Punya Bujet Rp 50 Ribu, Ini 5 Resep Masakan Jawa yang Bisa Kamu Garap

Gak sulit kok mencari resep masakan Jawa yang bujetnya terjangkau, sebut aja di bawah Rp 50 ribu. Dengan uang segitu kamu udah dapat masakan khas yang punya cita rasa tersendiri yang nempel di lidah dan nagih.

Kenapa bisa murah? Soalnya bahan bakunya gak aneh-aneh. Malah bisa jadi semuanya udah ada di dapurmu.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut resep-resep hidangan khas Jawa yang murah meriah.

1. Resep masakan Jawa, Garang Asem

Garang Asem. (Shutterstock)
Garang Asem. (Shutterstock)

Hidangan khas Jawa Tengah ini emang selalu masuk dalam daftar wisata kuliner mereka yang lagi jalan-jalan ke Semarang, Kudus, Pati, dan sekitarnya.

Gak perlu repot kok buat bikin masakan yang satu ini, kamu cuma butuh:

– 300 gram ayam, potong kecil

– 5 cabe rawit merah

– 3 buah belimbing wuluh

–  2 siung bawang putih

– 1 siung bawang merah

– 1 daun bawang

– 1 daun seledri

– 2 buah tomat

– 2 buah kol, sobek buang tengahnya

– Garam secukupnya

– Gula pasir

– Penyedap rasa (jika dibutuhkan)

– 2 sendok makan minyak goreng

– 2 sendok makan kecap manis

– 3 sendok makan santan kara

Cara bikin:

– Rebus ayam, lalu sisihkan

– Panaskan minyak, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, dan tomat hingga harum

– Masukkan ayam, beri air sesuai selera. Tambahkan belimbing wuluh, masak hingga mendidih

– Tambahkan kecap, garam, gula pasir, sayur kol, daun bawang, dan seledri. Masak hingga layu

– Masukkan santan, terus aduk perlahan

– Masak hingga matang

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan. (Shutterstock)
Soto Lamongan. (Shutterstock)

Soto lamongan pas banget disantap ketika cuaca dingin. Daripada bayar Rp 35 ribu, mending bikin sendiri.

Penasaran dengan resep masakan Jawa Tengah yang sedap ini? Siapkan bahan bakunya ya:

– 1/2 kg ayam bagian dada

– 1/4 kg tulangan ayam + ceker

Bumbu Halus:

– 10 siung bawang merah

– 7 siung bawang putih

– 2 cm jahe

– 2 cm lengkuas

– 2 sendok makan kunyit bubuk

– 2 sendok makan ketumbar

– 3 buah kemiri

– 1 sendok makan lada putih

Bumbu Pelengkap:

– 1 batang sereh (geprek)

– 2 buah daun jeruk

– 1 buah daun salam

– 1 batang daun bawang (dicacah kasar)

– 1 batang bawang (dicacah kasar)

– Kaldu ayam

– Garam

– Gula pasir

– Air

– Minyak goreng

Bahan pelengkap:

– 1 batang daun seledri

– Telur rebus

– Mie su’un

– Kerupuk udang

– Koya

– Bawang goreng

– Sambal cabe (rebus lalu haluskan)

Cara bikinn:

– Cuci ayam dan  rebus hingga agak empuk, lalu sisihkan

– Haluskan bumbu, kemudian tumis hingga harum bersama daun jeruk, salam, dan serei. Kemudian beri air secukupnya buat kuah

– Masukkan garam, kaldu bubuk, gula pasir. Coba rasanya. Kalau udah pas, masukkan daun bawang

– Ketika kuah soto telah jadi, sisihkan

– Buat bikin koya, goreng kerupuk udang dan bawang putih (secara terpisah) lalu blender atau haluskan keduanya. Beri sedikit garam biar gurih

– Suir ayamnya, masukkan ke kuah soto dan taburi bahan pelengkap

3. Tengkleng Kambing

Tengkleng kambing. (Shutterstock)
Tengkleng kambing. (Shutterstock)

Tahu apa itu tengkleng? Kalau belum tahu, tengkleng itu adalah gulai tapi gak pakai santan. Jadi, lumayan aman deh buah yang lagi diet mengurangi lemak.

Penasaran dengan resep masakan Jawa yang populer di Solo ini? Berikut bahan bakunya:

– Daging kambing secukupnya

Bumbu halus:

– 5 Bawang merah

– 4 Bawang putih

– Kunyit

– Jahe

– Lengkuas

– Kemiri

– Ketumbar dan merica

– Sereh (geprek)

– Daun salam

– Daun jeruk

– Gula merah,garam dan penyedap rasa

– Minyak buat menumis

Cara bikin:

– Cuci bersih daging kambing, lalu sisihkan

– Tumis bumbu halus. Jika udah wangi, masukan daun salam, jeruk, dan sereh

– Masukan daging kambing, tambahkan air sampai menutupi dagingnya. Masak kira-kira 25 menit sampai daging terasa empuk

– Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa

– Tes rasa. Jika udah enak, sajikan bersama dengan sambal kecap

4. Resep masakan Jawa, Mangut Lele

Mangut Lele. (Shutterstock)
Mangut Lele. (Shutterstock)

Beberapa orang mungkin gak doyan sama hidangan lele karena merasa jijik dengan ikan yang satu ini. Tapi sebagian lainnya doyan banget karena gurih kalau digoreng.

Kali ini, kita gak bahas soal lele goreng melainkan mangut lele khas Yogyakarta. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat resep masakan Jawa yang satu ini:

– 1/2 kg ikan lele

– 2 tomat ukuran sedang

– 7 cabe rawit

– 3 cabe keriting, potong-potong

– 1 bungkus santan instan

– Daun kemangi

– 3 siung bawang putih

– 2 butir kemiri

– 1/2 sendok teh ketumbar

– 1 ruas kunyit

– 1/2 ruas jahe

– 1 ruas lengkuas

– 1 batang sereh

– Gula secukupnya

– Garam secukupnya

– Kaldu bubuk

– Jeruk nipis

– Kunyit bubuk

Cara bikinnya:

– Lumuri ikan dengan jeruk nipis, cuci bersih. Taburi dengan garam dan kunyit bubuk. Setelah itu goreng sampai matang dan sisihkan

– Haluskan kemiri, ketumbar, bawang, kunyit, dan jahe. Tumis bumbu halus, tambahkan daun salam, sereh serta lengkuas yang digeprek sampai wangi

– Tambahkan air. Masukkan santan yg telah diencerkan dan ikan lelenya

– Tambahkan potongan tomat dan cabai. Bumbui dengan gula garam dan kaldu sesuai selera

– Masukkan daun kemangi. Angkat dan taburi dengan bawang goreng

5. Resep masakan Jawa, Oseng Mercon

Oseng Meron. (Shutterstock)
Oseng Meron. (Shutterstock)

Buat yang doyan pedes, mungkin bisa uji nyali dengan menyantap hidangan yang satu ini. tapi Walaupun merupakan bagian dari resep masakan Jawa, rasanya jelas gak ada manis-manisnya.

Yuk intip bahan bakunya.

– Daging sapi secukupnya dan sesuai bujet

– 100 gram kol

– 3 siung bawang putih

– 6 siung bawang merah

– 100 gram cabe kriting

– 100 gram cabe rawit domba

– 2 lembar salam

– Sedikit Jahe

– Lengkuas

– Gula merah

– Garam

– Penyedap

Cara bikin:

– Ulek atau blender bawang merah, bawang putih, jahe, 50 gram cabe keriting dan cabe rawit

– Potong sisa cabe keriting. Siapkan juga cabe rawit sisa bumbu halus tadi

– Siapkan minyak buat menumis. Jika udah panas, masukan lengkuas dan cabe yang dipotong-potong

– Apabila udah layu, masukkan bumbu yang udah diulek atau diblender. Beri sedikit air, kemudian masukan garam, gula merah, dan sasa sampai rasa dirasa cukup pas

– Tumis daging sapi dengan minyak secukupnya hingga setengah matang

– Jika udah, masukan daging tersebut ke dalam bumbu tadi beserta kol

– Oseng mercon daging sapi siap dihidangkan

Itulah lima resep masakan Jawa Tengah yang bisa kamu buat dengan bujet di bawah Rp 50 ribu. Kira-kira, mana yang bakal kamu bikin buat weekend ini?