Piknik ke Korea Bareng Orangtua dengan Bujet Rp 10 juta, Bisa Banget!

Sebagai anak, tentu kita mau bikin senang orangtua. Masak, sudah dibiayain ini-itu sedari kecil terus kita tinggal begitu saja?

Memang, orangtua pasti gak meminta apa-apa selain ingin melihat anaknya hidup nyaman dan bahagia. Namun gak ada salahnya kita memberikan bonus buat ayah-bunda, mama-papa, pak’e-buk’e, atau sebutan lainnya buat ortu di rumah.

Salah satu bonus yang sering dipilih adalah piknik bareng orangtua. Tapi biasanya sih piknik ke tempat yang dekat-dekat saja, ke Puncak misalnya. Atau Bali yang paling jauh. Hayo, ngaku.

Untuk kali ini, coba deh kita mengajak piknik orangtua ke tempat yang berbeda. Misalnya, Korea!

Kenapa piknik ke Korea? Pertama, negeri ini cocok jadi pilihan kalau kita suka K-Pop atau drama-drama Korea. Kedua, negeri ini sangat perhatian dan ramah orangtua.

Lihat saja di situs promosi wisata Korea. Ada sederet tips buat turis orang tua, termasuk bagaimana cara mendapatkan diskon!

Jadi, lumayan banget kalau kita punya bujet terbatas. Tetap bisa deh piknik bareng orangtua ke Korea dengan bujet minim.

Tapi, ada cara-caranya ya biar bujet gak jebol. Gak bisa asal terbang ke Korea lalu plesir ke sana-sini. Mau tahu caranya? Simak di bawah ini:

1. Cari penerbangan murah

Tiket pesawat murah buanyaaak. Tapi, ada triknya biar bisa dapat. Salah satunya, pesan sejak jauh hari karena harga tiket menjelang keberangkatan biasanya lebih mahal.

Bisa tuh pakai SkyScanner atau situs komparasi perjalanan sejenis. Terus, bandingkan antara satu maskapai dan maskapai lain. Jangan lupa cari diskon, setidaknya khusus buat manula.

 

piknik ke korea

Cari tiket termurah makin gampang dengan adanya aplikasi online

Garuda Indonesia biasanya ada tuh program diskon 25% buat para manula. Misalnya saja harga tiket pesawat Garuda Indonesia ke Seoul adalah Rp 8 juta pergi-pulang. Kalau diskon 25% lumayan tuh cuma bayar Rp 6 juta saja.

[Baca: Sssst… Ini Dia Trik Dapat Tiket Pesawat Termurah Buat Keliling Dunia]

2. Cari hotel murah

Pertama, ingat, murah bukan berarti murahan. Kita tetap harus memastikan kenyamanan orang tua saat bepergian ke luar negeri.

Sama kayak tiket pesawat, kamar hotel juga biasanya lebih murah kalau dipesan sejak jauh hari. Coba buka situs kayak Agoda untuk mendapat perbandingan hotel murah di Korea.

Di situs Agoda, hotel termurah adalah $70 per malam. Kalau dikalikan kurs Rp 13.000 berarti sekitar Rp 900 ribu per malam.

Kalau berencana menginap selama 5 hari 4 malam berarti = Rp 4.500.000

Kalau bisa, cari yang lokasinya dekat dengan akses transportasi. Jadi, gak perlu berjalan jauh buat naik kereta atau bus. Kalau naik taksi terus buat ke sana-kemari kan bisa boncos dompetnya.

3. Bikin rencana

Ini nih yang sangat penting. Bikinlah rencana bepergian. Rencana ini mencakup bujet dan tempat yang akan dikunjungi.

Soal bujet, jangan lupa lihat kurs rupiah terhadap won Korea. Lihat tren mata uang, tukarkan ketika rupiah kuat terhadap won, bukan malah sebaliknya.

[Baca: Punya Planning ke Luar Negeri? Ini 5 Tips Tukar Duit dengan Pintar]

Jangan sampai pengeluaran melebihi bujet, ya. Ini termasuk bujet buat tiket pesawat plus kamar hotel dan pengeluaran selama di Negeri Ginseng. Kalau bisa, tetapkan bujet per individu.

 

piknik ke korea

Destinasi di Korea Selatan itu banyak banget! Pilihlah yang sesuai dengan keadaan orangtuamu

Misalnya bapak dan ibu Rp 10 juta. Lalu suami/istri masing-masing Rp 5 juta. Dan seterusnya. Buat jaga-jaga, bawa kartu kredit selain duit tunai. Tapi lihat dulu aturan kartu kreditmu, terutama soal biaya kalau dipakai di mancanegara.

[Baca: Mau Gesek Kartu Kredit di Luar Negeri? Jangan Abaikan 5 Aturan Main Ini]

Soal destinasi, utamakan destinasi yang ramah orang tua, ya. Apalagi jika orang tua sudah renta sehingga butuh perhatian ekstra.

Di situs travel World666 ada rekomendasi destinasi yang ramah orang tua. Ramah di sini artinya ada diskon juga lho buat karcis masuknya. Cihuy gak tuh.

4. Bawa obat-obatan

Ini sepele, tapi kerap dilupakan orang. Obat-obatan wajib dibawa ke mana saja, apalagi ke luar negeri. Sama orang tua lagi.

Bawa yang sederhana saja. Misalnya obat penurun panas, obat sakit kepala, dan obat merah. Ingat, di Korea kemungkinan besar asuransi kesehatan kita gak berlaku, apalagi BPJS Kesehatan.

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua (cieeee), kita mesti memastikan mereka nyaman saat bepergian. Jadi, jangan hanya ngejar murahnya.

Nah, kalau di total buat tiket dan akomodasi sudah mencapai Rp 10.500.000. Itu belum termasuk jajan dan transportasi selama di Korea Selatan lho ya.

Jika bujet belum memungkinkan, jangan memaksakan diri. Lebih baik menabung lagi sampai dana mencukupi untuk pergi.

Image credit:

  • https://ecs7.tokopedia.net/blog-tokopedia-com/uploads/2015/05/Blog_Mau-Liburan-Murah-ke-Korea-Selatan-Bisa-Banget-Yuk-Intip-Caranya_825x355px.jpg
  • http://sta.nusatrip.net/cmsimg/46/46/korea.jpg