agent terkait. Besarannya berada pada kisaran 8.000 US$ sampai 12.000 US$ atau sekitar Rp 112, 7 juta hingga Rp 169 juta.

Besarnya biaya tersebut belum termasuk biaya perlengkapan haji jemaah, biaya pembuatan paspor dan dokumen perjalanan lainnya, pengeluaran pribadi, acara di luar program, kelebihan bagasi, biaya vaksin maningitis, dan biaya dam atau denda prosesi haji.

Prosedur pendaftaran haji ONH Plus

(Image: media.irham.asia)

Persyaratan haji ONH Plus atau haji khusus:

  1. Beragama Islam
  2. Memiliki kemampuan finansial untuk membayar setoran BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang ditetapkan Menteri
  3. Surat keterangan sehat dari dokter
  4. KTP yang masih berlaku
  5. Kartu keluarga
  6. Akte kelahiran atau kutipan akta nikah
  7. Surat keterangan dari PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau biro perjalanan  pilihan calon jemaah
  8. Pas foto berwarna dengan latar putih tampak wajah minimal 80 persen

Tata cara pendaftaran haji ONH Plus kurang lebih sebagai berikut:

  1. Calon jemaah memilih agen perjalanan yang telah mendapatkan izin dari Kemenag RI. Pastikan izin tersebut masih berlaku yah.
  2. Calon jemaah haji menyetor tabungan Haji Plus minimal sebesar 5.000 USD atau sekitar Rp 70 juta untuk mendapatkan nomor porsi ONH Plus. Biasanya pihak agen perjalanan yang akan mengambil nomor porsi Haji Plus.
  3. Setelah mendapatkan nomor porsi ONH Plus, calon jemaah menyerahkan berkas persyaratan kepada agen perjalanan
  4. Selanjutnya, kamu tinggal menunggu jadwal keberangkatan sekaligus mengikuti serangkaian manasik haji yang diselenggarakan pihak agen perjalanan.

Calon jemaah yang telah mendapatkan nomor porsi dapat melihat jadwal keberangkatan secara online di situs resminya. Caranya, masukan nomor porsi pada kolom yang tersedia di situs tersebut untuk melihat estimasi tahun keberangkatan.

Setelah jadwal diketahui, calon jemaah dalam melakukan berbagai persiapan meliputi pelunasan BPIH, persiapan pemantapan ilmu tentang manasik haji, dan persiapan menjaga daya tahan tubuh.

Jika waktu tunggu keberangkatan Haji Reguler berkisar antara enam hingga belasan tahun, calon jemaah Haji Plus hanya perlu menunggu sekitar 1-3 tahun atau bahkan lebih cepat.

Selain biaya Haji Plus yang dibutuhkan di atas, biasanya calon jemaah juga perlu menyediakan biaya syukuran sebelum berangkat maupun setelah pulang serta biaya oleh-oleh dari Tanah Suci untuk kerabat.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang Haji Plus. Walau biayanya lumayan tinggi, fasilitas dan manfaat yang kamu dapatkan juga sepadan. Meski begitu pemilihan Haji Plus atau Reguler tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu.

Sebagai calon jemaah kamu juga wajib memahami prosedur dan persyaratan haji dengan baik agar tak jadi korban tipu oknum-oknum tak bertanggung jawab.