Perlahan Tapi Pasti, Yuk Belajar Sukses dari Pidi Baiq Si Penulis Dilan

Kamu kenal Pidi Baiq? Mungkin dulu gak banyak orang yang tahu soal seniman multi-talenta yang satu ini. Sebab, sebelum Dilan benar-benar melambung karena diangkat ke layar lebar, nama Pidi Baiq lebih dikenal oleh kalangan tertentu, terutama penulis ber-genre indie.

Buat kamu yang udah mengikuti Pidi Baiq sejak lama, kamu pasti udah tahulah ya gimana nyentrik dan nyablaknya pria asal Bandung tersebut. Hal tersebut terlihat banget dari berbagai tweet-nya, atau saat dia sedang diundang buat jadi pembicara di sejumlah acara. Gak cuma itu aja, buku-buku yang dihadirkan oleh Pidi Baiq pun banyak menggunakan bahasa lisan yang khas Pidi banget.

Melihat kesuksesan film Dilan di layar lebar yang ditonton lebih dari enam juta penonton, tentu patutlah kalau kita berbangga punya seniman kayak Pidi Baiq. Apa sih rahasia suksesnya hingga mencapai salah satu titik tertinggi dalam perjalanan kariernya tersebut? Yuk, simak poin-poin berikut.

1. Multi-talenta

Pidi Baiq. (Instagram/@pidibaiq)

Yap! Kemampuan Pidi Baiq yang beragam tentu jadi nilai plus buat dia. Dengan gitu, dia mampu meraih lebih banyak perhatian karena pemerhati Pidi Baiq berasal dari berbagai kalangan.

Hingga kini, Pidi Baiq aktif sebagai penulis, ilustrator dan komikus, musisi dan pencipta lagu, bahkan sebagai dosen. Ya, Pidi Baiq adalah dosen di Fakultas Seni dan Sastra Institut Teknologi Bandung. Pun dia dulu emang alumnus universitas tersebut.

Hebat banget, kan?

Sementara itu di dunia musik, Pidi Baiq mendirikan band bernama The Panas Dalam. Bahkan, dia mengklaim diri sebagai “imam besar” The Panasdalam. Nyeleneh habis!

Melihat ragam profesi yang digeluti oleh Pidi Baiq, gak salah deh kalau banyak kalangan mengenal dia. Kamu pun bisa ikuti cara ini bila pengin dikenal.

2. Berani beda

Pidi Baiq. (Instagram/@pidibaiq)

Pidi Baiq dikenal dengan gaya bicaranya yang nyablak habis. Nah, hal ini tentu jadi nilai lebih buat Pidi Baiq agar semakin dikenang oleh pendengarnya.

Namanya juga seniman. Kalau gak “gila” tentu kurang yahud ya?

Kamu pun bisa demikian. Bila kamu punya passion tertentu maka terjunlah sedalam-dalamnya. Jangan tanggung-tanggung. Kemudian, miliki karakter sendiri. Gak perlu ikut-ikutan dengan tren.

Justru dengan kamu punya ciri khas tertentu dan berani tampil beda, orang bakal lebih mudah mengenali kamu.

3. Produktif

Pidi Baiq. (Instagram/@pidibaiq)

Sulit buat meraih kesuksesan yang kamu mau, kalau kamu aja gak kerja keras. Bakat aja gak cukup. Kamu perlu menunjukkan karya kamu. Tapi, kalau cuma satu karya aja tentu agak sulit buat bikin kamu dikenal banyak orang.

Pidi Baiq dikenal sebagai seniman yang produktif banget. Sebelum menulis trilogi Dilan, pria yang kerap disapa Ayah tersebut udah menulis berbagai buku lain. Beberapa buku tersebut adalah Drunken Monster, Hanya salju dan Pisau Batu, At-Twitter dan banyak lagi.

4. Menyasar pasar milenial

Pidi Baiq. (Instagram/@pidibaiq)

Ini dia rahasia Pidi Baiq semakin dikenal oleh banyak orang. Dia gak perlu jadi seniman yang mengusung karya yang berat-berat. Justru dengan kesederhanaan yang ditampilkan, Pidi Baiq mudah diterima oleh berbagai kalangan, khususnya anak muda.

Cara yang ditempuh Pidi Baiq pun sangat kekinian. Dia gak cuma aktif menulis buku dan berkarya. Namun, dia menggunakan beragam platform kekinian yang memungkinkan dia dekat dengan generasi milenial.

Yap! Imam The Panasdalam ini sangat aktif di Twitter dan Instagram. Total pengikutnya di Twitter lebih dari setengah juta. Di Instagram, Pidi Baiq diikuti oleh 364 ribu pengikut.

Angka yang cukup fantastis, kan?

5. Gak pelit mem-follow back

Pidi Baiq. (Instagram/@pidibaiq)

Sebelum seterkenal sekarang, Pidi Baiq gak pelit buat mem-follow back pengikutnya di Twitter. Kamu bisa lihat angka following dan followers-nya. Emang sih beberapa waktu terakhir ini hal tersebut agak sulit dilakukan. Sebab, pengikut Pidi Baiq udah membludak banget dibandingkan beberapa tahun sebelumnya.

Cara tersebut tentu membantu Pidi Baiq makin dekat dengan pengikutnya. Para pengikutnya di Twitter tentu bakal lebih merasa diapreasi, bukan? Lagian siapa sih yang gak suka di-follow back sama publik figur? Jujur deh.

Nah, kalau kamu pengin terkenal kayak Pidi Baiq, beragam rahasia di atas bisa banget kamu terapkan. Yang penting adalah action!

Oh ya, Pidi Baiq dalam waktu dekat bakal menggarap film berikutnya setelah Dilan. Ada Koboy Kampus yang bakal menggebrak bioskop. Sukses buat Ayah!