New Honda Accord Resmi Mengaspal di Thailand, Kapan Giliran Indonesia Nih?

Honda Accord terbaru diketahui sebelumnya telah resmi meluncur di Amerika Serikat pada 2017 lalu. Gak lama setelah itu, diperkenalkan di Thailand pada November 2018 bersamaan dengan Thai Motor Expo di Bangkok.

Setelah menunggu hampir empat bulan akhirnya Honda secara resmi memasarkan Accord terbaru disana. Datang sebagai model 2019, di Thailand Honda Accord ditawarkan dalam dua pilihan mesin yang sangat berbeda dari generasi sebelumnya.

Diberitakan Paultan, Honda Accord terbaru tersedia dengan mesin 1.5 litre VTEC Turbo sama seperti yang digunakan oleh Honda Civic dan Honda CR-V. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga maksimal 187 hp dan torsi puncak 243 Nm pada rentang 1.500 sampai 5.500 rpm.

Sedangkan Honda Accord tipe 2.0L Hybrid dibekali dengan sistem Sport Hybrid i-MMD (Intelligent Multi-Mode Drive), yang terhubung dengan 2.0 litre naturally aspirated i-VTEC dan dua motor listrik. Jika keduanya bekerja secara bersamaan maka tenaga yang dihasilkan mencapai 215 hp. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis jenis CVT.

Honda Accord tipe 1.5 Turbo merupakan pendatang baru yang hadir dengan velg 17 inch dan dibungkus karet hitam berukuran 225/50. Sedangkan versi hybrid punya velg satu inch lebih besar dan dibalut ban berukuran 235/45. Pesaing Toyota Camry ini punya panjang tubuh sekira 4.920 milimeter (mm) dan lebar 1.860 mm. Sedan baru Honda lebih pendek 10 mm dan lebih lebar 10 mm dibandingkan model terdahulu.

Honda Accord terbaru sudah dilengkapi dengan head-up display (HUD), layar TFT tujuh inch, dan wireless charging. Khusus Accord tipe hybrid akan datang dengan fitur keamanan Honda Sensing, Collision Mitigation Braking System, Lane Departure Warning, Road Departure Mitigation, Adaptive Cruise Control dengan Low-Speed Follow dan sebagainya.

Baca juga: Visit the Heart of Borneo Menjadi Momentum Kebangkitan Pariwisata Kalimantan

Segera Meluncur di Indonesia

Honda New Accord (Shutterstock).

PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Honda di Indonesia sampai saat ini masih menjual Accord versi lama. Kemungkinan setelah Thailand, dalam waktu dekat Honda Accord terbaru bakal masuk pasar Indonesia.

Kepastian masuknya sedan premium itu sudah lama tercium. di mana HPM kedapatan telah mendaftarkan Honda Accord Turbo ke Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta.

Dari data BPRD, HPM telah mendaftarkan mobil calon barunya dengan kode ACCORD 1.5TC EL CVT. Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director HPM enggan berkomentar banyak terkait kedatangan Honda Accord turbo ke Indonesia.

“Belum bisa aku jawab, nanti ya kalau sudah saatnya,” kata Jonfis kepada Carmudi belum lama ini.

Untuk diketahui Honda Accord yang dijual oleh HPM memiliki mesin berkapasitas 2.4L DOHC i-VTEC. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan daya 176 ps pada 6.200 rpm dan torsi puncak 225 Nm pada 4.000 rpm. Honda menjualnya dengan harga Rp 664,5 juta.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Enam Langkah Strategis Dongkrak Devisa Pariwisata

Sejarah Honda Accord

Honda Accord (Shutterstock).

Honda Accord adalah keluarga mobil sedan kompak hingga ukuran menengah (mid-size) yang dibuat oleh Honda sejak tahun 1976. Kemudian mulai dipasarkan secara luas pada berbagai pasar otomotif di seluruh dunia.

Pada tahun 1982, Honda Accord yang selanjutnya dibuat di Sayama, Jepang, menjadi mobil pertama yang diproduksi di Amerika Serikat. Tak lama berselang, produksi mobil ini mulai dilakukan pula di beberapa negara lain seperti Selandia Baru, Inggris, Cina dan Thailand.

Honda Accord telah meraih cukup banyak penghargaan, utamanya di Amerika Serikat sebagai kategori mobil Jepang yang paling banyak terjual selama lima belas tahun (1982-1997). Pencapaian puncaknya pada periode penjualan tahun 1991 dan 2001, dengan jumlah mencapai kisaran sepuluh juta kendaraan yang berhasil terjual. Berbagai uji coba yang dilakukan baik pada masa lalu ataupun saat ini menyimpulkan Accord sebagai salah satu kendaraan yang memiliki reliabilitas terbaik di dunia.

Sejak dikenalkan, Honda telah menawarkan beberapa bentuk mobil serta versi yang berbeda atas keluarga Accord. Seringkali kendaraan yang dipasarkan dengan membawa nama keluarga Accord memiliki ragam model dengan tingkat perbedaan yang cukup substansial di tiap-tiap region pemasaran.

Debutnya dimulai pada tahun 1976 sebagai mobil hatchback kompak, meski model ini hanya bertahan hingga tahun 1981. Melalui generasi ke enam pada tahun 1990-an, Accord berevolusi menjadi sedan ukuran menengah, dengan satu model dasar namun dengan bentuk dan proporsi yang berbeda untuk meningkatkan daya saing terhadap kendaraan pesaing lain yang terdapat di pasar internasional. (Editor: Winda Destiana Putri).