Peluang Usaha Terbaru, Ini 10 Ide yang Pasti Dibutuhkan People Zaman Now

Bicara peluang usaha baru, beberapa tahun belakangan ini perlu diakui cukup banyak hal baru yang hadir. Masyarakat modern yang memiliki kegemaran berbeda dengan zaman dulu adalah salah satu faktornya jadi usaha modal kecil.

Misalnya aja, dulu orang memelihara hewan tanpa perlu embel-embel seperti salon dan sebagainya. Namun kini, cukup banyak orang yang sangat perhatian terhadap penampilan hewan peliharaannya dan memikirkan peluang usaha baru.

Nah, melihat kebiasaan dan kesukaan yang semakin bergeser ini, yuk coba ide-ide berikut. Peluang usaha terbaru ini mulai dilirik oleh masyarakat zaman now.

1. Toko, salon, dan penitipan hewan peluang usaha baru

Peluang Usaha Terbaru
Buka salon hewan (riponpets)

Beberapa tahun belakangan ini, hewan peliharaan bukan lagi sekadar dipelihara aja. Para pemilik hewan ini mulai memerhatikan penampilan hewan peliharaannya.

Bukan cuma pemilik hewan seperti kucing-kucing ras aja tetapi mereka yang pelihara kucing biasa pun jadi sangat perhatian. Bahkan, para pemilik hewan tersebut membentuk grup pecinta hewan.

Nah, kesempatan ini kamu bisa manfaatkan sebagai ladang bisnis. Kamu bisa coba usaha toko kebutuhan hewan, salon, dan penitipan hewan. Keuntungannya pun gak bisa dipandang remeh.

Salah satu pengusaha petshop bernama Lely menuturkan melalui Tempo, dia meraih omzet hingga Rp 400 juta.

[Baca: Bisnis Salon Hewan, Unik Tapi Pantas Dilirik]

2. Penyewaan perlengkapan kamera

sewa kamera
Penyewaan kamera karena cukup banyak yang butuh (kompas)

Kebanyakan orang kini pengin menampilkan foto yang bagus di media sosial, kebutuhan akan kamera pun makin tinggi.

Sayangnya beberapa kamera yang bagus punya harga yang cukup mahal. Mau beli tetapi liburan juga gak sering.

Buat memenuhi keinginan mereka yang pengin dapat foto-foto bagus saat liburan, kamu bisa sediakan jasa sewa kamera.

Emang sih usaha ini agak riskan karena kamu mesti siap menghadapi beberapa kemungkinan buruk. Contoh, kamera hilang atau kamera dikembalikan dalam keadaan rusak.

Meski cukup riskan, bukan berarti gak ada solusi. Kamu bisa mengantisipasinya dengan menargetkan konsumen dari kalangan profesional, terapkan syarat ketat, dan masukkan perhitungan bila hilang dan rusak.

3. Jasa perawat lansia

perawat lansia
Sediakan jasa perawat para lansia (hellosehat)

Di Indonesia, jasa ini terbilang jarang sebagai peluang usaha baru. Padahal beberapa waktu terakhir ini, kebanyakan masyarakat khususnya di kota-kota besar sangat sibuk.

Kamu bisa ambil kesempatan ini dengan menawarkan jasa merawat lansia. Tentu aja butuh kesiapan buat sabar dan menguasai gimana caranya merawat lansia.

4. Salon keliling

Salon keliling
GO-Glam udah lebih dulu sediakan jasa salon keliling (techinasia)

Gak heran GO-JEK melirik layanan salon keliling dan menyediakannya di aplikasi mereka. Yap! Layanan GO-Glam, kamu pasti tahu dong?

Masyarakat perkotaan yang sibuk bisa jadi target pasar buat kamu. Kamu bisa coba peluang usaha terbaru ini dengan gak cuma buka salon di rumah tetapi juga datang ke rumah pelanggan.

Kamu bisa sediakan layanan panggil ke rumah atau bahkan kantor customer.

5. Jasa kebersihan keliling

Jasa kebersihan keliling
Coba tiru konsep GO-Clean deh (go-jek)

Gak perlu malu buat sediakan jasa ini kepada mereka yang butuh. Nyatanya cukup banyak orang yang butuh jasa kebersihan keliling. Bisa jadi karena gak mau sewa asisten rumah tangga atau ART sedang mudik.

Terbukti layanan ini mulai dilirik gak cuma oleh GO-JEK lewat Go-Clean mereka tetapi juga beberapa startup lain seperti Beres.id dan lainnya.

Nah, kamu pun bisa meramaikan bisnis yang hadir dalam kemasan baru ini.

[Baca: Cari Tenaga Infal Karena ART Gak Balik Abis Mudik? Cek di 6 Jasa Infal Online Ini]

6. Jasa photobooth

Jasa photobooth
Jasa photobooth (singaporebrides)

Kebanyakan pesta pernikahan saat ini gak cuma menyediakan makanan dan hiburan aja. Ada satu spot yang menarik perhatian para tamu, yaitu photobooth.

Photobooth ini adalah tempat para tamu berfoto ria. Namun, gak cuma sekadar foto-foto aja. Di photobooth biasanya tersedia properti yang bisa dipakai buat menambah semarak foto.

Fotografer bakal mengambil foto para tamu di area tersebut. Kemudian, foto bakal langsung dicetak.

Nah, bisnis kekinian ini sekarang punya demand yang tinggi. Kalau kamu emang jago di bidang fotografi, kenapa gak coba buat terjun ke bisnis ini?

[Baca: Ini 5 Ide Bisnis Kekinian yang Cocok untuk Acara Nikahan]

7. Produk handmade daur ulang

Produk handmade daur ulang
Tas handmade dari bungkus deterjen (TuguPahlawan)

Produk handmade daur ulang satu ini gak biasa. Kamu bisa manfaatkan bungkus plastik makanan tertentu dan menggabungkannya. Kamu bisa jadikan tas, storage, dan sebagainya.

Lihat deh contoh gambar di atas. Bungkusan yang harusnya jadi sampah tersebut malah jadi menarik perhatian, kan?

8. Katering makanan sehat

Katering makanan sehat
Katering makanan sehat (BisnisUKM)

Alasan kenapa kamu harus coba usaha ini adalah masyarakat yang semakin concern pada gaya hidup sehat. Pun yang namanya makan tentu jadi kebutuhan utama manusia, bukan?

Pokoknya bisnis makanan gak ada habisnya deh. Nah, kali ini yang cukup digemari adalah katering makanan sehat.

Salah satu trik buat menarik perhatian calon konsumen adalah kasih bukti tertentu. Misalnya, dengan berlangganan katering kamu dan mengikuti aturannya, konsumen bisa menurunkan berat badannya.

9. Jasa konsultasi percintaan

konsultasi percintaan
konsultasi percintaan (Youtube)

Ini dia peluang usaha terbaru yang masih cukup jarang ada di Indonesia. Selain itu, bisnis satu ini terbilang unik.

Gak sedikit orang yang mengalami masalah percintaan. Misalnya, belum temukan pasangan atau malah punya masalah dengan pasangan.

Kalau kamu jago mempersuasi orang lain dan bisa memberi wejangan cerdas, kenapa gak coba terjun di bisnis ini?

Di Indonesia, salah satu jasa konsultasi percintaan yang cukup terkenal adalah Hitman System. Apa aja yang dijual? Beberapa di antaranya adalah seminar mengenai percintaan, konsultasi, dan buku.

Tertarik buat jadi pesaing Hitman System?

10. Konsultan digital marketing peluang usaha baru

Konsultan digital marketing
Konsultan digital marketing (instantinternetmarketing)

Hampir semua bisnis yang udah disebutkan di artikel ini butuh exposure alias promosi. Salah satu media yang cukup efektif sekarang ini adalah Internet dan media sosial.

Kebutuhan tersebut bisa kamu jadikan ladang usaha. Buat kamu yang emang ahli di bidang digital marketing, kamu bisa tawarkan paket promosi tertentu.

Digital marketing sendiri cukup luas. Kamu bisa tawarkan jasa buat menaikkan website mereka di mesin pencari, menaikkan nama usaha tersebut di media sosial, dan sebagainya.

[Baca: Teknologi Makin Maju, 5 Peluang Kerja Ini Bakal Banyak Dilirik]

Dari antara ke-10 peluang usaha terbaru yang udah disebutkan, mana ide yang paling menarik buat kamu?

Kamu punya ide bisnis yang terbilang baru lainnya atau peluang usaha baru? Yuk, bagikan di kolom komentar.