Pilih Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan dan Syarat Cuma KTP, atau KTA?

Bisa pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat cuma KTP tentu cukup menggiurkan. Gimana gak, mau ajukan pinjaman ke bank rasanya ribet.

Eits, jangan salah. Ajukan pinjaman ke bank gak selamanya ribet, kok. Salah satu produk pinjaman ringkas dari bank yang bisa kamu lirik adalah KTA alias Kredit Tanpa Agunan.

Perlu diakui bahwa pinjaman uang tanpa jaminan ini, yaitu online dan KTA, punya perbedaan meski terlihat sedikit sama.

Nah, sebelum kamu ambil keputusan mau ambil pinjaman yang mana, yuk pertimbangkan ke-7 poin berikut ini.

1. Syarat pengajuan pinjaman

Pinjaman online cukup modal KTP aja (viva)

Perlu diakui bahwa pinjaman online lebih unggul dalam hal syarat pengajuan pinjaman. Kebanyakan layanan pinjaman uang online cuma mensyaratkan Kartu Tanda Penduduk atau KTP aja.

Sementara itu, pinjaman dari bank seperti misalnya KTA memberlakukan syarat yang lebih banyak. Beberapa syarat tersebut, antara lain: Kartu Tanda Penduduk atau KTP, NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), slip gaji, dan kartu kredit.

[Baca: Pengalaman Kredit Tanpa Agunan, dari Mengajukan Sampai Melunasinya]

2. Biaya administrasi

KTA ada biaya administrasi tertentu yang lumayan banyak (saga)

Kedua produk pinjaman ini emang menerapkan biaya tertentu pada saat pencairan dana. Akan tetapi, pinjaman KTA biasanya lebih banyak menguras biaya.

Beberapa biaya yang dikenakan pada pinjaman KTA adalah biaya provisi atau biaya administrasi yang dipotong di awal. Kemudian, ada pula biaya keterlambatan pembayaran, biaya tahunan, dan biaya penalti atau pelunasan dipercepat.

Beda dengan KTA, pinjaman online biasanya cuma menerapkan biaya layanan. Kemudian, bila si debitur atau peminjam terlambat bayar maka bakal dikenakan denda keterlambatan.

[Baca: Selain Bunga, 5 Macam Biaya Kredit Tanpa Agunan (KTA) Ini Patut Dipastikan Sebelum Teken Kontrak dengan Bank]

3. Suku bunga

Bunga KTA lebih kecil (panduanbank)

Pada poin ini, KTA jauh lebih unggul daripada kebanyakan pinjaman online. Bunga KTA jauh lebih rendah daripada kebanyakan pinjaman online.

Sebagai informasi aja, bunga KTA bank hampir gak ada yang lebih dari 2 persen per bulan. Per bulan, lho.

Gak sebanding dengan bunga KTA, kebanyakan layanan pinjaman online menerapkan bunga yang cukup mencekik. Ada yang sampai satu persen per hari!

Misalnya, kamu pinjam Rp 1 juta buat sebulan maka setiap hari kamu harus bayar bunga sebesar Rp 10 ribu. Dalam sebulan kamu harus bayar bunga Rp 300 ribu, belum termasuk pinjaman pokok.

[Baca: Buat yang Lagi Butuh Dana, Ini Dia 5 Produk KTA dengan Bunga Terendah]

4. Tenor atau jangka waktu pembayaran

Tenor KTA lebih panjang (sindonews)

Tenor atau jangka waktu pembayaran pada kedua produk pinjaman ini pun jauh berbeda. Pada KTA dari bank, kamu bisa bayar cicilan mulai dari setahun hingga tiga tahun.

Pada pinjaman online, kamu harus bayar pinjaman tersebut biasanya cuma 30 hari aja. Itu pun dengan catatan semakin lama kamu membayar maka bunganya pun semakin bertambah. Namanya juga pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat cuma KTP, kan?

5. Plafon atau jumlah pinjaman

Jumlah pinjaman KTA pun lebih besar (tempo)

Plafon atau jumlah pinjaman yang diberikan pada kamu pun jauh berbeda. Pada KTA bank, kamu bisa pinjam hingga ratusan juta rupiah. Contoh, KTA Danamon yang berikan plafon sampai dengan Rp 200 juta.

Layanan pinjaman online biasanya “cuma” berani kasih pinjaman terbatas. Beberapa layanan pinjaman online biasanya kasih pinjaman mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 8 jutaan.

Kalau emang sedang butuh pinjaman bernilai kecil karena kepepet maka pinjaman online dapat jadi opsi ringkas. Di poin selanjutnya bakal dibahas.

6. Proses pencairan dana

Prosesnya cukup panjang buat KTA tapi singkat pada pinjaman online (harianterbit)

Bila kamu dapat pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat cuma KTP, biasanya proses pencairan dana pun lebih cepat.

Kebanyakan layanan pinjaman online ini bakal segera mentransfer dana kamu segera setelah kamu memenuhi syarat. Biasanya butuh waktu sekitar sehari sampai tiga hari setelah kamu kirimkan data berupa KTP.

Proses pengajuan hingga pencairan dana pada KTA bank gak sesingkat itu. Kamu harus isi formulir pengajuan KTA dan lengkapi dokumen. Kemudian, kamu harus tunggu telepon dan verifikasi dari bank.

Baru setelah itu kamu bakal dikabari mengenai persetujuan dana. Itu pun dari pemberitahuan hingga pencairan dana butuh waktu sekitar sehari hingga tiga hari.

[Baca: Pinjaman Langsung Cair Tanpa Jaminan, Berapa Lama Sih Proses Sebenarnya?]

7. Kredibilitas pemberi pinjaman

KTA berpengaruh pada BI checking (tribunnews)

Di satu sisi perlu diakui bahwa mengajukan pinjaman KTA dari bank gak seringkas pinjaman online. Akan tetapi, kredibilitas kebanyakan bank pemberi pinjaman udah gak diragukan.

Salah satu alasannya adalah kebanyakan bank, terutama bank besar, udah berada di bawah pengawasan OJK, Otoritas Jasa Keuangan. Bila kamu berhasil dapat pinjaman dari bank dan melunasinya dengan lancar maka berpengaruh terhadap skor kamu di BI checking.

Sementara itu, kebanyakan pinjaman uang online harus benar-benar kamu teliti. Ada yang belum berada di bawah pengawasan OJK. Meski demikian, ada pula yang udah dapat izin.

Nah, kamu bisa cek layanan pinjaman online yang udah terdaftar di bawah pengawasan OJK di situs web OJK.

[Baca: Pinjam Uang Online dengan Jaminan KTP Doang: Gampang Ajuinnya, Tekor Bayarnya]

Dari perbandingan di atas, sekarang udah tahu mau pilih pinjaman yang mana, kan? Pilih pinjam uang online tanpa jaminan dan syarat cuma KTP gak jadi masalah. Asalkan, kamu tahu risikonya.

Pinjam uang ke bank tentu lebih direkomendasikan karena sejumlah keunggulannya. Meski gitu, kamu perlu memenuhi syarat terlebih dahulu baru bisa ajukan pinjaman ke bank.