Pengin Investasi Emas yang Menguntungkan? Ikuti 5 Langkah Ini

Pengin Investasi Emas yang Menguntungkan? Ikuti 5 Langkah Ini

Kini udah banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih untuk meraup pundi-pundi rupiah, salah satunya adalah investasi emas. Buat investasi emas kamu perlu nih ikuti lima langkah ini siapa tahu bisa menguntungkan.

Selain mudah, investasi emas itu juga gak perlu modal gede lho. Masa sih? Nah, kamu bisa tuh terjun ke tabungan emas untuk bikin kekayaanmu semakin beranak pinak.

Lagipula modalnya pun juga gede lho. Pasalnya dengan mengeluarkan uang gak sampai Rp 10 ribu, kamu udah bisa memiliki 0.01 gram emas batangan.

Selain itu, caranya pun mudah. Kamu hanya perlu mendatangi salah satu kantor Pegadaian dan membuka tabungan emas. Jadi, udah gak ada alasan lagi dong buat gak investasi?

Tapi, kamu perlu melakukan beberapa langkah yang benar agar investasi emas kamu itu menguntungkan. Ya, namanya juga investasi, tentu kamu ingin kekayaanmu terus beranak pinak dong?

Gimana caranya? Yuk, ikuti lima langkahnya di bawah ini yang udah dirangkum oleh MoneySmart.id berikut ini: 

1. Tentukan tujuan investasi emas

Tentukan tujuan investasi emas, (Ilustrasi/Pixabay).

Setiap akan berinvestasi, kamu tentu memiliki tujuan untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya. Karena itu, sebelum benar-benar memulai investasi emas, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu ke diri sendiri apa tujuan yang kamu inginkan.

Misalnya nih, dalam 10 tahun ke depan kamu ingin berlibur ke luar negeri. Nah, salah satu caranya ya dengan berinvestasi emas karena harganya akan cenderung naik.

Jika sudah memiliki tujuan di atas, kamu tentu harus konsisten membeli emas tapi harus sesuai juga dengan kemampuan. Jangan memaksakan diri yang bikin kamu jadi kewalahan sendiri.

2. Cek harga emas

Buat investasi emas, kamu perlu cek harga sebelum membelinya, (Ilustrasi/Pixabay).

Jika sudah memiliki tujuan investasi, jangan tergesa-gesa membeli emas. Kamu perlu mengecek dulu harga emas di pasaran seperti cek di internet atau situs langsung Pegadaian.

Selain itu, cek harga emas juga bisa melalui aplikasi yang menyediakan jual beli emas seperti Tamasia. Kalau mau lebih pasti, kamu bisa cek harga secara konvensional. Bisa datang ke toko-toko tertentu atau tempat menjual emas resmi di kantor Antam, Pegadaian, dan lainnya.

Kamu juga perlu memastikan waktu yang tepat buat membeli emas. Rumusnya adalah beli emas saat harga sedang turun dan jual emas saat harga sedang naik.

3. Tentukan emas yang akan dibeli

Saat ivestasi emas, perlu diperhatikan juga emas yang bakal dibeli, (Ilustrasi/Pixabay).

Saat kamu sudah mengecek harga, selanjutnya kamu tentukan berapa besaran emas yang akan kamu beli buat investasi.

Selain itu, tentukan juga periode waktu pembelian emas yang akan kamu tentukan buat investasi. Misalnya aja, ingin investasi emas setiap bulannya sebanyak 5 gram.

Kalau harga emas per gram misaknya Rp 500 ribu. Berarti setiap bulan, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp 2,5 juta.

4. Tentukan tempat pembelian

Saat mau membeli emas buat investasi mesti perhatikan tempat membelinya, (Ilustrasi/Pixabay).

Langkah investasi yang benar selanjutnya adalah dengan membeli emas di tempat yang terpercaya. Karena itu, pastikan terlebih dahulu di mana aja tempat membeli emas yang resmi.

Pasalnya, kini udah banyak sekali kasus penipuan saat membeli emas. Jangan mau percaya aja jika ada pihak yang menawarkan emas dengan proses cepat tapi yang didapat cuma sertifikatnya doang.

Karena itu, ada baiknya kamu cek di tempat-tempat yang jual beli emas terpercaya. Misalnya aja di Pegadaian maupun di Antam.

5. Periksa kondisi emas

Saat membeli emas buat investasi juga perlu cek kondisi keaslian emas, (Ilustrasi/Pixabay).

Tahap terakhir adalah dengan memastikan kondisi emas saat kamu sedang berada di tempat jual beli emas.

Jadi, pastikan dulu keaslian emasnya dulu. Ya, jangan sampai emas yang kamu beli itu palsu. Lebih teliti juga kondisi emas yang dibeli buat investasi dengan kondisi yang  mulus dan gak cacat.

Selain itu, kamu bisa mengajak orang yang tahu atau ahli dalam hal emas. Agar kamu tak tertipu oleh penjual, sekalipun tempat beli emas yang kamu datangi untuk resmi.

Nah, itu dia lima langkah mudah dan benar agar investasi emasmu menguntungkan. Karena itu, saat kamu mendapatkan rezeki nomplok sebaiknya jangan dihabiskan buat bersenang-senang aja. Kamu bisa mengalokasikannya buat terjun ke investasi emas. Tujuannya ya apalagi kalau bukan demi masa depan yang lebih baik. (Editor: Mahardian Prawira).

About the author

Pretium lorem primis senectus habitasse lectus donec ultricies tortor adipiscing fusce morbi volutpat pellentesque consectetur risus molestie curae malesuada. Dignissim lacus convallis massa mauris enim mattis magnis senectus montes mollis phasellus.