Punya Utang Rp 848 Miliyar, Ini Aset dan Harta Bos First Travel

Kasus penipuan keberangkatan ibadah haji dan umrah yang dilakukan First Travel gencar diberitakan media massa.

Karena dikabarkan memiliki utang sebesar Rp 848 miliar, Polri pun menyita aset-aset yang dimiliki oleh pasangan suami-istri Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan selaku pemilik biro travel ini.

Setelah melewati beragam penelusuran, ternyata bos First Travel menyimpan banyak aset mewah yang nilainya juga mencapai ratusan miliar rupiah. Aset itu gak hanya di dalam negeri, melainkan juga ada yang di luar negeri lho.

Penasaran dengan total aset dan barang-barang berharga milik bos First Travel? Mari kita tengok dan hitung asetnya satu persatu..

1. Properti dan hunian mewah

Menurut laporan di media massa, ada belasan hunian dan perkantoran yang dimiliki bos travel. Hunian-hunian yang mereka miliki, antara lain adalah rumah mewah di Sentul City, rumah tinggal di Kebagusan Jakarta Selatan, dan kontrakan di Cilandak.

Rumah bak istana yang ada di Sentul City dibeli oleh Andika Surachman dengan harga Rp 5,5 miliar. Belum lagi, dikabarkan pula bahwa perabotan rumahnya mahal-mahal.

Jangan salah, ini foto bos First Travel zaman dulu lho. Sekarang ya sudah beda (Bos First Travel/Whaff Indonesia)

Itu baru rumah lho, mereka juga masih punya aset perkantoran yang letaknya di berbagai wilayah. Ini di antaranya kantor First Travel Building di Cimanggis, kantor PT First Anugerah Karya Wisata di Rasuna Said Jakarta Selatan, kantor PT First Anugerah Karya Wisata di TB Simatupang, dan Butik Anniesa Hasibuan di Kemang.

Apa cuma itu saja? Jangan salah, masih ada lagi. Mereka punya restoran di Inggris yang namanya Nusa Dua. Restorannya juga restoran mewah lho, dan letaknya gak jauh dari Istana Buckingham dan Big Ben London. Kabarnya, restoran ini dibeli Andika seharga 700 ribu poundsterling atau sekitar Rp 15 miliar.

Menurut laporan, bos First Travel mengaku kalau cuma punya saham 40 persen di restoran itu. Tapi, penyidik masih mendalami soal kepemilikan ini.

2. Lima mobil mewah

Punya rumah mewah sudah pasti punya mobil juga. Lima mobil milik bos First Travel adalah VW Caravelle seharga Rp 1,4 miliar, Toyota Vellfire yang harga barunya Rp 1,1 miliar, Toyota Fortuner TRD dengan harga baru Rp 530 juta, Mitsubishi Pajero Sport Dakkar yang harganya Rp 505 juta, dan yang termurah yaitu Daihatsu Sirion dengan harga Rp 170 juta.

Bayangin deh bila dijumlahkan, harga seluruh mobilnya mencapai Rp 3,7 miliar! Itu baru mobil doang ya. Ckckck.

3. Sebanyak 21 tas mewah milik Anniesa Hasibuan

Anniesa Hasibuan, selain merupakan salah satu bos First Travel, dia juga berprofesi sebagai perancang busana. Busananya juga sudah terkenal di luar negeri, ya wajar saja beliau hobi mengoleksi tas mewah.

Berdasarkan foto-foto di akun Instagramnya, ada 21 tas mewah yang dia miliki. Beberapa merek yang dikoleksi adalah Hermes, Chanel, Moschino, Valentino Garavani, Fendi, Dior, Luis Vinton, hingga MCM.

Dulu mah boro-boro beli tas ratusan juta. Sekarang mau tas model kayak apapun tinggal beli (Anniesa Hasibuan/Okezone)

Kalau dibilang mewah, kira-kira berapa ya harganya? Sebut saja tas kecil Small Boy Channel yang diposting di Instagram harganya saja sudah Rp 56 juta. Dan menurut laporan di media, total harga dari seluruh tasnya mencapai Rp 2,5 miliar!

4. Air soft gun

Bos First Travel juga punya senjata air soft gun dan 10 butir peluru tajam. Dan parahnya lagi, senjata-senjata tersebut tidak berizin.

Akibatnya, Andika juga terancam dikenai pasal Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Menurut UU ini, kedudukan air soft gun disamakan seperti senjata api lho. Makanya soal kepemilikannya harus didata.

Selain itu, Andika sendiri juga gak tergabung di Persatuan Penembak Indonesia Perbakin, sebuah organisasi menembak terbesar di Indonesia. Organisasi ini digawangi oleh Bambang Trihadmodjo.

Emang apa saja sih air soft gun yang dimiliki Andika? Di antaranya ada Magpul Pts P27151 dan P271153, masing-masing harganya Rp 5 juta. Terus ada HK416D 88-140238 yang harganya kurang lebih Rp 4,9 juta, AirMagnum Hammerli 850 seharga Rp 3,9 juta, Navy Sealteam 10072 Rp 3,9 juta, Herstal Minimi FN 197329l Rp 5 juta, dan satu senjata laras panjang keluaran KJ Works yang tidak disebutkan.

Kalau ditotal, harga dari seluruh air soft gun milik Andika mencapai Rp 27 jutaan. Belum lagi, polisi dikabarkan menemukan pistol Berreta juga lho.

5. Sepatu mahal

Balik lagi ke barang-barang milik Anniesa Hasibuan yang harganya selangit. Tadi sudah dibahas berapa harga tasnya, sekarang adalah koleksi sepatunya.

Liburan serba fancy bisa aja, tapi sekarang harus mendekam di bui gara-gara kasus penipuan (Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan)

Beberapa koleksi sepatu Anniesa adalah Chanel Black Suede Leather Chain Knee High Boots, yang harganya mencapai Rp 10 jutaan. Lalu ada Gucci Princetown Mules seharga Rp 13 juta, Stella McCartney Indium Elyse Star dan Valentino Rockstud Slingback Pumps yang masing-masing harganya Rp 16 juta, serta Stella McCartney Boots Red Booties Elyse Brogue Platform seharga Rp 30 juta.

Wow, kalau dijumlahkan udah Rp 85 juta. Itu baru lima sepatu lho, gak menutup kemungkinan masih punya yang lain.

Itulah tadi sebagian aset dan harta milik bos First Travel yang sekarang udah disita sama polisi. Kalau dikumpulkan, jumlahnya masih jauh dari utang mereka yang sebesar Rp 848 miliar. Nah lho.

Makanya guys, kalau berbisnis, yang penting itu jujur. Jangan cuma pengin kaya tapi pakai jalan pintas. Ujung-ujungnya pasti kena batunya deh. Emang mau dipenjara karena bawa kabur duit orang? Duit buat ibadah lagi. Ckckck. Amit-amit!

Yang terkait artikel ini:

[Baca: Belajar dari Kasus First Travel, Begini Caranya Pilih Travel Haji yang Baik]

[Baca: Penipuan First Travel Diduga Manfaatkan Skema Ponzi. Apa Sih Skema Ponzi Ini?]

[Baca: Gaji 3 Juta Mau Berangkatkan Orangtua Naik Haji, Begini Caranya]